Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 09:59 WIB | Senin, 20 Desember 2021

Kapal dari Indonesia Terbalik di Malaysia, 11 Tewas

Evakuasi penumpang kapal oleh Maritim Negeri Johor.(Foto: Maritim Negeri Johor via Antara).

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM-Sebanyak 25 warga negara Indonesia (WNI) penumpang kapal yang terbalik di Tanjung Balau, Johor Bahru, Malaysia, belum ditemukan, kata Maritim Negeri Johor.

Mereka diduga tengah menuju Malaysia secara ilegal, dan bagian dari 50 penumpang kapal naas tersebut.

"Kapal yang diduga dari Indonesia menuju Malaysia itu terbalik akibat ombak yang cukup kuat akibat cuaca buruk dini hari tadi," kata Wakil Direktur Operasi Maritim Negeri Johor Kapten Maritim, Simon Templer Lo Ak Tusa di Johor Bahru, Rabu (15/12).

Diatakan bahwa hingga saat ini 14 orang telah ditemukan selamat, 11 orang ditemukan tewas, dan 25 orang lainnya belum ditemukan.

"Operasi Cari Selamat diaktifkan pada pukul 08.50 pagi ini dengan melibatkan pesawat, kapal dan perahu serta kekuatan 35 personel operasional untuk mencari dan menemukan korban hilang yang tersisa," katanya.

Otoritas Maritim Malaysia Negara Bagian Johor meminta para imigran gelap yang ingin masuk atau keluar dari perairan Negara Bagian Johor untuk menggunakan jalur yang benar agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) Markas Besar Maritim Johor menyatakan 14 korban selamat kapal tenggelam di perairan Johor Bahru, hari Rabu (15/12), masih ditahan di Pos Tanjung Sepang dan belum dilakukan serah terima karena swab test belum selesai.

MMEA menyatakan hingga Rabu pukul 20:30 waktu setempat tidak ditemukan korban tambahan. Namun pencarian masih berlangsung dan tidak ditangguhkan. 

Pusat pelayanan kesehatan telah didirikan di Pantai Tanjung Balau, Kota Tinggi, Johor. Disebutkan pula bahwa korban yang ditemukan sebanyak 25 warga negara Indonesia. Sebanyak 14 orang selamat terdiri atas dua perempuan dan 12 pria.

Dalam pernyataannya MMEA menyebutkan 11 orang tewas terdiri atas empat jenazah perempuan dan tujuh laki-laki. Sementara itu, sebanyak 25 orang diperkirakan masih hilang. (Antara)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home