Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:39 WIB | Rabu, 12 Juli 2023

NATO: Masa Depan Ukraina Tetap Dalam Aliansi, Dibentuk Dewan NATO-Ukraina

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, tiba untuk menyampaikan pidato di Lapangan Lukiskiu di Vilnius pada 11 Juli 2023, di sela-sela KTT NATO. (Foto: AFP)

VILNIUS, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, bertemu dengan para pemimpin NATO pada hari Rabu (12/7) setelah mereka menyatakan masa depan negaranya ada di dalam aliansi, tetapi menolak seruannya untuk batas waktu keanggotaan.

Zelenskyy akan bergabung dengan para pemimpin NATO pada hari kedua pertemuan puncak mereka di Vilnius untuk sesi pengukuhan Dewan NATO-Ukraina, sebuah badan yang dibentuk untuk meningkatkan hubungan antara Kiev dan aliansi militer transatlantik yang beranggotakan 31 orang.

Dia juga akan bertemu secara terpisah dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, saat dia mencari lebih banyak senjata dan amunisi dari Amerika Serikat dan negara-negara NATO lainnya untuk berperang yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina pada Februari tahun lalu.

Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Jerman diperkirakan akan mengeluarkan jaminan kepada Kiev tentang dukungan keamanan jangka panjang dalam bentuk persenjataan canggih, pelatihan, dan bantuan militer lainnya, kemungkinan segera setelah KTT berakhir, menurut pejabat.

Negara-negara lain kemudian akan bergabung dengan kerangka kerja ini dengan komitmen bilateral mereka sendiri, kata para pejabat.

Pada rapat umum di Vilnius pada hari Selasa (11/7), Zelenskyy mengungkapkan kekecewaannya bahwa NATO tidak memberikan batas waktu untuk keanggotaan, sebuah prospek yang sebelumnya dia sebut "tidak masuk akal".

“NATO akan membuat Ukraina lebih aman, Ukraina akan membuat NATO lebih kuat,” katanya kepada ribuan orang di Vilnius, banyak yang mengibarkan bendera Ukraina, sementara penembak jitu berjaga di atap rumah.

Dia beralih ke bahasa yang lebih lembut terhadap sekutu NATO pada Selasa malam. “Pertahanan kami adalah prioritas utama, dan saya berterima kasih kepada mitra kami atas kesediaan mereka mengambil langkah baru,” tulisnya di Twitter.

“Lebih banyak senjata untuk prajurit kita, lebih banyak perlindungan hidup untuk seluruh Ukraina! Kami akan membawa alat pertahanan penting baru ke Ukraina.”

Syarat Keanggotaan NATO

NATO mengatakan Ukraina tidak dapat bergabung dengan barisannya sementara perang dengan Rusia berlanjut. Para pemimpinnya pada hari Selasa menegaskan kembali deklarasi tahun 2008 bahwa Ukraina akan bergabung dengan NATO, tetapi juga menegaskan bahwa ini tidak akan terjadi secara otomatis setelah perang berakhir.

"Kami akan berada dalam posisi untuk menyampaikan undangan ke Ukraina untuk bergabung dengan aliansi ketika sekutu setuju dan persyaratan terpenuhi," kata para pemimpin dalam deklarasi tertulis.

Pernyataan itu mengindikasikan NATO perlu melihat kemajuan dalam kemampuan pasukan Ukraina untuk beroperasi dengan pasukan NATO, serta reformasi sektor demokrasi dan keamanan.

Sikap NATO menyoroti perpecahan di antara para anggotanya atas dorongan keanggotaan Kiev.

Anggota NATO di Eropa timur mendukung seruan Kiev untuk rute yang jelas dan cepat menuju keanggotaan, dengan alasan bahwa membawa Ukraina di bawah payung keamanan NATO adalah cara terbaik untuk mencegah Rusia menyerang lagi.

Negara-negara seperti Amerika Serikat dan Jerman lebih berhati-hati, waspada terhadap setiap langkah yang mereka khawatirkan dapat menarik NATO ke dalam konflik langsung dengan Rusia.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengutip prospek Ukraina bergabung dengan NATO sebagai ancaman bagi Rusia. NATO bersikeras itu adalah aliansi defensif tanpa niat menyerang Rusia.

Meskipun tidak mendapatkan apa yang diinginkannya pada keanggotaan di KTT, Ukraina telah menerima janji senjata baru dari anggota NATO.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengatakan Paris akan memasok rudal jelajah jarak jauh. Jerman mengumumkan bantuan baru senilai 700 juta euro (US$ 770 juta), termasuk dua peluncur rudal pertahanan udara Patriot, dan lebih banyak tank dan kendaraan tempur. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home