Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 19:32 WIB | Senin, 22 Mei 2023

Kerusuhan Sepak Bola di El Salvador Akibat Penonton Bertiket Dilarang Masuk

Korban tewas menjadi 12 orang, dan ratusan mengalami luka-luka.
Orang-orang menolong korban kerusuhan sepak bola di El Salvador, hari Minggu (21/5). (Foto: tangkap layar video)

SAN SALVADOR, SATUHARAPAN.COM-Para penggemar sepak bola marah karena diblokir untuk memasuki pertandingan liga sepak bola El Salvador meskipun memiliki tiket telah merobohkan gerbang akses kecil ke stadion, menciptakan keributan yang menewaskan 12 orang dan melukai puluhan lainnya, kata pejabat dan saksi, Minggu (21/5).

Diego Armando, 14 tahun, mengatakan dia pergi bersama ayahnya untuk menonton pertandingan perempat final pada hari Sabtu malam antara klub Alianza dan Fas di Stadion Monumental di Cuscatlan di selatan San Salvador, ibu kota negara.

Dia ingat berada di tengah keramaian saat tragedi itu terjadi. “Ada begitu banyak orang sehingga gerbang kecil tidak dapat menopang mereka dan pintu itu roboh,” katanya kepada televisi Channel 12.

“Saya jatuh dan tubuh saya dari pinggang sampai kaki saya remuk. Lima orang membebaskan saya dan menyelamatkan saya dengan keajaiban. Dua orang di depan saya meninggal. Saya berbicara dengan salah satunya dan dia tidak bergerak,” kata bocah itu.

Ayahnya, Hector Rivas, mengatakan bahwa himpitan terjadi karena hanya ada dua gerbang kecil yang terbuka dan sisanya ditutup. "Orang-orang mulai mendorong dan saya bahkan tidak bisa bernapas," katanya.

Permainan dihentikan sekitar 16 menit setelah pertandingan, ketika para penggemar di tribun melambai dengan panik mulai menarik perhatian orang-orang di lapangan dan membawa yang terluka keluar dari terowongan dan turun ke lapangan.

Televisi lokal menayangkan gambar langsung setelah penyerbuan, yang tampaknya melibatkan sebagian besar penggemar Alianza. Puluhan berhasil sampai ke lapangan di mana mereka menerima perawatan medis. Fans yang lolos dari himpitan dengan marah melambaikan baju mereka mencoba melihat orang-orang yang berbaring di rumput hampir tidak bergerak.

"El Salvador sedang berkabung," kata pernyataan dari kantor pers Presiden Salvador Nayib Bukele, yang mengonfirmasi bahwa sedikitnya 12 orang tewas.

Penggemar Alianza José Ángel Penado mengatakan pertandingan itu dijadwalkan dimulai pada pukul 19:30, tetapi mereka menutup gerbang pada jam 19:00 malam, dan "meninggalkan kami di luar (stadion) dengan tiket di tangan kami".

Bagian stadion sering disediakan untuk penggemar satu tim untuk menghindari bentrokan dengan rival, sehingga penggemar tersebut harus masuk melalui gerbang yang ditentukan.

“Orang-orang menjadi marah. Kami meminta mereka untuk mengizinkan kami masuk, tetapi tidak. Jadi mereka merobohkan gerbangnya,” kata Penado.

Direktur Perlindungan Sipil, Luis Amaya, mengatakan sekitar 500 orang dirawat di stadion dan sekitar 100 dibawa ke rumah sakit. Setidaknya dua dari korban luka yang dibawa ke rumah sakit dilaporkan dalam kondisi kritis.

“Itu adalah malam teror. Saya tidak pernah berpikir hal seperti ini akan terjadi pada saya,” kata seorang penonton yang mengalami luka memar.

Pedro Hernández, presiden divisi pertama sepak bola El Salvador, mengatakan informasi awal yang dia miliki adalah bahwa penyerbuan terjadi karena suporter menerobos gerbang ke dalam stadion.

Komisaris Polisi Sipil Nasional, Mauricio Arriza Chicas, di lokasi kejadian, mengatakan akan ada investigasi kriminal bekerja sama dengan Kejaksaan Agung. “Kita akan selidiki mulai dari penjualan tiket, yang masuk ke dalam stadion, tapi terutama zona selatan,” kata dia, yang gerbangnya dibuka.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan pada hari Minggu dalam pidatonya di pertemuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, "Saya hanya ingin menyampaikan, tentu saja, belasungkawa saya kepada semua orang El Salvador atas insiden tragis ini." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home