Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:31 WIB | Minggu, 06 Agustus 2023

Korea Selatan: Serangan Udara Panas, Namun Jambore Pramuka Dunia Tetap Dilanjutkan

Korea Selatan: Serangan Udara Panas, Namun Jambore Pramuka Dunia Tetap Dilanjutkan
Peserta jambore beristirahat di tempat teduh karena kelelahan akibat udara panas di pantai Buan, Korea Selatan, hari Jumat (4/8). Sekitar 4.000 peserta dari Inggris akan pindah ke hotel. (Foto: Kim-yeol/Newsis via AP)
Korea Selatan: Serangan Udara Panas, Namun Jambore Pramuka Dunia Tetap Dilanjutkan
Seorang peserta menerima perawatan medis di Rumah Sakit Jambore selama Jambore Pramuka Dunia ke-25 di Buan, Korea Selatan, pada hari Jumat, 4 Agustus 2023. (Foto: Reuters/Kim Hong-Ji)
Korea Selatan: Serangan Udara Panas, Namun Jambore Pramuka Dunia Tetap Dilanjutkan
Seorang peserta dibawa dengan tandu di Rumah Sakit Jambore selama Jambore Pramuka Dunia ke-25 di Buan, Korea Selatan, hari Jumat,4 Agustus 2023. (Foto: Reuters/Kim Hong-Ji)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Korea Selatan melanjutkan Jambore Pramuka Dunia, menolak seruan badan kepanduan dunia untuk mempersingkat acara tersebut karena gelombang panas yang menyiksa menyebabkan ribuan pramuka Inggris dan Amerika Serikat mulai meninggalkan perkemahan di pesisir pada hari Sabtu (5/8).

Ratusan peserta telah dirawat karena penyakit yang berhubungan dengan panas sejak jambore dimulai hari Rabu (2/8) di lokasi pantai di Buan saat Korea Selatan bergulat dengan salah satu musim panas terpanas dalam beberapa tahun.

Perdana Menteri Han Duck-soo mengatakan selama konferensi pers bahwa Korea Selatan bertekad untuk melanjutkan acara seperti yang direncanakan hingga 12 Agustus. Dia menjanjikan langkah-langkah keamanan tambahan termasuk lebih banyak staf medis, kendaraan ber-AC, dan struktur yang memberikan keteduhan.

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, menjanjikan "pasokan tak terbatas" bus ber-AC dan truk kulkas untuk menyediakan air dingin.

Sekitar 700 pekerja tambahan akan dikerahkan untuk membantu menjaga kamar mandi dan shower, yang oleh beberapa peserta digambarkan kotor atau tidak terawat. Juga akan ada lebih banyak kegiatan budaya yang melibatkan perjalanan ke daerah lain sehingga pramuka tidak sepenuhnya terjebak di tempat dengan masalah panas, kata para pejabat.

Sekitar 40.000 pramuka dari 158 negara, sebagian besar remaja, berada di perkemahan jambore yang dibangun di atas tanah hasil reklamasi dari laut. Jauh sebelum acara dimulai, para kritikus mengemukakan kekhawatiran tentang membawa banyak anak muda ke daerah luas tanpa pohon yang kurang terlindungi dari panasnya musim panas.

Han bersikeras penyelenggara membuat "perbaikan signifikan" untuk mengatasi panas ekstrem dan mengatakan keputusan untuk melanjutkan didukung oleh perwakilan kontingen pramuka nasional yang bertemu pada hari Sabtu.

Han menekankan bagaimana negara menuangkan sumber daya nasional ke acara tersebut, termasuk lusinan kendaraan pemerintah yang menyediakan sistem pendingin, bangunan naungan yang diperoleh dari pangkalan militer dan tim perawat dan dokter dari rumah sakit besar. “Kami akan terus mencoba sampai peserta benar-benar puas,” kata Han.

Organisasi Gerakan Kepanduan Dunia sebelumnya meminta penyelenggara Korea Selatan untuk mempertimbangkan mengakhiri acara lebih awal. Penyelenggara perlu memberikan jaminan akan ada sumber daya tambahan untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh gelombang panas, kata organisasi itu dalam sebuah pernyataan.

"Kami terus meminta tuan rumah dan pemerintah Korea untuk menghormati komitmen mereka untuk memobilisasi sumber daya keuangan dan manusia tambahan, dan menjadikan kesehatan dan keselamatan para peserta sebagai prioritas utama mereka," kata pernyataan itu.

Pramuka Inggris Pindah ke Hotel

Asosiasi Pramuka Inggris mengumumkan akan menarik lebih dari 4.000 pramuka Inggris dan memindahkan mereka ke hotel. Ratusan peserta dari AS juga diperkirakan akan meninggalkan lokasi tersebut selama akhir pekan dan pindah ke pangkalan militer AS di dekat ibu kota, Seoul. Sebuah email dari kontingen AS mengatakan kepergian diperlukan karena cuaca ekstrem dan kondisi yang diakibatkannya.

Kedutaan Besar AS tidak segera menanggapi pertanyaan tentang akomodasi bagi para pramuka di Camp Humphreys. Tetapi panitia penyelenggara Korea Selatan mengonfirmasi bahwa AS termasuk di antara kontingen nasional yang berniat untuk pergi, juga menyebut Singapura.

Beberapa pramuka dan anggota keluarga mengungkapkan kekecewaannya. Raymond Wong, seorang insinyur San Francisco Bay Area yang putranya hadir, mengatakan bahwa para peserta harus dapat memilih jika mereka pergi.

“Mereka baik-baik saja dan bersenang-senang. Mereka sangat kecewa dengan berita itu,” kata Wong tentang putra-putranya yang berusia 14 dan 16 tahun.

Korea Selatan pekan ini menaikkan peringatan cuaca panasnya ke level tertinggi untuk pertama kalinya dalam empat tahun, dengan suhu di seluruh negara berkisar antara 35 dan 38 derajat Celcius (95 dan 100 derajat Fahrenheit) pada hari Jumat. Setidaknya 19 orang telah meninggal karena penyakit terkait panas sejak 20 Mei, Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan melaporkan.

Pemerintah mengatakan 138 peserta jambore menerima pengobatan untuk penyakit yang berhubungan dengan panas pada hari Kamis (3/8). Sedikitnya 108 peserta dirawat karena penyakit serupa setelah upacara pembukaan hari Rabu (2/8).

Choi Chang-haeng, sekretaris jenderal panitia penyelenggara jambore, menegaskan bahwa acara tersebut cukup aman untuk dilanjutkan. Dia mengaitkan banyaknya pasien pada hari Rabu dengan pertunjukan K-pop selama upacara pembukaan, yang katanya membuat banyak remaja “kelelahan setelah secara aktif melepaskan energi mereka.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home