Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 23:16 WIB | Jumat, 26 April 2019

MoU Buat Siswa PENABUR Bandung Mudah Diterima di Maranatha

MoU Buat Siswa PENABUR Bandung Mudah Diterima di Maranatha
Penanda-tanganan MoU antara Universitas Kristen Maranatha diwakili oleh Rektor Prof. Ir. Armien ZR Langi, M.Sc PhD dengan Ketua BPK PENABUR Bandung Erwien Kosasih di kantor sekretariat BPK PENABUR Bandung, Jumat (26/4/2019) pagi. (Foto-foto: Dok. BPK PENABUR Bandung)
MoU Buat Siswa PENABUR Bandung Mudah Diterima di Maranatha
Rektor Prof. Ir. Armien ZR Langi, M.Sc PhD dan Ketua BPK PENABUR Bandung Erwien Kosasih berfoto bersama di kantor sekretariat BPK PENABUR Bandung, Jumat (26/4/2019) pagi.

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - BPK PENABUR Bandung melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Universitas Kristen Maranatha (UKM) di kantor sekretariat BPK PENABUR Bandung, Jumat (26/4/2019) pagi.

Penanda-tanganan MoU antara Universitas Kristen Maranatha diwakili oleh Rektor Prof. Ir. Armien ZR Langi, M.Sc PhD dengan Ketua BPK PENABUR Bandung Erwien Kosasih.

Salah satu bentuk kerja sama MoU ini diharapkan untuk mendapatkan kemudahan bagi para siswa lulusan SMAK BPK PENABUR Bandung untuk diterima menjadi mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung.

“Dengan terjalinnya kerja sama ini diharapkan BPK PENABUR Bandung dapat menjadi 'feeder' untuk Universitas Kristen Maranatha (UKM) dan para siswa lulusan BPK PENABUR Bandung akan mendapatkan kemudahan untuk diterima menjadi mahasiswa UKM,” kata Ketua BPK PENABUR Bandung Erwien Kosasih kepada satuharapan.com dalam keterangan tertulis, Jumat (26/4/2019).

Erwien Kosasih mengatakan MoU ini dibuat karena dirasakan UKM & BPK PENABUR mempunyai visi dan misi yang sama yang berlandaskan pendidikan Kristiani. Menurutnya, MoU ini akan memayungi semua kerja sama yang akan terjalin antara UKM dan BPK PENABUR Bandung dan akan ditinjau sesuai kesepakatan bersama.

“Sebagai feeder untuk UKM tentu saja para siswa lulusan SMAK BPK PENABUR Bandung diberikan passing grade tertentu sesuai dengan jurusan yang mereka pilih,” katanya.

Selain itu, kata Erwien, kemudahan yang lain bagi siswa yang berasal dari BPK PENABUR Bandung akan mendapatkan stimulus khusus dalam hal biaya kuliah. Sedangkan untuk sebalikannya, putra-putri dosen UKM juga akan diberi stimulus khusus jika bersekolah di BPK PENABUR Bandung.

“Kiranya kerja sama ini akan menjadi berkat bagi ke dua belah pihak,” katanya.

Profil Singkat BPK PENABUR Bandung

Pada saat ini BPK PENABUR Bandung memiliki sebelas kompleks sekolah. Ke-sebelas kompleks sekolah itu ada di Jalan Guntur No. 34, Jalan Pasirkaliki No. 157, Jalan Jenderal Sudirman No. 246, Jalan Jenderal Sudirman No. 638, Jalan Raya Cibeureum No. 92, Jalan Bahureksa No. 26, Jalan Dursasana No. 2-8, Kompleks Perumahan Taman Holis Indah, Kompleks Perumahan Singgasana, Kota Baru Parahyangan.

Sekolah Menengah Atas

Tahun 1965 adalah tahun di mana BPK PENABUR Bandung memiliki sekolah menengah atas untuk yang pertama di Jalan Kosambi No. 16, dikenal dengan nama SMAK 1 Petang. Proses belajar mengajar dilakukan pada petang hari. Tahun 1971 SMAK 1 Petang ini pindah ke Jalan Pasirkaliki, dan menjadi SMAK 1 Pagi.

Tokoh-tokoh yang pernah menjadi kepala SMAK ini, Kwee Hok Goan (1965 – 1967); dan anggota direktorium (1967 – 1978): G. Tedjosutikno, W. Nababan, Nanny Tjahjadi, Mustika, The Joe Twan (1968 – 1986), Iwan Tedjasukmana, Boniwidiarti Bunjamin, dan sekarang dipimpin oleh Stephanus Abednego, S.T., M.Kom..

Tahun 1976 SMAK 2 Petang Jalan Pasirkaliki No. 157 lahir. Tercatat pendidik yang menjabat kepala SMAK Petang Jalan Pasirkaliki ini, Iwan Tedjasukmana (1976 – 1982), Marthen Tapilouw (1982 – 1990), Stan G. Sorluri (1990 – 1993),  Okky G. Winoto, Debora Lilimihardja, M.Pd., M.Kom. dan sekarang sekolah ini dipimpin oleh Ernest Tanumihardja, S.E.

Tahun 1982 BPK PENABUR Bandung membuka SMAK 3 di Jalan Raya Cibeureum No. 92. Tidak seperti SMAK sebelumnya, proses belajar mengajar di SMAK 3 ini langsung diselenggarakan pada pagi hari. Iwan Tedjasukmana kembali dipercaya untuk menjadi kepala sekolah pertama sampai dengan tahun 1988. Setelah itu Sutrisna (1988 – 1993), Stan G. Sorluri (1993 – 1998), Jap Tjiu Siang, dan sekarang dipimpin oleh Idia Tjahjani, Dra.

Tahun 2013 sekolah BPK PENABUR di kompleks Taman Holis Indah membuka jenjang SMA untuk siswa tahun ajaran 2013-2014. Sekolah ini pernah dipimpin oleh Timotius Tjandra, dan sekarang dipimpin oleh The Yulianti, M.Pd.

Pada tahun 2017 sekolah BPK PENABUR kompleks Singgasana juga telah membuka jenjang SMA untuk siswa tahun ajaran 2017-2018, dimana jenjang SMA ini dikepalai oleh Jati Budiawati, Dra.

Sekolah Kejuruan

Tahun 1971, BPK PENABUR Bandung memiliki Sekolah Pendidikan Guru Kristen. Proses belajar mengajar dilakukan pada petang hari. Namun tahun 1975, sesuai dengan kebijakan pemerintah, sekolah ini tidak lagi menerima murid. J.M. Daniel tercatat sebagai satu-satunya kepala sekolah ini.

BPK PENABUR Bandung juga mempunyai sekolah farmasi yang lahir tahun 1963, di Jalan Jenderal Sudirman No. 246. Sekolah ini awalnya bernama Sekolah Asisten Apoteker (SAA) yang kini menjadi Sekolah Menengah Farmasi Kristen (SMFK). Proses belajar mengajar dilakukan pada petang hari dan dipimpin oleh Kwee Hok Goan. Tahun 1977, SMFK pindah ke Jalan Pasirkaliki No. 157. Tahun 1995 sekolah kejuruan ini pindah lagi ke Jalan Raya Cibeureum No. 92 Bandung.

Sejumlah tokoh yang pernah menjabat kepala sekolah kejuruan ini setelah dipimpin oleh Kwee Hok Goan, yaitu : Lili J. Iskandar, Erni Nelwan, Nindya Santoso, dan Linawati. Sekarang sekolah ini dipimpin oleh Vania Sayora Yuhar, S.Si.Apt.

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home