Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 13:32 WIB | Rabu, 16 Oktober 2019

Kanada Tangguhkan Ekspor Senjata Militer ke Turki

Militer Turki. (Foto: dok.Ist)

OTTAWA, SATUHARAPAN.COM – Kanada pada hari Selasa (15/10) mengumumkan telah menangguhkan sementara "izin ekspor baru" ke Turki, terutama untuk peralatan militer, sebagai tanggapan terhadap serangan Ankara ke Suriah utara.

"Kanada dengan tegas mengecam serangan militer Turki ke Suriah," kata Global Affairs, Kementerian Luar Negeri Kanada dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP.

"Tindakan sepihak (yang dilakukan Turki) ini berisiko merusak stabilitas kawasan yang sudah rapuh, memperburuk situasi kemanusiaan dan merusak kemajuan yang dicapai oleh Koalisi Global Melawan Daesh (ISIS), di mana Turki menjadi anggota," kata pernyataan itu.

Izin ekspor yang ditangguhkan mencakup "berbagai properti yang dikendalikan," yang pada dasarnya merupakan peralatan militer, menurut daftar yang disajikan oleh kementerian itu.

Langkah Ottawa ini mengikuti langkah-langkah serupa yang dilakukan oleh beberapa negara Eropa, dan juga sanksi ekonomi yang dijatuhkan Amerika Serikat.

Penjualan senjata Kanada ke Turki mencapai nilai hampir sebesar 87 juta  dolar AS pada tahun 2018, menurut pernyataan itu.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home