Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:41 WIB | Senin, 05 Juni 2023

NATO Tekan Turki untuk Setujui Keanggotaan Swedia

Dari kiri, Duta Besar NATO, Zeki Levent Gumrukcu, dari Turki, Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, dan Menteri Luar Negeri Swedia, Tobias Billstrom, menghadiri pertemuan para menteri luar negeri NATO di Oslo, Kamis, 1 Juni 2023. (Foto: Javad Parsa/Pool via AP)

OSLO, SATUHARAPAN.COM-NATO pada hari Kamis (1/6) meningkatkan tekanan pada anggotanya Turki untuk membatalkan keberatannya terhadap keanggotaan Swedia, karena organisasi militer tersebut berusaha untuk menangani masalah tersebut pada saat Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dan rekan-rekannya bertemu bulan depan.

Khawatir bahwa mereka mungkin menjadi sasaran setelah Rusia menginvasi Ukraina tahun lalu, Swedia dan Finlandia meninggalkan posisi tradisional non blok militer mereka untuk mencari perlindungan di bawah payung keamanan NATO. Finlandia menjadi negara anggota ke-31 NATO pada bulan April.

NATO harus setuju dengan suara bulat bagi negara-negara untuk bergabung. Pemerintah Turki menuduh Swedia terlalu toleran terhadap organisasi teroris dan ancaman keamanan, termasuk kelompok militan Kurdi dan orang-orang yang terkait dengan upaya kudeta tahun 2016.

Hongaria juga telah menunda persetujuannya, tetapi alasannya belum diumumkan secara jelas.

“Sudah waktunya bagi Swedia untuk bergabung sekarang,” Menteri Luar Negeri Norwegia, Anniken Huitfeldt, mengatakan kepada wartawan di Oslo, di mana dia menjadi tuan rumah pertemuan dengan rekan-rekannya untuk mempersiapkan KTT NATO 11-12 Juli di Lithuania.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, mengatakan bahwa dia akan melakukan perjalanan ke Ankara “dalam waktu dekat untuk terus membahas bagaimana kami dapat memastikan aksesi Swedia secepat mungkin.” Dia tidak dapat memberikan tanggal pasti untuk perjalanannya.

“Saya yakin Hongaria juga akan meratifikasi protokol aksesi,” kata Stoltenberg.

Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, mengatakan bahwa "penting bagi kita untuk akhirnya dapat menyambut Swedia sebagai anggota ke-32." Dia menekankan bahwa pemerintah Swedia mendapat "dukungan penuh" dari Berlin.

Menteri luar negeri Swedia, Tobias Billström, mengatakan bahwa “sudah waktunya bagi Turki dan Hongaria untuk memulai ratifikasi keanggotaan Swedia ke NATO.” Dia mengatakan bahwa "segala sesuatu (yang) melarang Swedia bergabung dengan NATO akan dilihat sebagai anggur untuk (Presiden Rusia Vladimir) Putin."

Selama berbulan-bulan, Swedia, Finlandia, dan Turki telah mengadakan pembicaraan untuk mencoba mengatasi masalah Ankara. Billström mengatakan bahwa dia mengharapkan hal-hal menjadi jelas pada pertemuan baru "mekanisme bersama permanen" ini dalam beberapa pekan mendatang.

Dia mencatat bahwa pada hari Kamis Swedia telah memperketat undang-undang antiterorismenya. Sekarang adalah ilegal untuk mendanai, merekrut, atau secara terbuka mendorong "organisasi teroris", atau bepergian ke luar negeri dengan maksud untuk bergabung dengan kelompok semacam itu.

Waktunya mungkin sudah matang untuk bergerak. Keanggotaan Swedia terlibat dalam kampanye pemilihan di Turki, yang dimenangkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Minggu. Erdogan juga telah mencari jet tempur AS yang ditingkatkan, dan Washington memberi isyarat pekan ini bahwa mereka mungkin akan dikirimkan.

“Saya berbicara dengan Erdogan dan dia masih ingin mengerjakan sesuatu pada F-16. Saya mengatakan kepadanya bahwa kami menginginkan kesepakatan dengan Swedia. Jadi mari kita selesaikan itu,” kata Biden, hari Senin (29/5).

Pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, menegaskan bahwa masalah keanggotaan Swedia dan jet tempur berbeda. Namun, dia menekankan bahwa penyelesaian keduanya akan secara dramatis memperkuat keamanan Eropa.

“Keduanya penting, menurut penilaian kami, untuk keamanan Eropa,” kata Blinken kepada wartawan. “Kami percaya bahwa keduanya harus maju secepat mungkin; artinya aksesi Swedia dan bergerak maju pada paket F-16 secara lebih luas.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home