Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:03 WIB | Jumat, 31 Maret 2017

Kawasan Wisata Ilmiah Tanaman Obat Bogor Dukung Wisata Edukasi

Ilustrasi. rombongan Organisasi Dharma Wanita se Kota Bogor berkunjung ke kawasan Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman Obat di Balittro, Bogor pada Desember 2016. (Foto: http://perkebunan.litbang.pertanian.go.id.)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM – Kawasan Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman Obat Badan Litbang Pertanian  yang terletak di Jalan Tentara Pelajar, Cimanggu, Bogor, merupakan salah satu kawasan agroinovasi pusat inovasi Badan Litbang Pertanian.

Agar kawasan ini dapat dikembangkan, Kepala Badan Litbang Pertanian  mengajak Pemerintah Kota Bogor bersama-sama membangun dan mengembangkannya. Sebagai wujud dari kerjasama tersebut telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman Kota Bogor sebagai Kawasan Inovasi Teknologi Pertanian, antara Badan Litbang Pertanian oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr M Syakir dan Pemerintah Kota Bogor oleh Walikota Bogor  Dr Bima Arya, pada Sabtu (25/3) yang dilansir situs balittro.litbang.pertanian.go.id.

Kepala Badan Litbang Pertanian Dr M Syakir dalam sambutannya mengatakan,  berkeinginan mewujudkan Kawasan Agroinovasi sebagai pusat inovasi Badan Litbang Pertanian menjadi salah satu ikon Kota Bogor. Bersama 12 Unit Kerja Badan Litbang Pertanian yang ada di Kota Bogor, Kepala Badan Litbang Pertanian  mengajak Pemerintah Kota Bogor, bersama-sama membangun dan mengembangkan kawasan ini.

Wali Kota Bogor Dr Bima Arya menyambut baik kerjasama ini. Dalam sambutannya Bima mengutarakan dia sempat terkejut pada saat acara "Jalan Sehat"  Badan Litbang Pertanian bersama Pemerintah Kota Bogor (25/3/17). “Seumur-umur baru pertama kali saya masuk di kawasan ini, kata Bima. kawasan ini seperti kebun raya mini,”katanya.

Ia menambahkan, ini kawasan wisata edukasi dan tempat rekreasi yang sangat luar biasa, anak sekolah, warga umum, semuanya bisa datang ke sini berkeliling. Banyak sekali yang bisa dipelajari walau baru saja saya berkeliling, sudah banyak pengetahuan yang didapat .

Sejak diresmikan empat tahun yang lalu, Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman Obat banyak dikunjungi  dari berbagai kalangan, mulai dari siswa TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa, instansi pemerintah dan swasta, serta masyarakat umum. Tercatat tidak kurang dari 6.000 orang pengunjung setiap tahunnya.

KWI Tanaman Obat yang terletak kiri dan kanan Jalan Tentara Pelajar, Cimanggu, Bogor, berbasis tanaman rempah, obat dan Atsiri. KWI ini diresmikan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian pada tanggal 14 Juni 2013.

Ide dari pengembangan KWI Tanaman Obat karena banyaknya pengunjung dari berbagai kota di Indonesia, maka dilakukan rehabilitasi, penataan dengan aspek scientst. Ada 400 jenis tanaman rempah, obat dan atsiri di KWI Tanaman Obat ini seperti: serai wangi, akar wangi, brotowali, dan lain-lain.

KWI Tanaman Obat kini sudah menjadi salah satu obyek wisata di Kota Bogor yang bersifat edukatif. KWI ini menyajikan wisata untuk para pengunjung berupa kelompok tanaman yang mempunyai daya tarik spesifik mulai dari cara budidaya, pengolahan sampai kepada khasiatnya.

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home