Loading...
RELIGI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 12:30 WIB | Minggu, 27 Juli 2014

Penetapan Idul Fitri 2014 NU dan Muhammadiyah Kemungkinan Sama

Pemantauan Hilal. (Foto: nu.or.id)

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur memprediksi 1 Syawal 1435 Hijriah sebagai tanda perayaan Idul Fitri tahun ini dalam perhitungan NU dan Muhammadiyah berpotensi akan jatuh pada waktu yang sama pada 28 Juli 2014.

"Potensi kebersamaan Idul Fitri itu untuk tahap awal dapat diketahui dari aspek hisab dalam komunitas NU," kata koordinator Rukyatul Hilal PWNU Jatim HA Sholeh Hayat di Surabaya, Sabtu (26/7).

Menurut dia, ada tujuh hasil hitungan dengan tujuh sistem yang hasilnya mendekati kebersamaan tentang saat terjadinya ijtimak unnayyi ren (konjungsi saat matahari dan rembulan bertemu sebagai pertanda astronomi awal lahirnya hilal/sabit).

"Walau demikian, keputusan terakhir ada pada Sidang Itsbat Menteri Agama pada Minggu (27/7) pukul 19.30 WIB. Insya-Alllah rukyat berhasil di antara 61 lokasi se-Indonesia," katanya.

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1435 Hijriah jatuh pada 28 Juli 2014 berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal.

Berdasarkan hisab hakiki dengan kriteria wujudul hilal tersebut mencatat bahwa ijtimak menjelang Syawal 1435 Hijriah terjadi pada 27 Juli 2014 pukul 05.43.39 WIB atau pagi hari yang berarti sudah terjadi ijtimak, karena ijtimak terjadi sebelum terbenam matahari. 

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin dijadwalkan menjadi khotib Sholat Idul Fitri 1435 H di lapangan Oro-oro, Kawasan Gumuk Pasir Parangtritis, Kretek, Bantul, pada hari Senin (28/7).

Kementerian Agama pun bersiap untuk menggelar sidang itsbat (penetapan) awal Syawwal yang akan dilaksanakan pada Minggu.

“Sidang itsbat akan dilakukan pada Minggu sore dan seperti biasa dihadiri tokoh-tokoh ormas Islam, pakar astronimi dan perwakilan Negara sahabat,” kata Menag Lukman Hakim Saifuddin kepada pers usai buka bersama dengan tokoh agama dan wartawan koordinatoriat Kementerian Agama, Jumat (25/7). (Ant/muhammadiyah.or.id/kemenag.go.id)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home