Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:19 WIB | Jumat, 01 Desember 2023

Militer Melemah, Pemberontak Myanmar Kuasai Wilayah Lebih Luas di Utara

Foto dari media online Kokang, pasukan kelompok etnis Myanmar, termasuk Aliansi Tiga Persaudaraan, menyiapkan senjata untuk menyerang pos militer di perbukitan Hsenwi di negara bagian Shan, Myanmar. (Foto: media online Kokang via AP)

YANGON, SATUHARAPAN.COM-Sekitar dua pekan setelah serangan besar-besaran terhadap pemerintahan militer Myanmar yang dilakukan oleh aliansi tiga milisi bersenjata lengkap dari etnis minoritas, seorang kapten tentara, yang bertempur di kawasan hutan dekat perbatasan timur laut dengan China, menyesalkan bahwa dia belum pernah melihat aksi intens seperti ini.

Komandannya di Divisi Infanteri Ringan ke-99 Myanmar telah tewas dalam pertempuran di negara bagian Shan sepekan sebelumnya dan prajurit karir berusia 35 tahun itu mengatakan pos-pos tentara berantakan dan diserang dari semua sisi.

“Saya belum pernah menghadapi pertempuran seperti ini sebelumnya,” kata veteran perang tersebut kepada The Associated Press melalui telepon. “Pertempuran di Shan ini belum pernah terjadi sebelumnya.” Delapan hari kemudian sang kapten sendiri tewas, terbunuh saat mempertahankan pos terdepan dan buru-buru dikuburkan di dekat tempat dia terjatuh, menurut keluarganya

Serangan terkoordinasi di wilayah timur laut telah menginspirasi pasukan perlawanan di seluruh negeri untuk menyerang, dan militer Myanmar mengalami kemunduran di hampir semua lini. Tentara mengatakan mereka sedang berkumpul kembali dan akan mengambil kembali inisiatif tersebut, namun harapan meningkat di kalangan penentang bahwa ini bisa menjadi titik balik dalam perjuangan untuk menggulingkan para pemimpin militer yang menggulingkan Aung San Suu Kyi yang terpilih secara demokratis hampir tiga tahun lalu.

“Operasi saat ini adalah peluang besar untuk mengubah situasi politik di Myanmar,” kata Li Kyar Win, juru bicara Tentara Aliansi Demokratik Nasional Myanmar, atau MNDAA, salah satu dari tiga milisi yang dikenal sebagai Aliansi Tiga Persaudaraan yang melancarkan serangan terhadap Myanmar pada 27 Oktober.

“Maksud dan tujuan kelompok aliansi dan kekuatan perlawanan lainnya adalah sama,” katanya kepada AP. “Kami berusaha melenyapkan kediktatoran militer.”

Karena dikejutkan oleh serangan yang dijuluki Operasi 1027, militer telah kehilangan lebih dari 180 pos terdepan dan benteng, termasuk empat pangkalan utama dan empat perbatasan yang penting secara ekonomi dengan Tiongkok.

Kedua belah pihak mengklaim bahwa mereka telah menimbulkan banyak korban di pihak lain, meskipun jumlah korban yang akurat tidak tersedia. Hampir 335.000 warga sipil telah mengungsi selama pertempuran saat ini, sehingga totalnya menjadi lebih dari dua juta orang yang mengungsi secara nasional, menurut PBB.

“Ini adalah tantangan medan perang terbesar yang dihadapi militer Myanmar selama beberapa dekade,” kata Richard Horsey, pakar Myanmar di International Crisis Group.

“Dan bagi rezim, ini adalah momen tersulit yang mereka hadapi sejak awal kudeta.”

Permasalahan yang rumit bagi militer adalah dukungan diam-diam China terhadap Aliansi Tiga Persaudaraan, yang sebagian berasal dari meningkatnya kejengkelan Beijing terhadap berkembangnya perdagangan narkoba di sepanjang perbatasannya dan berkembangnya pusat-pusat di Myanmar yang sering menjadi tempat terjadinya penipuan dunia maya oleh kartel kejahatan terorganisir China dengan pekerja yang diperdagangkan dari China atau tempat lain di kawasan ini.

Ketika Operasi 1027 mulai dilaksanakan, ribuan warga negara China yang terlibat dalam operasi tersebut telah dipulangkan ke tahanan polisi di China, sehingga memberikan sedikit alasan bagi Beijing untuk memberikan tekanan untuk menghentikan pertempuran.

Militer, yang dikenal sebagai Tatmadaw, masih jauh lebih besar dan lebih terlatih dibandingkan pasukan perlawanan, dan memiliki senjata, kekuatan udara, dan bahkan aset angkatan laut untuk melawan milisi bersenjata ringan yang diorganisir oleh berbagai kelompok etnis minoritas.

Namun dengan kekalahan yang sangat cepat dan meluas serta kekuatan yang berlebihan, semangat tempur mereka merosot seiring dengan semakin banyaknya pasukan yang menyerah dan membelot, sehingga menimbulkan optimisme yang waspada di antara lawan-lawan mereka yang beragam.

Kemajuan yang dicapai saat ini hanyalah bagian dari perjuangan panjang, kata Nay Phone Latt, juru bicara Pemerintah Persatuan Nasional, organisasi oposisi terkemuka. “Saya akan mengatakan bahwa revolusi telah mencapai tingkat berikutnya, daripada mengatakan bahwa revolusi telah mencapai titik balik,” katanya.

“Apa yang kita miliki saat ini adalah hasil persiapan, pengorganisasian, dan pembangunan selama hampir tiga tahun terakhir,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home