Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 15:49 WIB | Selasa, 23 Mei 2023

Peserta Didik SPK BPK PENABUR Jakarta Mencatat Prestasi Gemilang di World Scholar's Cup 2023 Regional Round

Peserta Didik SPK BPK PENABUR Jakarta Mencatat Prestasi Gemilang di World Scholar's Cup 2023 Regional Round
ilustrasi pemenang lomba (foto : BPKPENABURJakarta)
Peserta Didik SPK BPK PENABUR Jakarta Mencatat Prestasi Gemilang di World Scholar's Cup 2023 Regional Round
Nama peserta didik SPK BPK PENABUR Jakarta yang berhasil meraih prestasi pada World Scholar’s Cup 2023 tingkat Regional Round selengkapnya (foto : BPKPENABURJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM, Kontingen SMP dan SMA SPK BPK PENABUR Jakarta berhasil meraih 173 total medali pada World Scholar’s Cup 2023 tingkat Regional Round yang berlangsung pada tanggal 6-8 Mei 2023. Sebanyak 35 peserta didik mengikuti kegiatan ini, yang merupakan tahapan kompetisi pertama dimana peserta didik dari berbagai daerah di Indonesia ikut berpartisipasi. 

World Scholar’s Cup adalah sebuah kompetisi internasional yang dimulai pada tahun 2007 dan diikuti oleh berbagai negara setiap tahun. Kompetisi ini mempertandingkan empat jenis keterampilan yaitu Team Debate, Scholar’s Challenge, Scholar’s Bowl, dan Collaborative Writing. Pada tahun 2023 World Scholar’s Cup mengusung tema “Reconstructing the Past”.

Pada kategori Team Debate para peserta didik secara tim melakukan debat dengan tiga tim lainnya dari berbagai sekolah. Peserta didik diuji dalam mempertahankan argumen dari berbagai sumber terpercaya. Dalam Scholar’s Challenge, peserta didik diuji dengan sejumlah pertanyaan tertulis sesuai tema yang telah ditentukan. Sedangkan di Scholar’s Bowl, peserta didik diperhadapkan dengan level pertanyaan yang lebih sulit dari sebelumnya, kerja sama tim dituntut untuk bisa menyelesaikannya. Untuk kategori Collaborative Writing, dirancang menguji kemampuan peserta didik secara individu dan tim dalam menulis.

“Saya mempersiapkan diri dengan berlatih agar lebih berani dalam berdebat, meningkatkan daya ingat untuk kompetisi Scholars Bowl dan Scholars Challenge, dan mulai menulis berbagai artikel dengan beragam topik, sehingga dapat membuat artikel menarik pada kompetisi Collaborative Writing.” tutur Matthew Farrell Dharsono, peserta didik SPK SMAK PENABUR Tanjung Duren. Matthew menambahkan, dia mulai berlatih sejak dipilih oleh salah satu guru pendamping untuk bergabung dalam tim pada bulan Februari 2023. 

Josephine J. Yonatan, tenaga pendidik SPK PENABUR Tanjung Duren menyampaikan, “Kami juga mengadakan sparing bagi peserta didik dengan tim SPK PENABUR Kelapa Gading, agar peserta didik terbiasa dalam menghadapi pertandingan.” ujarnya.

Matthew bersama dengan tim bersyukur atas prestasi yang diraih dalam kompetisi ini. “Sekolah sangat membantu saya dan tim mulai dari tahapan pendaftaran, lalu latihan debat, menulis, hingga  menyediakan transportasi saat mengikuti kompetisi.” ujar Matthew. 

Selanjutnya, para peserta didik SPK BPK PENABUR Jakarta yang lolos tingkat Regional Round, akan mempersiapkan diri mengikuti kompetisi tingkat Global Rounds yang berlangsung 1-6 September 2023 di Bangkok, Thailand.

“Kami akan mempersiapkan para peserta didik dengan terus melakukan berbagai pelatihan terkait dengan 4 jenis keterampilan yang dipertandingkan dalam ajang kompetisi ini, sehingga mereka jauh lebih siap dari sebelumnya.” ucap Josephine.

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home