Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:24 WIB | Selasa, 26 Juli 2022

Paus Fransiskus: Itu Kesalahan Besar, “Saya Sangat Menyesal”

Paus Fransiskus: Itu Kesalahan Besar, “Saya Sangat Menyesal”
Paus Fransiskus mengenakan penutup kepala pribumi selama pertemuan dengan komunitas pribumi, termasuk First Nations, Metis dan Inuit, di Gereja Katolik Our Lady of Seven Sorrows di Maskwacis, dekat Edmonton, Kanada, Senin, 25 Juli 2022. (Foto: AP/Gregorio Borgia)
Paus Fransiskus: Itu Kesalahan Besar, “Saya Sangat Menyesal”
Masyarakat adat mengangkat spanduk bertuliskan nama-nama korban sambil menunggu Paus Fransiskus saat berkunjung ke Maskwaci, bekas Sekolah Perumahan Ermineskin, Senin, 25 Juli 2022, di Maskwacis, Alberta. (Foto: AP/Eric Gay)
Paus Fransiskus: Itu Kesalahan Besar, “Saya Sangat Menyesal”
Paus Fransiskus pergi bersama masyarakat adat setelah berdoa di pemakaman di bekas sekolah perumahan, di Maskwacis, dekat Edmonton, Kanada, Senin, 25 Juli 2022. (Foto: AP/Gregorio Borgia)

MASKWACIS, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus menyampaikan permintaan maaf bersejarah pada hari Senin (25/7) atas kerja sama Gereja Katolik dengan kebijakan "bencana" Kanada tentang sekolah perumahan pribumi. Dia mengatakan asimilasi paksa penduduk asli ke dalam masyarakat Kristen menghancurkan budaya mereka, keluarga yang terputus dan generasi yang terpinggirkan.

“Saya sangat menyesal,” kata Francis disambut tepuk tangan dari para penyintas sekolah dan anggota komunitas pribumi yang berkumpul di bekas sekolah perumahan di selatan Edmonton, Alberta. Dia menyebut kebijakan sekolah itu sebagai "kesalahan besar" yang tidak sesuai dengan Injil dan mengatakan penyelidikan lebih lanjut dan penyembuhan diperlukan.

“Saya dengan rendah hati memohon pengampunan atas kejahatan yang dilakukan oleh begitu banyak orang Kristen terhadap masyarakat adat,” kata Paus Fransiskus.

Dalam acara pertama "ziarah pertobatan" selama sepekan, Paus Fransiskus melakukan perjalanan ke empat negara Cree untuk berdoa di pemakaman dan kemudian menyampaikan permintaan maaf yang telah lama dituntut di tempat upacara powwow terdekat. Didampingi empat kepala mengawal, Paus dengan kursi roda menuju ke lokasi dekat bekas Sekolah Perumahan India Ermineskin, dan dia menerima hiasan kepala berbulu setelah dia berbicara, menjadikannya pemimpin kehormatan komunitas.

Kata-kata Fransiskus melampaui permintaan maafnya sebelumnya atas pelanggaran “menyedihkan” yang dilakukan oleh para misionaris dan sebagai gantinya mengambil tanggung jawab institusional atas kerja sama gereja dengan kebijakan asimilasi “bencana” Kanada, yang menurut Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi negara itu sama dengan “genosida budaya.”

Lebih dari 150.000 anak pribumi di Kanada dipaksa menghadiri sekolah Kristen yang didanai pemerintah dari abad ke-19 hingga 1970-an dalam upaya untuk mengisolasi mereka dari pengaruh rumah dan budaya mereka. Tujuannya adalah untuk mengkristenkan dan mengasimilasi mereka ke dalam masyarakat arus utama, yang dianggap lebih unggul oleh pemerintah Kanada sebelumnya.

Ottawa telah mengakui bahwa kekerasan fisik dan seksual merajalela di sekolah, dengan siswa dipukuli karena berbicara bahasa ibu mereka. Warisan pelecehan dan isolasi dari keluarga itu telah dikutip oleh para pemimpin Pribumi sebagai akar penyebab tingkat epidemi kecanduan alkohol dan narkoba sekarang di reservasi Kanada.

Penemuan ratusan situs pemakaman potensial di bekas sekolah pada tahun lalu menarik perhatian internasional ke sekolah-sekolah di Kanada dan rekan-rekan mereka di Amerika Serikat. Pengungkapan itu mendorong Paus Fransiskus untuk mematuhi seruan komisi kebenaran untuk permintaan maaf di tanah Kanada; Ordo agama Katolik mengoperasikan 66 dari 139 sekolah tempat tinggal di negara itu.

Mencerminkan emosi yang saling bertentangan hari itu, beberapa orang di antara kerumunan menangis ketika Paus berbicara, sementara yang lain bertepuk tangan atau tetap diam mendengarkan kata-katanya, yang disampaikan dalam bahasa Spanyol asli dengan terjemahan bahasa Inggris. Yang lain memilih untuk tidak hadir sama sekali.

"Saya telah menunggu 50 tahun untuk permintaan maaf ini, dan akhirnya hari ini saya mendengarnya," kata korban selamat, Evelyn Korkmaz. “Sebagian dari diriku bergembira, sebagian diriku sedih, sebagian diriku mati rasa.” Dia menambahkan, bagaimanapun, bahwa dia berharap untuk mendengar "rencana kerja" dari Paus tentang apa yang akan dia lakukan selanjutnya untuk berdamai, termasuk merilis file gereja tentang anak-anak yang meninggal di sekolah.

Banyak di antara kerumunan yang mengenakan pakaian tradisional, termasuk rok pita warna-warni dan rompi dengan motif Pribumi. Yang lain mengenakan kemeja oranye, yang telah menjadi simbol yang selamat dari sekolah, mengingat kisah seorang perempuan yang kemeja oranye kesayangannya, hadiah dari neneknya, disita di sebuah sekolah dan diganti dengan seragam.

“Ini adalah sesuatu yang dibutuhkan, tidak hanya untuk didengar orang tetapi juga agar gereja bertanggung jawab,” kata Sandi Harper, yang bepergian dengan saudara perempuannya dan kelompok gereja dari Saskatchewan untuk menghormati mendiang ibu mereka, yang bersekolah di sekolah perumahan.

“Dia menyadari jalan menuju rekonsiliasi ini akan memakan waktu, tetapi dia benar-benar setuju dengan kami,” katanya, menyebut permintaan maaf itu “asli.”

Terlepas dari kekhidmatan acara tersebut, suasananya kadang-kadang tampak menyenangkan: para kepala suku masuk ke tempat lokasi dengan dentuman drum yang menghipnotis, para tetua menari dan orang banyak bersorak dan meneriakkan lagu-lagu perang, lagu-lagu kemenangan dan akhirnya lagu penyembuhan. Para peserta mengarak spanduk merah panjang melalui halaman bertuliskan nama lebih dari 4.000 anak yang meninggal atau tidak pernah pulang dari sekolah tempat tinggal; Paus Fransiskus kemudian menciumnya.

“Saya tidak kecewa. Itu adalah peristiwa yang sangat penting,” kata Phil Fontaine, seorang penyintas sekolah perumahan dan mantan ketua Majelis Bangsa-bangsa Pertama yang mempublikasikan kisahnya tentang pelecehan seksual pada 1990-an.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, yang tahun lalu meminta maaf atas “kebijakan pemerintah yang sangat berbahaya”, juga hadir, bersama dengan pejabat lainnya.

Sebagai bagian dari penyelesaian gugatan melibatkan pemerintah, gereja dan sekitar 90.000 orang yang selamat, Kanada membayar reparasi yang berjumlah miliaran dolar yang ditransfer ke komunitas Pribumi. Gereja Katolik Kanada mengatakan keuskupan dan ordo keagamaannya telah memberikan lebih dari US$50 juta dalam bentuk uang tunai dan sumbangan barang dan berharap untuk menambah US$30 juta lebih selama lima tahun ke depan.

Sementara Paus mengakui kesalahan, dia juga menjelaskan bahwa misionaris Katolik hanya bekerja sama dengan dan menerapkan kebijakan pemerintah, yang dia sebut sebagai "mentalitas penjajah dari kekuatan." Khususnya dia tidak merujuk pada dekrit kepausan abad ke-15 yang memberikan dukungan agama kepada kekuatan kolonial Eropa sejak awal.

Jeremy Bergen, pakar dalam kasus permintaan maaf gereja dan profesor studi agama dan teologi di Conrad Grebel University College di Waterloo, Ontario, mengatakan bahwa Paus Fransiskus menjelaskan bahwa dia meminta pengampunan atas tindakan "anggota gereja" tetapi bukan institusi secara keseluruhan.

“Idenya adalah, sebagai Tubuh Kristus, gereja itu sendiri tidak berdosa,” katanya melalui email. “Jadi, ketika umat Katolik melakukan hal-hal buruk, mereka tidak benar-benar bertindak atas nama gereja,” tambah Bergen, mencatat bahwa itu adalah ide kontroversial yang tidak disetujui oleh banyak teolog Katolik.

Paus Fransiskus mengatakan sekolah-sekolah itu meminggirkan generasi, menekan bahasa Pribumi, menyebabkan pelecehan fisik, verbal, psikologis dan spiritual dan “hubungan yang tak terhapuskan antara orang tua dan anak-anak, kakek-nenek dan cucu.” Dia menyerukan penyelidikan lebih lanjut, kemungkinan referensi tuntutan untuk akses lebih lanjut ke catatan gereja dan file personalia para imam dan biarawati untuk mengidentifikasi pelaku pelanggaran.

“Meskipun amal Kristen tidak absen, dan ada banyak contoh pengabdian dan perawatan yang luar biasa untuk anak-anak, dampak keseluruhan dari kebijakan yang terkait dengan sekolah perumahan adalah bencana besar,” kata Paus Fransiskus. “Apa yang dikatakan oleh iman Kristen kami adalah bahwa ini adalah kesalahan yang membawa bencana, tidak sesuai dengan Injil Yesus Kristus.”

Paus pertama dari Amerika itu bertekad untuk melakukan perjalanan ini, meskipun ligamen lutut yang robek memaksanya untuk membatalkan kunjungan ke Afrika awal bulan ini.

Kunjungan enam hari, termasuk ke Kota Quebec dan Iqaluit, Nunavut, di ujung utara, mengikuti pertemuan yang diadakan Paus Fransiskus pada musim semi di Vatikan dengan delegasi First Nations, Metis dan Inuit. Pertemuan-pertemuan itu memuncak dengan permintaan maaf Fransiskus pada 1 April atas pelanggaran "menyedihkan" di sekolah-sekolah perumahan dan janji untuk melakukannya lagi di tanah Kanada.

Paus Fransiskus ingat bahwa salah satu delegasi memberinya satu set mokasin manik-manik sebagai simbol anak-anak yang tidak pernah kembali dari sekolah, dan memintanya untuk mengembalikannya di Kanada. Paus Fransiskus mengatakan dalam bulan-bulan ini mereka “menyimpan rasa sedih, marah, dan malu saya” tetapi dengan mengembalikan mereka, dia berharap mereka juga dapat mewakili jalan untuk berjalan bersama.

Penyelenggara acara memiliki konselor kesehatan mental pada hari Senin, mengetahui acara itu bisa traumatis bagi sebagian orang.

Pada hari Senin, Fransiskus mengunjungi Gereja Hati Kudus Rakyat Pertama, sebuah paroki Edmonton yang suakanya didedikasikan pekan lalu setelah dipulihkan dari kebakaran. Gereja menggabungkan bahasa dan adat istiadat Pribumi dalam liturgi, dan keduanya dipamerkan selama acara tersebut, dengan lagu-lagu rakyat dan drum dan memberikan latar belakang kunjungan Paus. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home