Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 13:40 WIB | Minggu, 04 Juli 2021

Pameran Karakter Anjing dalam Karya Komik dan Kartun

Pameran Karakter Anjing dalam Karya Komik dan Kartun
Anne Drozd, koordinator museum di Perpustakaan dan Museum Billy Ireland Cartoon di Ohio State University, berdiri di pintu masuk pameran terbaru, "The Dog Show," pada hari Kamis, 24 Juni 2021, di Columbus, Ohio. (Foto-foto: dok. AP/Andrew Welsh-Huggins)
Pameran Karakter Anjing dalam Karya Komik dan Kartun
Pameran baru tentang anjing dalam kartun dan komik termasuk mainan vinil Charlie Brown and Snoopy dan Dennis the Menace and Ruff, dari koleksi pribadi kurator pameran Brian Walker, dalam foto yang diambil Kamis, 24 Juni 2021, di Columbus, Ohio

OHIO, SATUHARAPAN.COM-Anjing tampaknya menjadi satwa yang faforit bagi para seniman komik dan kartun, untuk diangkat sebagai karakter pada karya mereka. Setidaknya itu di Amerika Serikat.

Dalam komik strip “Beetle Bailey” tahun 1970, karakter yang dikenal sebagai Sarge mencaci maki anjingnya yang mengenakan seragam, Otto, karena kesalahan dokumen.

“Pikirkan, Otto, pikirkan!!” kata Sarge. “Kita semua tidak bisa menjadi Snoopy,” jawab Otto yang sedih.

Pertemuan dua anjing dalam komik strip ikonik ini dipamerkan bersama dengan lusinan gambar lainnya di museum kartun terbesar di dunia sebagai bagian dari presentasi baru tentang sejarah anjing di dunia kartun.

“Pertunjukan Anjing: Dua Abad Kartun Anjing” itu disebutkan untuk pameran di Perpustakaan & Museum Kartun Billy Ireland di Ohio State University. Pameran berlangsung hingga Oktober mendatang.

Dimulai dari Marmaduke

Awal mula pameran ini terjadi ketika mendiang Brad Anderson, pencipta Marmaduke, menyumbangkan koleksinya pada tahun 2018, termasuk 16.000 kartun Marmaduke asli yang dibuat dari tahun 1954 hingga 2010, karya seni orisinal lainnya, korespondensi bisnis, surat penggemar, dan buku.

Hal itu menjadi awal percakapan untuk menggali kedalaman koleksi museum yang luas untuk gambar yang berhubungan dengan anjing, menurut koordinator museum, Anne Drozd.

“Ada begitu banyak komik strip dan kartun majalah dan buku komik, dan begitu banyak contoh berbeda yang memiliki anjing (sebagai karakter) di dalamnya,” kata Drozd. “Sepertinya tidak ada salahnya untuk menyatukan semuanya dalam satu tema yang bisa disukai banyak orang.”

Ada banyak kucing pencuri dalam adegan pada kartun, termasuk Garfield karya Jim Davis dan boneka harimau yang menjadi hidup dalam "Calvin and Hobbes" karya Bill Watterson. Tapi kepribadian anjing membuat mereka sangat cocok untuk bentuk komik, kata kurator pameran, Brian Walker.

“Anjing memiliki keinginan itu, mereka bertujuan untuk menyenangkan, jadi mereka benar-benar membuat karakter kartun yang sangat bagus,” kata Walker, kartunis dan sejarawan kartun dan putra Mort Walker, pencipta Beetle Bailey.

Meskipun Otto pertama kali muncul di Beetle Bailey pada tahun 1956, ia adalah anjing berkaki empat biasa sampai sekitar tahun 1970 ketika Mort Walker mengantropomorfisasinya, memberikan Otto seragam dan mejanya sendiri, kemungkinan berkat pengaruh Snoopy di strip “Peanuts” karya Charles Schutz, kata Brian Walker.

Gambar tertua dalam pameran tersebut adalah cetakan ulang ilustrasi cuaca buruk karya seniman Inggris George Cruikshank pada "hujan kucing dan anjing".

Anjing-anjing yang Terkenal

Bergerak selama bertahun-tahun, pameran ini mencakup anjing-anjing terkenal seperti "Sandy" dari Little Orphan Annie, "Daisy" dari Blondie dan "Dogbert" dari strip Dilbert Scott Adams. Anjing kartun majalah New Yorker yang kurus dari George Booth, serta gambar oleh kartunis surat kabar alternatif Lynda Barry, dan "Trots and Bonnie" karya Shary Flenniken, tentang seorang gadis dan anjingnya yang berbicara yang muncul di "National Lampoon" dari tahun 1972 hingga 1990.

Ada karakter terkenal seperti "Dog Man" dari seri buku kartunis Dave Pilkey, tetapi juga mutt yang kurang dikenal, termasuk enam strip dari seri Dick Tracy tahun 1940-an yang menampilkan seorang Boxer bernama "Mugg" yang menjadi detektif terkenal.

Pameran ini juga mencakup video yang menyoroti anjing dalam animasi seperti Scooby-Doo, Huckleberry Hound, Underdog, Disney's Pluto and Goofy, Slinky the Dog dari film "Toy Story", dan bahkan Santa's Little Helper dari "The Simpsons."

Brian Walker mengatakan gambar favoritnya dalam pameran itu berasal dari film Disney klasik "Lady and the Tramp," yang menunjukkan adegan di mana anjing-anjing makan di sebuah restoran Italia.

"Mereka berdua makan spageti yang sama dan bibir mereka menyatu dan mereka jatuh cinta," kata Walker. “Tidak ada yang lebih baik dari itu.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home