Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:44 WIB | Minggu, 28 Maret 2021

Polandia: Anjing dan Kuda Akan Segera Dapat Uang Pensiun

Petugas polisi Pawel Kuchnio dalam pelatihan dengan anjing patroli Orbita, di Warsawa, Polandia, pada hari Jumat (19/3). (Foto-foto: AP/Czarek Sokolowski)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM-Di Indonesia, beberapa waktu lalu ada ustad yang bicara dengan bangga menabrakkan kendaraannya ke anjing, karena itu binatang najis. Tapi beda yang terjadi di Polandia. Negara itu tengah mengajukan dana pensiun untuk binatang yang selesai bertugas untuk negara itu, ini termasuk untuk anjing.

Satwa-satwa itu menemukan korban di gedung-gedung yang runtuh, melacak buronan, penyelundup obat-obatan dan bahan peledak, serta membantu mengendalikan kerumunan yang gaduh. Semuanya dibayar dengan makanan dan tempat tinggal, dan sesekali tepukan di kepala bagi satwa-satwa itu.

Masalahnya tiba ketika waktu pensiun, perawatan negara berakhir bagi satwa itu yang sebagian besar anjing dan kuda yang bertugas di Polisi Polandia, Penjaga Perbatasan dan Dinas Pemadam Kebakaran. Mereka diberikan kepada orang yang mengadopsi, tanpa perlindungan untuk kesejahteraan masa depan mereka.

Menyusul permohonan dari anggota dinas terkait, Kementerian Dalam Negeri Polandia telah mengusulkan undang-undang baru yang akan memberi hewan-hewan ini status resmi, dan membayar pensiun untuk membantu menutupi tagihan perawatan yang seringkali mahal yang dihadapi pemilik baru mereka.

​

Patroli polisi berkuda di sebuah taman di Warsawa, Polandia, pada hari Jumat (5/3).

 

Menyelamatkan Nyawa

Menteri Dalam Negeri Polandia, Mariusz Kaminski, menggambarkan rancangan undang-undang tersebut sebagai "kewajiban moral" yang harus mendapat dukungan suara bulat ketika diajukan ke Parlemen untuk mendapatkan persetujuan akhir tahun ini.

"Lebih dari satu nyawa manusia telah diselamatkan, lebih dari satu penjahat berbahaya ditangkap berkat hewan yang bertugas," katanya pada bulan Februari. Undang-undang baru tersebut akan memengaruhi sekitar 1.200 anjing dan lebih dari 60 kuda yang saat ini bertugas.

Setiap tahun, sekitar 10% hewan dipensiunkan, menurut Kementerian Dalam Negeri. Sebagian besar anjing jenis Gembala Jerman atau Belgia.

Di Amerika Serikat, ajing yang bertugas di unit K-9, bahkan ketika mati dimakamkan dengan upacara penghormatan dan dibacakan jasa-jasanya ketika bertugas, terutama menghadapi aksi kejahatan. Ada banyak video dokumentasi tentang itu yang diunggah di Yuotube.

Biaya Perawatan

Pawel Kuchnio, pawang anjing pelacak polisi Warsawa, Orbita, mengatakan anjing pensiunan hampir selalu membutuhkan perawatan medis yang mahal, untuk menangani keluhan pada sendi belakang. Uang pensiun “pasti akan sangat membantu dan akan membuat segalanya lebih mudah,” katanya.

RUU tersebut akan mengonfirmasi aturan tidak tertulis bahwa pengurus hewan memiliki prioritas dalam memelihara mereka sebelum mereka ditawarkan untuk diadopsi. Tetapi yang lebih penting, itu akan memperluas tanggung jawab negara atas hewan-hewan tersebut hingga masa pensiun mereka dan mengamankan dukungan finansial bagi pemiliknya.

Slawomir Walkowiak, 50 tahun, mantan polisi yang merawat pensiunan anjing dan kuda di satu-satunya tempat penampungan khusus Polandia, bernama "The Veteran’s Corner," mengatakan pembayaran rutin negara akan meredakan kekhawatiran atas tagihan yang mencapai ribuan zloty (dolar) setiap bulan.

Tempat penampungan seperti peternakan yang dikelola secara pribadi di Gierlatowo, Polandia tengah-barat, menampung 10 anjing, dan lima pensiunan kuda polisi di paddock yang luas. Kuda tertua di sana, Hipol, berusia akhir 20-an dan hampir buta. Walkowiak mengatakan dia akan memiliki kesempatan kecil untuk bertahan hidup di kandang biasa.

 

Walkowiak mengatakan banyak anjing pemandu yang akhirnya dirantai ke pos atau diberi tugas yang tidak sesuai, karena orang mengira mereka akan menjadi penjaga yang baik untuk pertanian atau properti lainnya. Tapi tidak selalu demikian.

“Anjing mungkin tiba-tiba ingat bahwa ia dilatih untuk menggigit dan akan mulai menggigit, dan ketika ditinggalkan sendirian di rumah ia dapat menghancurkan sofa karena perlu ada sesuatu di mulutnya,” kata Walkowiak.

Di Warsawa, petugas polisi berkuda, Dariusz Malkowski, mengatakan dia harus membayar biaya kandang kuda untuk Rywal yang berusia 13 tahun, jika dia ingin menahannya setelah pensiun. Sebuah kotak kandang kuda di dekat Warsawa bisa berharga sekitar 2.500 zloty (sekitar US$ 650) sebulan. Gaji bulanan rata-rata sebelum pajak di Polandia adalah sekitar 5.500 zlotys (US$ 1.400).

“Hewan-hewan ini telah bekerja untuk negara, mereka telah melakukan pekerjaan mereka dengan baik dan mereka harus berhak atas perawatan kesehatan dan pensiun yang layak, di padang rumput hijau untuk kuda,” kata Kuczynska. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home