Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:10 WIB | Selasa, 25 Oktober 2022

Militer Myanmar Membom Sebuah Konser Musik Kelompok Kachin, 80 Tewas

Puing-puing berserakan di sekitar bangunan kayu yang hancur di dekat Desa Aung Bar Lay, kotapraja Hpakant, negara bagian Kachin di Myanmar Senin, 24 Oktober 2022. Serangan udara oleh militer Myanmar menewaskan puluhan orang, termasuk penyanyi dan musisi, yang menghadiri perayaan ulang tahun Kachin organisasi politik utama etnis minoritas, anggota kelompok dan seorang pekerja penyelamat mengatakan, hari Senin (24/10). (Foto: AP)

YANGON, SATUHARAPAN.COM-Serangan udara oleh militer Myanmar menewaskan sebanyak 80 orang, termasuk penyanyi dan musisi, yang menghadiri perayaan ulang tahun organisasi politik utama etnis minoritas Kachin, kata anggota kelompok itu dan seorang pekerja penyelamat, hari Senin (24/10).

Serangan yang dilaporkan terjadi tiga hari sebelum menteri luar negeri Asia Tenggara mengadakan pertemuan khusus di Indonesia untuk membahas meluasnya kekerasan di Myanmar.

Jumlah korban pada perayaan pada hari Minggu (23/10) malam, yang diadakan oleh Organisasi Kemerdekaan Kachin di negara bagian utara Kachin, tampaknya menjadi yang terbanyak dalam satu serangan udara sejak militer merebut kekuasaan pada Februari 2021 dari pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi.

Laporan awal menyebutkan jumlah korban tewas sekitar 60, tetapi penghitungan kemudian menaikkannya menjadi sekitar 80.

Tidak mungkin untuk mengkonfirmasi secara independen rincian insiden tersebut, meskipun media yang bersimpati kepada Kachin memposting video yang menunjukkan apa yang dikatakan sebagai akibat dari serangan itu, dengan struktur kayu yang hancur dan rata.

Kantor informasi pemerintah militer mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan Senin malam bahwa ada serangan terhadap apa yang digambarkan sebagai markas besar Brigade ke-9 Tentara Kemerdekaan Kachin, menyebutnya sebagai "operasi yang diperlukan" sebagai tanggapan atas tindakan "teroris" yang dilakukan oleh kelompok Kachin.

Laporan itu menyebut laporan tentang jumlah korban tewas yang tinggi sebagai "rumor", dan membantah militer telah mengebom sebuah konser dan penyanyi serta penonton termasuk di antara yang tewas.

Kantor PBB di Myanmar mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka “sangat prihatin dan sedih” dengan laporan serangan udara tersebut.

"Apa yang tampak sebagai penggunaan kekuatan yang berlebihan dan tidak proporsional oleh pasukan keamanan terhadap warga sipil yang tidak bersenjata tidak dapat diterima dan mereka yang bertanggung jawab harus dimintai pertanggungjawaban," katanya.

Utusan yang mewakili kedutaan besar Barat di Myanmar, termasuk Amerika Serikat, mengeluarkan pernyataan bersama yang mengatakan serangan itu menggarisbawahi "pengabaian rezim militer atas kewajibannya untuk melindungi warga sipil dan menghormati prinsip-prinsip dan aturan hukum humaniter internasional."

Myanmar telah didera selama beberapa dekade oleh pemberontakan oleh etnis minoritas yang mencari otonomi, tetapi perlawanan anti pemerintah meningkat tajam secara nasional dengan pembentukan gerakan pro demokrasi bersenjata yang menentang pengambilalihan militer tahun lalu.

Kachin adalah salah satu kelompok pemberontak etnis yang lebih kuat dan mampu membuat beberapa persenjataan mereka sendiri. Mereka juga memiliki aliansi longgar dengan milisi bersenjata dari pasukan pro demokrasi yang dibentuk pada tahun 2021 di Myanmar tengah untuk melawan kekuasaan militer.

Perayaan hari Minggu untuk peringatan 62 tahun berdirinya Organisasi Kemerdekaan Kachin (Kachin Independence Organization/KIO), yang mencakup sebuah konser, diadakan di sebuah pangkalan yang juga digunakan untuk pelatihan militer oleh Tentara Kemerdekaan Kachin, sayap bersenjata KIO. Terletak di dekat desa Aung Bar Lay di kotapraja Hpakant, daerah pegunungan terpencil 950 kilometer (600 mil) di utara kota terbesar Myanmar, Yangon.

Hpakant adalah pusat industri pertambangan batu giok terbesar dan paling menguntungkan di dunia, dari mana pemerintah dan pemberontak memperoleh pendapatan.

Sebanyak 80 orang tewas dan sekitar 100 terluka dalam serangan hari Minggu pada hari pertama perayaan tiga hari pendirian KIO, juru bicara Asosiasi Seniman Kachin mengatakan kepada The Associated Press melalui telepon. Dia mengatakan dia pertama kali mendengar ada 60 kematian, tetapi kemudian diberitahu oleh sumber yang dekat dengan pejabat Tentara Kemerdekaan Kachin bahwa sekitar 80 orang telah meninggal.

Dia mengatakan pesawat militer menjatuhkan empat bom pada perayaan itu sekitar pukul 20:00 malam, menurut anggota kelompoknya yang ada di sana. Antara 300 dan 500 orang hadir dan seorang penyanyi Kachin dan pemain keyboard termasuk di antara yang tewas, kata juru bicara itu, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena dia takut akan hukuman dari pihak berwenang.

Mereka yang tewas juga termasuk perwira dan tentara Kachin, musisi, pemilik bisnis pertambangan batu giok dan warga sipil lainnya, katanya. Mereka juga termasuk setidaknya 10 VIP militer dan bisnis Kachin yang duduk di depan panggung, dan juru masak yang bekerja di belakang panggung, tambahnya.

Kachin News Group, outlet media yang bersimpati kepada KIO, melaporkan bahwa pencarian awal menemukan 58 mayat dan pasukan keamanan pemerintah telah memblokir yang terluka untuk dirawat di rumah sakit di kota-kota terdekat. Dilaporkan kemudian bahwa lebih dari 20 mayat telah ditemukan, sehingga jumlah korban tewas menjadi sekitar 80.

Kolonel Naw Bu, juru bicara Tentara Kemerdekaan Kachin, mengatakan melalui telepon bahwa tentara KIA, musisi, pengusaha dan penduduk desa termasuk di antara yang tewas, tetapi dia tidak dapat memastikan jumlah korban karena masalah komunikasi. Dia mengatakan kematian itu merupakan kerugian bagi semua orang Kachin, dan kelompoknya akan mengibarkan bendera Kachin setengah tiang.

Petugas penyelamat layanan yang berada di Hpakant dan juga meminta anonimitas mengatakan dia melihat tiga pesawat militer melakukan pengeboman berjalan di atas tempat perayaan, hanya beberapa kilometer jauhnya. Dia mengatakan dia dilarang oleh KIO memasuki daerah itu tetapi mendengar bahwa lebih dari 60 orang tewas, termasuk seorang komandan brigade KIA.

Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, sebuah organisasi non-pemerintah yang melacak pembunuhan dan penangkapan, mengatakan pada hari Jumat bahwa 2.377 warga sipil telah tewas dalam tindakan keras oleh pasukan keamanan sejak tentara mengambil alih kekuasaan. Angkanya, bagaimanapun, tidak selalu termasuk orang yang terbunuh dalam aksi militer di pedesaan.

"Kami khawatir serangan ini adalah bagian dari pola serangan udara yang melanggar hukum oleh militer yang telah membunuh dan melukai warga sipil di daerah yang dikendalikan oleh kelompok bersenjata," kata wakil direktur regional Amnesty International, Hana Young, dalam sebuah pernyataan.

“Militer telah menunjukkan ketidakpedulian yang kejam terhadap kehidupan sipil dalam kampanye yang meningkat melawan pemberontak. Sulit dipercaya bahwa militer tidak mengetahui kehadiran warga sipil yang signifikan di lokasi serangan ini. Militer harus segera memberikan akses ke petugas medis dan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang terkena dampak serangan udara ini dan warga sipil lainnya yang membutuhkan,” kata Young.

Kamboja, ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) saat ini, mengatakan hari Minggu bahwa para menteri luar negeri kelompok itu akan mengadakan pertemuan khusus di Indonesia pekan ini untuk mempertimbangkan proses perdamaian untuk Myanmar. Para jenderal Myanmar telah menghindari upaya kelompok sebelumnya.

“Ketika pejabat dan pemimpin ASEAN bersiap untuk menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi dalam beberapa pekan mendatang, serangan ini menyoroti perlunya merombak pendekatan terhadap krisis di Myanmar,” kata Amnesty International. “ASEAN harus meningkatkan dan merumuskan tindakan yang lebih kuat sehingga para pemimpin militer mengakhiri represi yang meningkat ini.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home