Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 06:19 WIB | Sabtu, 23 Juni 2018

Menjaga Asa di Pertandingan Kedua

Jelang Pertandingan Inggris vs Panama
Timnas Inggris dalam sesi latihan jelang laga melawan Panama. (Foto: bbc.com)

SATUHARAPAN.COM - Meskipun harus bersusah payah hingga menit-menit terakhir untuk memenangai pertandingan perdananya melawan Tunisia, kesebelasan Inggris akhirnya bisa bernapas lega setelah kapten kesebelasannya Hary Kane mampu mencetak kemenangan bagi Inggris di menit injury time.

Kemenangan tersebut menjadi modal penting bagi Inggris untuk menghadapi pertandingan keduanya melawan Panama. Kane dan kawan-kawan tentu akan bekerja maksimal agar pada perjumpaan melawan Panama mereka bisa meraih angka maksimal yang itu artinya meloloskan mereka pada babak berikutnya.

Dengan dua tim kuat di grup G, pertandingan terakhir fase grup menjadi final kecil yang akan mempertemukan dua tim unggulan Belgia dan Inggris. Artinya pada dua pertandingan awal kedua kesebelasan harus memaksimalkan hasil agar pada partai ketiga menjadi perebutan pemuncak grup. 

Menyelamatkan Peluang di Pertandingan Kedua

Bergabung dalam satu grup dengan tim-tim kuat Belgia-Inggris, tampil tanpa pemain bintang, datang sebagai debutan, tidak berlebihan jika kesebelasan Panama menjadi tim underdog di grup G. Meskipun sama-sama underdog dalam hal keikutsertaan di PD, kesebelasan Tunisia di grup masih lebih baik dibanding Panama. Pertemuan kesebelasan Inggris melawan Panama menjadi perjumpaan pertama bagi kedua tim.

Kalaupun ada faktor psikologis yang bisa membangkitkan semangat adalah pelatih Hernan Dario Gomez yang hingga PD 2018 telah meloloskan tiga kesebelasan dari timnas berbeda. Faktor pelatih menjadi modal penting bagi Panama untuk mengangkat moral pemain dan tim yang bisa dibilang minim prestasi di turnamen-turnamen akbar.

Membandingkan kekuatan kesebelasan Inggris dan Panama bagai bumi dan langit. Inggris dipenuhi pemain bertalenta yang sebagian berusia muda hampir di semua lini dan merumput pada klub-klub besar liga mayor Eropa. Praktis hanya penjaga gawang Penedao (Dinamo Bucuresti) dan Erik Davis (Gent-Prancis) yang bermain di klub Eropa. Selebihnya pemain Panama bermain di klub medioker liga-liga Amerika Selatan.

Pertarungan kedua kesebelasan di fase grup akan menampilkan skill individu pemain-pemain muda Inggris melawan semangat dan kolektivitas skuad tanpa bintang Panama. Setelah kegagalan di partai perdana saat dikalahkan Belgia dengan tiga gol tanpa balas, ini saatnya bagi Erik Davis dan kawan-kawan untuk bermain lebih lepas.

Barisan pertahanan Inggris Cahill, Stones, Maguire, rasanya masih terlalu tangguh bagi , pemain Panama Gomez, Godoy, Diaz, G. Torres. Begitupun kreativitas gelandang muda Lingard dan Sterling yang mampu menjadi second striker masih di atas rata-rata gelandang Panama.

Meskipun tidak ada jaminan Inggris dapat memenangi pertandingan dengan mudah, hampir semua lini bisa dikuasai pemain Inggris. Terlebih barisan penyerang yang mengandalkan Dele Ali-Vardy-Kane adalah penyerang haus gol yang memiliki pergerakan cepat dan kuat dalam bola-bola atas. Inggris masih menyisakan penyerang muda masa depannya Marcus Rashford yang berpeluang melanjutkan rekor kiprah pemain-pemain muda Inggris di ajang Piala Dunia.

Catatan Hernan Dario Gomez dalam mendampingi timnas Kolombia dan Ekuador terhenti di fase grup, Meski begitu Gomez masih mampu memetik kemenangan pada fase grup. Pada fase grup G PD 1998 Kolombia dikalahkan Inggris dan Rumania. namun masih bisa mengalahkan tim Afrika Tunisia. Pada fase grup G PD 2002 saat Gomez menangani Ekuador, meskipun menjadi juru kunci namun mereka mengalahkan tim kuat Kroasia.

Tidak ada pilihan bagi Inggris untuk menjaga peluang lolos kecuali mengamankan dua pertandingan awal sebelum mereka bertemu Belgia di pertandingan terakhir fase grup G. Lagi-lagi masalah kesebelasan Inggris pada turnamen besar adalah dirinya sendiri. Selagi mereka mampu mengatasi, pertandingan terakhir fase grup hanya untuk bersaing menjadi pemuncak.

Bagi Hernan Dario Gomez inilah saatnya melanjutkan petualangannya di ajang PD dengan membuat kejutan mengalahkan tim-tim kuat: susun kekuatan pertahahan yang solid, ganggu konsentrasi pemain Inggris di semua lini, saat ada kesempatan menyerang balik berikan kebebasan Diaz dan Torres untuk bergerak di jantung pertahanan Inggris. Inilah saatnya Gomez datang ke PD bukan sebagai pelatih penggembira.

Jadwal pertandingan

Kesebelasan Inggris akan bertanding pada fase grup G melawan Panama di Stadion Nizhny Novgorod Minggu (24/6) pukul 15.00 waktu setempat atau pukul 19.00 WIB.

Perkiraan susunan pemain:

Inggris (3-4-2-1) : Pickford (gk), Cahill, Stones, Maguire, Dier, Walker, Henderson, Lingard, Sterling, Dele Ali/Vardy, Kane. | pelatih: Gareth Southgate

Panama (3-4-3): Penedo (gk) Machado, R. Torres/Davis, Baloy/Ovalle, Quintero, Cooper, Gomez, Godoy, Diaz, G. Torres, Arroyo. | pelatih: Hernan Dario Gomez

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home