Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Melki 05:47 WIB | Senin, 23 Oktober 2023

Kaltara Gratiskan Pemasangan Listrik Bagi 300 Warga Miskin

Ilustrasi - Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang secara simbolis memberikan bantuan pemasangan listrik gratis kepada warga pada 2022 lalu. (HO-DKISP Kaltara)

TANJUNG SELOR, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memberikan bantuan pemasangan listrik gratis kepada 300 masyarakat kurang mampu atau miskin di daerah tersebut.

"Tinggal menunggu yang di Kabupaten Nunukan, sebanyak 70 sambungan minggu depan sudah menyala,” kata Kabid Ketenagalistrikan Dinas ESDM Kalimantan Utara, Abdul Muis di Tanjung Selor, Minggu (22/10).

Abdul Muis mengatakan, 70 penyalaan sambungan listrik di Kabupaten Nunukan itu mencakup Kecamatan Sebatik, Kecamatan Tulin Onsoi, dan Kecamatan Lumbis.

Bantuan 300 sambungan listrik tersebar di lima kabupaten/kota meliputi Kabupaten Bulungan 75 sambungan, Kabupaten Tana Tidung 60 sambungan, Kabupaten Malinau 60 sambungan, Kota Tarakan 35, dan Kabupaten Nunukan 70 sambungan.

"Daya listrik yang diberikan sebesar empat ampere atau 900 VA menggunakan token," kata dia.

Peresmian bantuan pemasangan listrik gratis ini serentak akan dilakukan Minggu depan.

Disebutkan, pemasangan listrik gratis sudah berjalan sejak Maret 2023 dan melalui proses verifikasi data dan survei lapangan guna menentukan menentukan titik koordinat.

"Setelah itu melakukan kerja sama dengan rekanan untuk berkontrak sesuai prosedur," ujar dia.

Beberapa tempat yang dibantu pemasangan listrik gratis, sebelumnya sempat 11 tahun tidak menikmati listrik, seperti di permukiman Nelayan Tanjung Pasir, Kota Tarakan.

Dia mengatakan, pemerataan akses kelistrikan terus dikerjakan hingga ke pelosok Provinsi Kalimantan Utara agar target rasio elektrifikasi dapat tercapai hingga 100 persen pada 2026.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home