Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:50 WIB | Sabtu, 14 Agustus 2021

NOAA: Juli 2021 Rekor Bulan Terpanas

Foto bertanggal Rabu, 17 Februari 2021 ini, sebuah dermaga apung berada di dasar danau laguna Suesca, di Suesca, Kolombia. Laguna, tujuan wisata populer di dekat Bogota yang tidak memiliki anak sungai dan bergantung pada limpasan hujan, telah secara radikal menurunkan permukaan airnya karena bertahun-tahun kekeringan parah di daerah tersebut dan deforestasi serta erosi di sekitarnya. (Foto: AP/Fernando Vergara)

SATUHARAPAN.COM-Bulan Juli adalah bulan terpanas secara global yang pernah tercatat, menurtut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (National Oceanic and Atmospheric Administration/NOAA) Amerika Serikat hari Jumat (13/8).

Data terbaru ini menegaskan tentang krisis iklim. “Juli biasanya adalah bulan terpanas di dunia dalam setahun, tetapi bulan Juli 2021 mengalahkan dirinya dan bulan terpanas yang pernah tercatat,” kata administrator NOAA, Rick Spinrad.

Di seluruh dunia: gabungan suhu permukaan darat dan laut adalah 1,67 derajat F (0,93 derajat C) di atas rata-rata abad ke-20 pada 60,4 derajat F (15,8 derajat C), menjadikannya bulan Juli terpanas sejak pencatatan dimulai 142 tahun lalu . Itu adalah 0,02 derajat F (0,01 derajat C) lebih tinggi dari rekor sebelumnya yang ditetapkan pada Juli 2016, yang kemudian dikalahkan pada 2019 dan 2020.

Belahan Bumi Utara: suhu permukaan darat saja adalah yang tertinggi yang pernah tercatat untuk bulan Juli, pada 2,77 derajat F (1,54 derajat C) lebih p-anas yang belum pernah terjadi sebelumnya di atas rata-rata, melampaui rekor sebelumnya yang ditetapkan pada tahun 2012.

Rekor regional: Asia memiliki rekor bulan Juli terpanas, mengalahkan rekor sebelumnya pada 2010; Eropa mencatat rekor bulan Juli terpanas kedu, sama dengan Juli 2010 dan tertinggal di belakang Juli 2018. Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, dan Oseania semuanya mencatat 10 Juli terpanas.

Dengan data bulan lalu, masih sangat mungkin bahwa tahun 2021 akan berada di antara 10 tahun terpanas di dunia dalam catatan, menurut Outlook Peringkat Suhu Tahunan Global NCEI NOAA.

Panas ekstrem yang dirinci dalam laporan bulanan NCEI NOAA juga merupakan cerminan dari perubahan jangka panjang yang digariskan dalam laporan utama yang dirilis pekan ini oleh Intergovernmental Panel on Climate Change offsite link.

“Para ilmuwan dari seluruh dunia menyampaikan penilaian paling mutakhir tentang cara-cara di mana iklim berubah,” kata Spinrad dalam sebuah pernyataan. “Ini adalah laporan yang serius yang menemukan bahwa pengaruh manusia, secara tegas, menyebabkan perubahan iklim, dan itu menegaskan bahwa dampaknya meluas dan meningkat dengan cepat.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home