Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 17:53 WIB | Rabu, 02 November 2022

Pertemuan Tokoh Agama R20 Digelar di Nusa Dua, Bali

Delegasi pemimpin agama dari berbagai negara di pembukaan R20 di Nusa Dua Bali, Selasa (2/11). (Foto: Humas Kemenag)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM-Forum para pemimpin agama dunia atau Forum Religion Twenty (R20) dalam rangkaian kegiatan G20, berlangsung di Nusa Dua, Bali hari Rabu (2/11).

Ajang pertemuan para pemimpin agama dunia kali pertama yang diinisiasi Nadhalatul Ulama (NU) dan Liga Muslim Dunia ini digelar pada 2-3 November 2022.

Hadir dalam pembukaan R20, Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf,  Sekretaris Jenderal Rabitah al-'Alam al-Islami atau Liga Muslim Dunia, Syekh Mohammed Al-Issa, dan para pemimpin agama dari berbagai negara lainnya.

Hadir juga sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Menkopolhukam, Mahfud MD, Menteri BUMN, Erick Thohir, Menko PMK, Muhadjir Effendy, dan mantan Wapres, Jusuf Kalla.

Pembukaan R20 yang mengusung tema Revealing, Nurturing, Religion as A Source of Global Solutions ditandai dengan penabuhan rebana oleh Rais 'Aam PBNU, Ketum PBNU, Sekretaris Liga Muslim Dunia, Menag Yaqut Cholil Qoumas, para Menteri dan tokoh lainnya.

Salah satu misi dari gelaran forum R20 ini yaitu mengajak para pemimpin agama untuk mengidentifikasi dan merangkul nilai-nilai mulia yang bersumber dari agama dan peradaban besar dunia.

Jokowi Ajak Agama Berkontribusi Selesaikan Masalah Dunia

Presiden Joko Widodo dalam sambutan yang ditayangkan lewat video saat pembukaan R20 mengajak para delegasi-delegasi negara yang hadir untuk bertukar gagasan demi meningkatkan kontribusi agama dalam penyelesaian masalah dunia.

"Kehadiran bapak dan ibu di forum ini sangat membanggakan kami. Indonesia ingin belajar dari bapak ibu sekalian yang hadir dari berbagai negara. Kami rakyat Indonesia juga siap berbagi pengalaman," kata Presiden Jokowi, Selasa (2/11/2022).

Menurut Jokowi, para tokoh dunia dari berbagai agama harus bekerja sama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia untuk mengurangi rivalitas dan menghentikan perang demi dunia yang damai, dunia yang bersatu, dan dunia yang bekerja sama untuk mewariskan kebaikan bagi generasi mendatang.

Presiden Jokowi juga menyampaikan kemajemukan yang dimiliki Indonesia mulai dari suku, bahasa, hingga agama yang dipersatukan oleh ideologi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

R20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali ini dihadiri 150 tokoh lintas agama dunia dan 250 partisipan domestik.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home