Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:55 WIB | Sabtu, 03 Juni 2023

Kanada Wajibkan Peringatan Bahaya Kesehatan pada Setiap Batang Rokok

Gambar yang disediakan oleh Health Canada ini menunjukkan kata-kata dari enam peringatan terpisah yang akan dicetak langsung pada setiap batang rokok, dan Kanada menjadi yang pertama di dunia yang mengambil langkah yang bertujuan membantu orang berhenti dari kebiasaan tersebut. Peraturan mulai berlaku 1 Agustus dan akan diterapkan secara bertahap. Rokok ukuran besar akan menjadi yang pertama menampilkan peringatan tersebut dan akan dijual di toko-toko pada akhir Juli 2024, diikuti oleh rokok ukuran biasa, dan cerutu kecil dengan ujung kertas dan tabung pada akhir April 2025. (Foto: Health Canada/The Canadian Press via AP)

TORONTO, SATUHARAPAN.COM-perokok di Kanada akan melihat bahwa setiap batang rokok akan memiliki tulisan peringatan bahaya rokok. Itu karena Kanada akan segera menjadi negara pertama di dunia yang harus mencantumkan label peringatan pada setiap batang rokok.

Langkah ini pertama kali diumumkan tahun lalu oleh Health Canada dan ditujukan untuk membantu orang berhenti dari kebiasaan tersebut. Peraturan mulai berlaku 1 Agustus dan akan diterapkan secara bertahap.

Rokok ukuran besar akan menjadi yang pertama menampilkan peringatan tersebut dan akan dijual di toko-toko pada akhir Juli 2024, diikuti oleh rokok ukuran biasa, dan cerutu kecil dengan ujung kertas dan tabung pada akhir April 2025.

"Langkah berani ini akan membuat pesan peringatan kesehatan hampir tidak dapat dihindari," kata Menteri Kesehatan Mental dan Ketergantungan Carolyn Bennett, hari Rabu (31/5).

Peringatan yang ditulis dalam bahasa Inggris dan Prancis, termasuk berisi pesan: "racun di setiap kepulan", "asap tembakau membahayakan anak-anak" dan "rokok menyebabkan impotensi".

48.000 Mati Setiap Tahun

Health Canada mengatakan strategi tersebut bertujuan untuk mengurangi penggunaan tembakau di bawah 5% pada tahun 2035. Peraturan baru juga memperkuat gambar grafik terkait kesehatan yang ditampilkan pada kemasan tembakau.

Pernyataan Bennett mengatakan penggunaan tembakau membunuh 48.000 orang Kanada setiap tahun.

Doug Roth, kepala eksekutif dari badan amal Heart & Stroke, mengatakan langkah berani tersebut akan memastikan bahwa bahaya kesehatan paru-paru tidak dapat diabaikan.

Perhimpunan Kanker Kanada mengatakan langkah itu akan mengurangi daya tarik merokok dan rokok, sehingga mencegah kanker dan penyakit lainnya.

Rob Cunningham, analis kebijakan senior di Canadian Cancer Society, mengatakan bahwa pesan kesehatan akan disampaikan di setiap hembusan dan selama istirahat merokok. Kanada, tambahnya, akan memiliki sistem peringatan kesehatan tembakau terbaik di dunia.

Iklan, promosi, dan sponsor tembakau dilarang di Kanada dan peringatan pada bungkus rokok telah ada sejak 1972.

Pada tahun 2001, Kanada menjadi negara pertama yang mewajibkan perusahaan tembakau untuk mencantumkan gambar peringatan di luar bungkus rokok dan menyertakan sisipan pesan kesehatan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home