Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 05:15 WIB | Sabtu, 11 November 2023

Kekeringan di Irak, Iran dan Suriah Akibat Perubahan Iklim oleh Manusia

Seorang nelayan berjalan melintas di bagian tanah kering di Provinsi Dhi Qar, Irak pada September 2022. Tiga tahun kekringan di Rusiah, Irak dan Iran dengan sangat sedikit air tidak terjadi tanpa akibat tindakan manusia yang menyebabkan perubahan iklim, menurut sebuah studi yang dirilis hari Rabu (8/11). (Foto: dok. AP/Anmar Khalil)

SATUHARAPAN.COM-Kekeringan selama tiga tahun yang menyebabkan jutaan orang di Suriah, Irak dan Iran kekurangan air tidak akan terjadi tanpa perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia, demikian temuan sebuah studi baru.

Kekeringan di Asia Barat, yang dimulai pada bulan Juli 2020, sebagian besar disebabkan oleh suhu yang lebih panas dari biasanya sehingga menguapkan sedikit curah hujan yang turun, menurut studi singkat yang dilakukan pada hari Rabu (8/11) oleh tim ilmuwan iklim internasional di World Weather Attribution.

Tanpa pemanasan dunia sebesar 1,2 derajat Celsius (2,2 derajat Fahrenheit) sejak pertengahan abad ke-19, “kita tidak akan mengalami kekeringan sama sekali,” kata penulis utama studi ini, Friederike Otto, seorang ilmuwan iklim dari Imperial College of London.

Ini adalah kasus perubahan iklim yang secara tidak wajar memperparah kondisi kering alami menjadi krisis kemanusiaan yang telah membuat orang haus, lapar, dan kehilangan tempat tinggal, demikian kesimpulan penelitian tersebut, yang belum melalui tinjauan sejawat namun mengikuti teknik yang valid secara ilmiah untuk mencari jejak pemanasan global.

Tim tersebut mengamati suhu, curah hujan, dan tingkat kelembapan serta membandingkan apa yang terjadi dalam tiga tahun terakhir dengan beberapa simulasi komputer mengenai kondisi di dunia tanpa perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

“Perubahan iklim global yang disebabkan oleh manusia telah membuat kehidupan puluhan juta orang di Asia Barat menjadi jauh lebih sulit,” kata rekan penulis studi, Mohammed Rahimi, seorang profesor klimatologi di Universitas Semnan di Iran. “Dengan meningkatnya pemanasan, Suriah, Irak, dan Iran akan menjadi tempat yang lebih sulit untuk ditinggali.”

Simulasi komputer tidak menemukan dampak perubahan iklim yang signifikan pada berkurangnya curah hujan, yang tergolong rendah namun tidak terlalu jarang, kata Otto. Namun penguapan air di danau, sungai, lahan basah, dan tanah “jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya” tanpa peningkatan suhu akibat perubahan iklim, katanya.

Selain menjadikan kondisi air yang mendekati normal menjadi kekeringan ekstrem, penulis studi menghitung bahwa kondisi kekeringan di Suriah dan Irak 25 kali lebih mungkin terjadi karena perubahan iklim, dan di Iran, 16 kali lebih mungkin terjadi.

Kelly Smith, asisten direktur Pusat Mitigasi Kekeringan Nasional Amerika Serikat di Nebraska, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan bahwa penelitian tersebut masuk akal.

Kekeringan bukan hal yang aneh di wilayah Timur Tengah dan konflik, termasuk perang saudara di Suriah, membuat wilayah tersebut semakin rentan terhadap kekeringan karena rusaknya infrastruktur dan melemahnya pengelolaan air, kata rekan penulis studi, Rana El Hajj,dari Palang Merah Pusat Iklim Bulan Sabit Merah di Lebanon.

“Ini sudah menyentuh batas kemampuan sebagian orang untuk beradaptasi,” kata Otto. “Selama kita terus menggunakan bahan bakar fosil atau bahkan memberikan izin baru untuk mengeksplorasi ladang minyak dan gas baru, kejadian seperti ini hanya akan bertambah buruk dan terus menghancurkan mata pencaharian dan membuat harga pangan tetap tinggi. Dan ini bukan hanya masalah di beberapa bagian dunia saja, tapi benar-benar masalah bagi semua orang.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home