Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 04:40 WIB | Selasa, 14 Desember 2021

Lagi di Pakistan, Polisi Jaga Petugas Vaksinasi Ditembak

Seorang petugas polisi yang berjaga dengan senjata ketika seorang petugas kesehatan memberikan vaksin polio kepada seorang anak di Peshawar, Pakistan. (Foto: dok.AP)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Orang-orang bersenjata kembali menembak mati seorang polisi yang menjaga tim vaksinasi polio di barat laut Pakistan pada hari Minggu (12/12). Ini adalah pembunuhan kedua dalam dua hari terkahir, kata polisi.

Serangan di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan, terjadi sehari setelah dua pria Taliban Pakistan (Tehrik-e-Taliban Pakistan/TTP) menembak mati petugas polisi lain yang menjaga tim vaksinasi serupa di daerah yang sama.

"Dua pria bersenjata yang mengendarai sepeda motor menembaki seorang polisi yang menjaga dua perempuan anggota tim vaksinasi polio di daerah Sheikh Uttar, membunuhnya di tempat," kata kepala polisi distrik, Tank Sajjad Khan, kepada AFP.

Pejabat polisi setempat lainnya, Amanat Ali, membenarkan insiden tersebut dan mengatakan bahwa para penyerang telah melarikan diri.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan itu, tetapi seorang juru bicara Taliban Pakistan sebelumnya mengklaim serangan hari Sabtu (11/12).

Itu terjadi setelah gerilyawan pada hari Jumat (10/12) mengakhiri gencatan senjata dengan pemerintah Pakistan yang dimediasi dengan bantuan Taliban Afghanistan,. TTP menuduh pihak berwenang melanggar ketentuan gencatan senjata satu bulan.

Tidak ada kemajuan yang dicapai dalam negosiasi baru dengan pemerintah Pakistan, menurut pesan audio yang dirilis Jumat malam oleh pemimpin Taliban Pakistan, Noor Wali Mehsud.

Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, mengumumkan pada Oktober bahwa pemerintah sedang melakukan pembicaraan dengan kelompok itu untuk pertama kalinya sejak 2014, difasilitasi oleh Taliban Afghanistan, yang merebut kekuasaan di seberang perbatasan pada Agustus.

Taliban Pakistan, gerakan terpisah dari para pemimpin baru Afghanistan tetapi memiliki sejarah yang sama, menjerumuskan Pakistan ke dalam periode kekerasan yang mengerikan setelah terbentuk pada tahun 2007.

Penjaga polisi yang melindungi tim vaksinasi di Pakistan telah diserang di pada masa lalu, sebagian besar dari militan lokal.

Pakistan adalah salah satu dari dua negara di mana polio tetap endemik tetapi hanya satu kasus yang dilaporkan tahun ini setelah 84 kasus pada tahun 2020, menurut Inisiatif Pemberantasan Polio Global. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home