Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:43 WIB | Jumat, 05 April 2024

Pemilu Lokal Turki: Kemunduran Bagi Erdogan, Oposisi Menang Besar

Pendukung Partai Rakyat Republik, atau CHP, berkumpul di luar Balai Kota di Ankara, hari Minggu, 31 Maret 2024. (Foto: AP/Ali Unal)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Partai oposisi utama Turki mempertahankan kendalinya atas kota-kota utama dan meraih kemenangan besar di tempat lain dalam pemilu lokal hari Minggu b(31/3), yang merupakan kekecewaan besar terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang telah bertekad untuk merebut kembali kendali atas wilayah perkotaan tersebut.

Dengan lebih dari 90% kotak suara telah dihitung, Walikota Istanbul, Ekrem Imamoglu, dari Partai Rakyat Republik, atau CHP, memimpin dengan selisih yang besar di kota dan pusat ekonomi terbesar di Turki, menurut Anadolu Agency yang dikelola pemerintah. Mansur Yavas, wali kota ibu kota Ankara, mempertahankan kursinya dengan selisih 25 poin yang menakjubkan atas penantangnya, demikian hasil yang ditunjukkan.

Secara keseluruhan, CHP memenangkan pemilihan kota di 36 dari 81 provinsi di Turki, menurut Anadolu, sehingga membuat terobosan ke banyak kubu partai Erdogan. Partai ini memperoleh 37% suara secara nasional, dibandingkan dengan 36% yang diperoleh partai presiden, menandai kemenangan pemilu terbesar CHP sejak Erdogan berkuasa dua dekade lalu.

Erdogan mengakui kemunduran pemilu dalam pidatonya yang disampaikan dari balkon istana presiden, dan mengatakan bahwa partainya telah “kehilangan popularitas” di seluruh Turki. Masyarakat menyampaikan “pesan” yang akan “dianalisis” oleh partainya dengan melakukan kritik diri yang “berani”, katanya.

“Sayangnya, sembilan bulan setelah kemenangan kami pada pemilu 28 Mei, kami tidak bisa mendapatkan hasil yang kami inginkan dalam pemilu lokal,” tambah Erdogan. “Kami akan memperbaiki kesalahan kami dan memperbaiki kekurangan kami.”

Dia berjanji untuk terus melanjutkan program ekonomi yang diperkenalkan tahun lalu yang bertujuan memerangi inflasi.

Pemungutan suara tersebut dipandang sebagai barometer popularitas Erdogan ketika ia berusaha untuk memenangkan kembali kendali atas daerah-daerah perkotaan utama yang ia kalahkan dari oposisi dalam pemilu lima tahun lalu. Kemenangan CHP di Ankara dan Istanbul pada tahun 2019 telah menghancurkan aura tak terkalahkan Erdogan.

Medan pertempuran utama bagi presiden Turki berusia 70 tahun itu adalah Istanbul, kota berpenduduk 16 juta orang tempat ia dilahirkan dan dibesarkan serta memulai karir politiknya sebagai wali kota pada tahun 1994.

Hasil ini merupakan dorongan bagi oposisi, yang terpecah dan mengalami demoralisasi setelah kekalahan dari Erdogan dan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berorientasi Islam, dalam pemilihan presiden dan parlemen tahun lalu.

“Para pemilih memutuskan untuk membentuk tatanan politik baru di Turki,” kata pemimpin CHP, Ozgur Ozel, kepada kerumunan pendukungnya yang bergembira. “Hari ini, para pemilih memutuskan untuk mengubah gambaran Turki selama 22 tahun dan membuka pintu menuju iklim politik baru di negara kami.”

Sementara itu, banyak orang berkumpul di luar Balai Kota Ankara untuk merayakan kemenangan Yavas. “Ankara bangga padamu!” teriak para pendukung.

Sinan Ulgen, direktur lembaga pemikir Edam yang berbasis di Istanbul, mengatakan “hasil yang mengejutkan” ini disebabkan oleh para pemilih yang ingin menghukum partai yang berkuasa atas “kelesuan ekonomi yang parah.” Meroketnya inflasi telah membuat banyak rumah tangga Turki kesulitan untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok.

Pendukung AKP memilih menjauh dari tempat pemungutan suara atau memilih partai lain, kata Ulgen. “Jumlah pemilih relatif rendah dibandingkan pemilu sebelumnya,” katanya. “Ada pergeseran suara lintas partai, yang tidak terjadi pada pemilu tingkat nasional karena keterikatan ideologis yang lebih kuat. Kali ini perekonomian lebih diutamakan daripada identitas.”

Sekitar 61 juta orang, termasuk lebih dari satu juta pemilih pemula, berhak memberikan suara untuk semua kota metropolitan, wali kota dan distrik serta administrasi lingkungan.

Jumlah pemilih yang hadir sekitar 76%, menurut Anadolu Agency yang dikelola pemerintah, dibandingkan dengan 87% pada tahun lalu.

Sekitar 594.000 personel keamanan bertugas di seluruh negeri untuk memastikan pemungutan suara berjalan lancar. Namun demikian, satu orang tewas dan 11 lainnya terluka di kota Diyarbakir di mana perselisihan mengenai pemilihan pengurus lingkungan berubah menjadi kekerasan, menurut laporan Anadolu Agency yang dikelola pemerintah. Setidaknya enam orang juga terluka dalam pertempuran yang terjadi di provinsi terdekat Sanliurfa.

“Berdasarkan data yang kami peroleh, tampaknya kepercayaan warga terhadap kami, kepercayaan mereka terhadap kami telah membuahkan hasil,” kata Imamoglu.

Imamoglu memenangkan 50,6% suara di Istanbul, sementara kandidat AKP, Murat Kurum, mantan menteri urbanisasi dan lingkungan hidup, memperoleh 40,5%, menurut Anadolu. Jajak pendapat menunjukkan persaingan yang ketat antara keduanya.

Imamoglu, seorang tokoh populer yang disebut-sebut sebagai calon penantang Erdogan di masa depan, mencalonkan diri tanpa dukungan dari beberapa partai yang membantunya meraih kemenangan pada tahun 2019. Baik Partai Kesetaraan dan Demokrasi Rakyat yang pro Kurdi maupun Partai IYI yang nasionalis mencalonkan diri kandidatnya dalam perlombaan.

Aliansi oposisi enam partai yang dipimpin oleh CHP hancur setelah gagal menggulingkan Erdogan pada pemilu tahun lalu, tidak mampu memanfaatkan krisis ekonomi dan respon pemerintah yang awalnya buruk terhadap gempa bumi dahsyat tahun lalu yang menewaskan lebih dari 53.000 orang.

Ulgen mengatakan hasil ini telah mendorong Imamoglu untuk mengambil peran tersebut. Ini adalah salah satu kemungkinan pemimpin oposisi yang akan menantang Erdogan sebagai presiden pada tahun 2028.

“Hasil ini tentu saja menjadi titik balik bagi Imamoglu,” katanya. “Dia akan muncul sebagai kandidat alami dari oposisi untuk putaran pemilihan presiden berikutnya. Sebuah partai baru yang bersifat religius-konservatif, Partai Kesejahteraan Baru, atau YRP, tampaknya telah menarik suara dari para pendukung AKP yang kecewa dengan cara pemerintah menangani perekonomian.

Di wilayah tenggara Turki yang mayoritas penduduknya adalah suku Kurdi, Partai DEM diperkirakan akan memenangkan banyak kotamadya, namun masih belum jelas apakah partai tersebut akan diizinkan untuk mempertahankan kota-kota tersebut. Pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintahan Erdogan mencopot wali kota terpilih yang pro Kurdi dari jabatannya karena diduga memiliki hubungan dengan militan Kurdi dan menggantinya dengan pejabat yang ditunjuk oleh negara.

Para analis mengatakan, penampilan kuat partai Erdogan akan memperkuat tekadnya untuk menerapkan konstitusi baru – konstitusi yang akan mencerminkan nilai-nilai konservatifnya dan memungkinkan dia untuk memerintah setelah tahun 2028 ketika masa jabatannya saat berakhir.

Erdogan, yang telah memimpin Turki selama lebih dari dua dekade – sebagai perdana menteri sejak tahun 2003 dan presiden sejak tahun 2014 – telah menganjurkan konstitusi baru yang akan mengedepankan nilai-nilai kekeluargaan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home