Loading...
BUDAYA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:14 WIB | Rabu, 19 Agustus 2020

Lukisan Pissarro Dijual ke Nazi, Tetap Milik Museum Spanyol

Seorang pria berjalan melewati lukisan "Jembatan Charing Cross" karya seniman Perancis, Camille Pissarro, dalam eksebisi di Museum Thyssen, di Madrid, Spanyol, 3 Juni 2013. (Foto: VOA)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Sebuah pengadilan banding Amerika Serikat memutuskan bahwa lukisan karya Camille Pissarro yang dijual kepada Nazi oleh seorang wanita Yahudi agar ia bisa melarikan diri dari Holocaust pada 1939, tetap menjadi milik sebuah museum Spanyol.

Museum itu mendapatkan lukisan tersebut lebih dari setengah abad kemudian.

Panel tiga hakim pada Pengadilan Banding Sirkuit ke-19 AS menjatuhkan keputusan itu dengan suara bulat pada Senin (17/8).

Keputusan itu adalah yang terbaru, tetapi mungkin bukan yang terakhir dalam kasus yang telah melewati pengadilan Spanyol dan Amerika selama 20 tahun.

Lukisan itu adalah “La Rue St. Honoré, effet de Soleil” sebuah karya cat minyak di atas kanvas pada1898, yang melukiskan jalan di Paris yang disapu hujan.

Pissaro melukis pemandangan dari jendela hotelnya. Nilai lukisan itu diperkirakan $30 juta atau sekitar Rp 442,7 miliar. (VOA)

 

Kampus Maranatha
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home