Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:28 WIB | Rabu, 25 Oktober 2023

Korea Selatan Luncurkan Vaksinasi Nasional Penyakit Kulit pada Sapi

Gambar dari dekat seekor sapi yang menderita penyakit kulit menggumpal terlihat di sebuah peternakan di pinggiran Jaipur, India, 24 Februari 2023. (Foto: dok. Reuters)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Korea Selatan berencana meluncurkan kampanye vaksinasi nasional untuk membendung wabah penyakit kulit benjolan pada sapi, kata pemerintah pada hari Rabu (25/10), setelah 29 kasus dilaporkan sejak wabah pertama pekan lalu.

Pihak berwenang sedang melakukan pembicaraan dengan perusahaan dalam dan luar negeri untuk mendapatkan empat juta dosis vaksin pada akhir bulan ini, jumlah yang cukup untuk menginokulasi semua sapi di negara tersebut, kata kementerian pertanian.

Penyakit virus yang sangat menular ini, yang menyebabkan lepuh dan mengurangi produksi susu, ditularkan melalui serangga penghisap darah seperti nyamuk, kutu, dan lalat. Itu tidak menimbulkan risiko bagi manusia.

Sebanyak 29 kasus telah dikonfirmasi di seluruh Korea Selatan pada Rabu (25/10) pagi setelah negara tersebut melaporkan wabah pertama penyakit ini di peternakan sapi pada pekan lalu.

Pihak berwenang telah memusnahkan semua sapi di fasilitas yang terkena dampak dan memberlakukan larangan transportasi sementara di peternakan terdekat, sambil memvaksinasi ternak di sana menggunakan 540.000 dosis yang mereka miliki, kata kementerian.

Pemerintah berencana menyelesaikan vaksinasi terhadap seluruh sapi di negara tersebut pada awal bulan depan.

“Jika inokulasi vaksin secara nasional selesai sesuai rencana, wabah penyakit kulit menggumpal diperkirakan akan stabil pada bulan November mengingat diperlukan periode tiga minggu untuk mengembangkan antibodi untuk imunisasi,” kata kementerian dalam sebuah pernyataan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home