Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 08:48 WIB | Jumat, 02 Juni 2023

Ketua LKKS Muhammadiyah: Semua Harus Pastikan Pancasila Jadi Pedoman Bernegara

Ketua Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategis (LKKS), Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Fajar Riza Ul Haq. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM- Di tengah momentum peringatan Hari Lahir Pancasila, segenap elemen bangsa perlu memastikan Pancasila tetap menjadi pedoman dalam penyelenggaraan negara. Hal itu dikatakan Ketua Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategis (LKKS) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Fajar Riza Ul Haq.

"Tugas kita semua adalah untuk memastikan Pancasila menjadi ideologi yang bekerja dengan terus dan tetap menjadi pedoman penyelenggaraan negara, baik melalui kepemimpinan nasional, penyelenggaraan fungsi legislasi, fungsi yudikatif dalam memutus berbagai perkara, ataupun terkait dengan tata laku para penyelenggara negara," kata Fajar dalam keterangannya menanggapi peringatan Hari Lahir Pancasila di Jakarta, hari Kamis (1/6).

Seluruh pihak perlu memastikan Pancasila tetap menjadi pedoman bernegara, karena pada saat ini, sebagaimana dimuat dari hasil riset Setara Institute tahun 2023, ditemukan sebanyak 83,3 persen responden menilai Pancasila bukan ideologi permanen.

"Itu adalah kritik bagi semua pihak bahwa oleh sebagian besar anak muda usia SMA/SMK/MA, Pancasila belum menunjukkan kinerjanya yang konkret bagi kehidupan bangsa,” katanya dikutip Antara. “Sekali pun bukan kehendak mengganti Pancasila, opini mayoritas bahwa Pancasila bukan ideologi permanen adalah ancaman yang sangat serius bagi bangsa."

Fajar mengatakan Pancasila sejatinya bukan merupakan alat penyeragaman yang mengikis kemajemukan bangsa Indonesia. Pancasila juga bukan instrumen penundukan bagi pihak-pihak yang tidak sejalan dengan aspirasi negara.

Mengenai hal tersebut, ia mengatakan Muhammadiyah melalui berbagai pranata sosial keagamaan, majelis-majelis organisasi yang dimiliki, sekolah, universitas, bahkan rumah sakit akan terus menjadi bagian dari solusi dan kontribusi dalam memastikan ideologi negara bekerja, dirasakan oleh warga, serta menjadi alat pemberdaya dan pembela warga negara untuk mencapai tujuan nasional.

"Tujuan nasional itu adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," kata Fajar.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home