Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 11:04 WIB | Minggu, 03 September 2023

Partai Demokrat Cabut Dukungan pada Anies Baswedan dan Keluar dari Koalisi Perubahan dan Persatuan

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Alfian Mallarangeng, mengumumkan secara resmi Demokrat mencabut dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024 saat jumpa pers di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/9/2023). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Partai Demokrat resmi mencabut dukungannya untuk bakal calon presiden (Capres) Anies Baswedan sekaligus keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) setelah Majelis Tinggi Partai Demokrat menggelar rapat di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, hari Jumat (1/9).

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Alfian Mallarangeng, mengatakan, "Setelah rapat, Majelis Tinggi Partai memutuskan sebagai berikut; yang pertama, Partai Demokrat mencabut dukungan kepada Saudara Anies Baswedan sebagai (bakal) calon presiden dalam Pilpres 2024. Kedua, Partai Demokrat tidak lagi berada dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) karena telah terjadi pengingkaran terhadap kesepakatan yang dibangun selama ini."

Sebelumnya, hari Kamis (31/8), pihak Partai Demokrat mengumumkan bahwa Partai NasDem membuat keputusan sepihak dengan membentuk kerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus menetapkan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, sebagai bakal Capres pendamping Anies.

Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memutuskan menerima tawaran kerja sama politik yang diajukan Partai NasDem untuk menduetkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Keputusan tersebut ditetapkan usai rampungnya rapat pleno gabungan DPP PKB yang digelar di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah PKB Jawa Timur, hari Jumat sore. Dan pada hari Sabtu PKB dan Nasdem secara resmi mengumumkan pencalonan Anise Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan yang akan diajukan sebagai Capres dan Cawapres.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home