Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 13:16 WIB | Sabtu, 17 September 2022

Petani Gaza Temukan Mosaik Peninggalan Era Bizantium

Petani Gaza Temukan Mosaik Peninggalan Era Bizantium
Pemandangan bagian-bagian dari lantai mosaik era Bizantium yang ditemukan baru-baru ini oleh seorang petani Palestina di Bureij di Jalur Gaza tengah, 5 September 2022. (Foto-foto: AP/Fatimah Shbair)
Petani Gaza Temukan Mosaik Peninggalan Era Bizantium
Detail bagian dari lantai mosaik era Bizantium ditemukan oleh seorang petani Palestina di Bureij di Jalur Gaza tengah, 5 September 2022.

BUREIJ, JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Musim semi lalu, seorang petani Palestina sedang menanam pohon zaitun baru ketika sekopnya mengenai benda keras. Dia memanggil putranya, dan selama tiga bulan, pasangan itu perlahan menggali mosaik era Bizantium berornamen yang menurut para ahli adalah salah satu harta arkeologi terbesar yang pernah ditemukan di Gaza.

Penemuan ini telah memicu kegembiraan di antara para arkeolog, dan penguasa Hamas di wilayah itu merencanakan pengumuman besar dalam beberapa hari mendatang.

Tetapi itu juga menarik seruan untuk perlindungan yang lebih baik terhadap barang-barang antik Gaza, kumpulan situs yang rapuh yang terancam oleh kurangnya kesadaran dan sumber daya serta risiko konflik yang konstan antara Israel dan militan Palestina lokal.

Mosaik itu ditemukan hanya satu kilometer (setengah mil) dari perbatasan Israel. Lantainya, dengan 17 ikonografi binatang dan burung, terpelihara dengan baik dan warnanya cerah.

“Ini adalah lantai mosaik terindah yang ditemukan di Gaza, baik dari segi kualitas representasi grafis maupun kompleksitas geometrinya,” kata René Elter, seorang arkeolog dari French Biblical and Archaeological School of Jerusalem.

“Belum pernah ada lantai mosaik sebagus ini, ketepatan dalam grafis dan kekayaan warna telah ditemukan di Jalur Gaza,” katanya.

Elter mengatakan lantai mosaik berasal dari waktu antara abad ke-5 dan ke-7. Namun dia mengatakan penggalian yang tepat harus dilakukan untuk menentukan kapan tepatnya itu dibangun dan apakah itu bagian dari kompleks agama atau sekuler.

Elter, yang telah melakukan penelitian di Gaza di masa lalu, belum dapat mengunjungi situs tersebut tetapi melihat serangkaian foto dan video yang diambil oleh mitra peneliti lokal.

Jalur Gaza, daerah kantong pantai Palestina yang diapit antara Israel dan Mesir, adalah rute perdagangan yang ramai antara Mesir dan Levant di zaman kuno. Jalur pantai penuh dengan sisa-sisa peradaban kuno, dari Zaman Perunggu hingga era Islam dan Ottoman.

Namun, harta karun itu jarang dilindungi. Di masa lalu, mereka dirampok. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa dirusak atau dihancurkan oleh proyek pembangunan atau pertempuran dengan Israel. Blokade Israel-Mesir yang diberlakukan setelah kelompok militan Hamas mengambil alih Gaza pada 2007 telah merusak perekonomian, menyisakan sedikit sumber daya untuk perlindungan barang antik.

Hamas sendiri tidak terlalu memperhatikan pelestarian situs-situs tersebut karena berjuang untuk memenuhi kebutuhan populasi yang berkembang pesat. Lebih dari 2,3 juta orang terjepit di jalur yang hanya seluas 300 kilometer persegi (115 mil persegi). Pada 2017, buldoser Hamas menghancurkan sebagian besar situs yang berisi sisa-sisa pemukiman Zaman Perunggu berusia 4.500 tahun untuk membuat proyek perumahan bagi karyawannya.

Awal tahun ini, buldoser yang menggali untuk proyek perumahan yang didanai Mesir di Gaza utara menemukan sebuah makam era Romawi.

Di antara beberapa situs yang dilestarikan di Gaza adalah biara St. Hilarion, yang membentang dari akhir Kekaisaran Romawi hingga periode Umayyah Islam, dan situs gereja Bizantium yang dipugar oleh organisasi bantuan internasional dan dibuka tahun ini di Jalur Gaza utara.

Sementara situs-situs ini juga memiliki mosaik, Elter mengatakan penemuan terbaru, di kota Bureij, Gaza tengah, adalah “luar biasa.”

Departemen barang antik yang dikelola Hamas menggambarkan mosaik itu sebagai "penemuan arkeologi besar" tetapi menolak berkomentar lebih lanjut, dengan mengatakan akan ada pengumuman resmi nanti.

Pemilik tanah, yang menolak disebutkan namanya sebelum pengumuman resmi, telah menutupi bagian lantai mosaik yang digali dengan lembaran timah. Dia mengatakan dia berharap untuk menerima kompensasi untuk melindungi penemuan unik di propertinya.

Sebidang tanah yang menyimpan mosaik ini berukuran sekitar 500 meter persegi (5.400 kaki persegi) dan tiga tempat galian mengungkapkan sekilas mosaik tersebut.

Lubang terbesar di tanah, sekitar dua meter kali tiga meter, memiliki 17 gambar binatang. Dua lainnya menunjukkan pola ubin yang rumit. Akar pohon zaitun tua telah merusak bagian dari mosaik, yang tampaknya berukuran sekitar 23 meter persegi (250 kaki persegi).

Elter mengatakan penemuan itu dalam "bahaya langsung" karena sangat dekat dengan pagar pemisah Israel.

Daerah seperti itu di sepanjang pagar sering menjadi tempat bentrokan berselang atau serangan Israel. Bulan lalu, kelompok militan Jihad Islam Israel dan Gaza terlibat dalam pertempuran sengit selama tiga hari yang mencakup penembakan Israel terhadap pos-pos militan dan pendaratan beberapa roket Palestina yang gagal ditembakkan di daerah tersebut.

Elter juga khawatir penggalian oleh orang yang tidak berpengalaman dapat merusak situs. Harapannya, tim profesional dapat menggali, memulihkan, dan melindungi mosaik dengan baik. “Sangat penting untuk segera mengatur keadaan darurat intervensi penyelamatan,” kata Elter. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home