Loading...
PARENTING
Penulis: Melki 04:29 WIB | Senin, 04 Maret 2024

Lima Manfaat Buku Literasi untuk Kecerdasan Anak

Ilustrasi anak membaca (Pexels/Victoria Rain)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Memberikan pendidikan yang layak adalah bentuk tanggung jawab utama orang tua kepada anak. 

Pendidikan tak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga di rumah. Adapun salah satu cara yang bisa Parents lakukan yaitu memberikan buku bacaan literasi.

Buku bacaan literasi memang didesain khusus untuk membantu meningkatkan keterampilan literasi pembacanya. Misal, meningkatkan kemampuan memahami, menafsirkan, serta mengevaluasi suatu hal.

Buku bacaan literasi ini dapat mencakup berbagai genre, mulai dari fiksi hingga nonfiksi. Pun kerap memiliki fitur tambahan seperti pertanyaan pemahaman, aktivitas, dan panduan membaca yang membantu pembaca memperdalam pemahamannya tentang teks tersebut.

Jenis buku bacaan literasi ini dapat ditujukan untuk berbagai tingkatan usia, termasuk untuk anak-anak. Oleh karena itu, tak ada salahnya Parents memberikan buku bacaan literasi kepada si Kecil sedari dini.

5 Manfaat Buku Bacaan

Buku bacaan literasi memiliki beragam manfaat untuk perkembangan si Kecil, di antaranya:

1. Menstimulasi Kemampuan Bahasa

Dapat membantu si Kecil memperkaya kosa kata mereka, memahami struktur kalimat yang benar, dan meningkatkan kemampuan berbicara serta menulis.

2. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Dengan menghadirkan masalah-masalah yang kompleks, bacaan ini dapat membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan menganalisis masalah dengan lebih baik.

3. Mendorong Kreativitas dan Imajinasi

Buku bacaan literasi sering kali menghadirkan cerita-cerita yang kaya akan imajinasi.

Alhasil, mampu mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi dan mengembangkan kreativitas saat mereka membayangkan cerita-cerita yang sedang dibaca.

4. Memperluas Wawasan

Buku literasi sering menghadirkan berbagai tema, latar, dan karakter. Ini membantu anak-anak memperluas wawasan mereka tentang dunia di sekitar, memperkenalkannya pada budaya-budaya baru, dan membantu memahami perspektif orang lain.

5. Menumbuhkan Kebiasaan Membaca

Dengan membiasakan buah hati Anda membaca buku bacaan literasi sejak dini, secara tidak langsung ini membuat mereka menjadikan membaca sebagai kebiasaannya.

Tentu saja, ini dapat membawa manfaat jangka panjang bagi si Kecil dalam memperluas pengetahuan dan pemahamannya tentang dunia. (ANTARA)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home