Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:38 WIB | Kamis, 02 Juli 2015

Mahasiswa UI Manfaatkan Gelombang Laut untuk Awetkan Ikan

Ilustrasi es yang digunakan untuk mengawetkan ikan, Mahasiswa teknik Ui telah menemukan inovasi dengan menggunakan gelombang laut sebagai motor penggerak sistem pendingin, untuk mengawetkan ikan. (Foto: wikipedia.org)

DEPOK, SATUHARAPAN.COM - Pengawetan ikan, merupakan proses yang penting bagi nelayan dan pedagang ikan. Selama ini, pengawetan ikan dilakukan dengan menggunakan mesin pendingin. Sistem pendingin tersebut memerlukan energi listrik dalam penggunaannya. Selain menggunakan mesin pendingin, kebanyakan nelayan juga masih menggunakan batu es sebagai pendingin konvensional.

Penggunaan es, merupakan cara yang mudah dilakukan dan relatif murah. Namun, es hanya dapat mempertahankan suhu rendah dalam waktu yang singkat. Sementara, ikan memerlukan suhu rendah dalam waktu lama, agar terjaga kesegarannya sampai ikan tersebut dijual.

Tertarik membantu nelayan, dan mengurangi penggunaan listrik dalam proses pengawetan ikan, mahasiswa Fakultas Teknik UI merancang inovasi baru. Tim yang terdiri atas Bintang Samudra, Dick Bernardi, dan Mario Muhammad ini, merancang inovasi yang menggunakan sumber energi gelombang laut sebagai motor penggerak sistem pendingin.

Inovasi tersebut, mengantarkan tim ini meraih juara pertama dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Green Scientific Competition (LKTIN GSC).

 LKTIN GSC diikuti oleh 252 tim dari 80 universitas di Indonesia. Dibimbing oleh Ardiansyah  ST M Eng, tim memenangkan lomba dengan karya tulis berjudul ”Sistem Refrigerasi Vortex Tube untuk Pengawetan Ikan Menggunakan Energi Gelombang Air Laut”.

Bintang mengatakan, sistem ini memungkinkan ikan terjaga kesegarannya dalam waktu dua hari. Kelebihan lainnya adalah sistem refrigrasi yang mudah dalam aplikasinya. Biaya pembuatan dan instalasi juga relatif murah. Sistem ini memungkinkan menampung ikan hingga satu ton.

 “Ini merupakan energi terbarukan yang sangat memungkinkan untuk diaplikasikan,” kata Bintang.

Bintang juga menambahkan, potensi gelombang laut di Indonesia sangat besar. Dengan mengaplikasikan sistem ini, energi gelombang laut dapat digunakan sebagai penggerak kompresor , sehingga dapat menghasilkan sistem pendinginan yang bersih dan terbarukan. Vortex tube juga memiliki sistem yang lebih praktis daripada metode pendinginan konvensional.

Lebih lanjut Bintang berharap, inovasi baru ini dapat membantu banyak nelayan di Indonesia. Timnya juga berharap inovasi ini dapat diaplikasikan untuk nelayan dan masyarakat pesisir yang dalam kesehariannya membutuhkan teknologi pendinginan.

Sosialisasi perlu dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat di sekitar pesisir pantai untuk mempermudah penerapan teknologi ini dalam proses pendinginan ikan. (ui.ac.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home