Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:55 WIB | Jumat, 05 April 2024

Pasien Transplantasi Ginjal Babi Pertama Sehat dan Pulang dari Rumah Sakit

Pasien Transplantasi Ginjal Babi Pertama Sehat dan Pulang dari Rumah Sakit
Slayman bersama (kiri ke kanan) Dr. Leo Riella, Direktur Medis Transplantasi Ginjal, Dr. Nahel Elias, Kepala Sementara, Divisi Bedah Transplantasi, rekannya, Faren, dan Dr. Tatsuo Kawai, Direktur, Pusat Toleransi Transplantasi Klinis Legoretta. (Foto-foto: Rumah Sakit Umum Michelle Rose/Massachusetts via CNN)
Pasien Transplantasi Ginjal Babi Pertama Sehat dan Pulang dari Rumah Sakit
Rick Slayman, orang pertama yang menerima transplantasi ginjal babi.

MASSACHUSSET, SATUHARAPAN.COM-Orang pertama yang menerima transplantasi ginjal dari babi telah keluar dari rumah sakit, kata Rumah Sakit Umum Massachusetts (MGH) di X. Pria berusia 62 tahun itu dipulangkan dua pekan setelah operasi pertama di rumah sakit.

“Kami dengan senang hati menyampaikan bahwa hari ini, Rick Slayman, pasien pertama kami yang menerima transplantasi ginjal babi yang diedit secara genetik, telah keluar dari rumah sakit. Dia pulih dengan baik dan akan terus memulihkan diri di rumah bersama keluarganya,” kata rumah sakit di samping gambar pasien dan dokternya di X.

Richard “Rick” Slayman telah berjuang melawan penyakit ginjal stadium akhir dan memerlukan transplantasi organ, menurut siaran pers rumah sakit.

Dia telah menderita diabetes tipe 2 dan hipertensi selama bertahun-tahun dan sebelumnya menerima transplantasi ginjal dari donor manusia yang telah meninggal pada bulan Desember 2018. Namun, ginjal yang ditransplantasikan tersebut menunjukkan tanda-tanda kegagalan sekitar lima tahun kemudian.

Pada tanggal 16 Maret, dokter berhasil mentransplantasikan ginjal babi yang diedit secara genetik ke dalam tubuhnya melalui operasi yang memakan waktu empat jam. Para dokter mengatakan ginjal Slayman sekarang berfungsi dengan baik dan dia tidak lagi menjalani cuci darah.

Keberhasilan operasi ini dipuji secara luas oleh para ilmuwan sebagai tonggak sejarah dalam bidang transplantasi setelah bertahun-tahun transplantasi organ dari babi hasil rekayasa genetika gagal di masa lalu.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh rumah sakit, Slayman berkata, “Momen ini – meninggalkan rumah sakit hari ini dengan salah satu kesehatan terbersih yang pernah saya alami dalam waktu yang lama – adalah momen yang saya harap akan terjadi selama bertahun-tahun. Sekarang, itu adalah kenyataan dan salah satu momen paling membahagiakan dalam hidup saya.”

Slayman, seorang manajer berusia 62 tahun di Departemen Transportasi Massachusetts, sebelumnya mengatakan dokternya menyarankan agar dia mencoba ginjal babi ketika dia didiagnosis menderita penyakit ginjal stadium akhir tahun lalu.

Dokternya mengatakan bulan lalu bahwa mereka mengira ginjal baru Slayman bisa bertahan bertahun-tahun, namun juga mengakui bahwa ada banyak hal yang belum diketahui dalam transplantasi hewan ke manusia.

Operasi yang dilakukannya merupakan xenotransplantasi organ babi yang ketiga ke manusia hidup. Dua transplantasi pertama adalah transplantasi jantung ke pasien hidup yang kehabisan pilihan transplantasi lainnya. Organ-organ tersebut ditransplantasikan berdasarkan peraturan khusus yang mengizinkan penggunaan terapi eksperimental untuk pasien dalam situasi yang sangat mengerikan. Kedua pasien tersebut meninggal beberapa pekan setelah menerima organ mereka.

Slayman mengaku bersyukur atas respon terhadap operasinya, terutama dari pasien lain yang sedang menunggu transplantasi ginjal.

CNN Melaporkan bahwa kebutuhan akan organ jauh melebihi jumlah yang tersedia. Setiap hari 17 orang meninggal di AS saat menunggu organ. Ginjal adalah organ yang persediaannya paling sedikit. Menurut Jaringan Pengadaan dan Transplantasi Organ, sekitar 27.000 ginjal ditransplantasikan pada tahun 2023, namun hampir 89.000 orang berada dalam daftar tunggu untuk mendapatkan organ tersebut.

“Hari ini menandai awal yang baru tidak hanya bagi saya, tetapi juga bagi mereka,” kata Slayman dalam pernyataannya. (dengan CNN)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home