Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 05:21 WIB | Senin, 04 Juli 2022

Polri Gelar Wayang Kulit Lakon “Semar Mbangun Kayangan”

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyerahkan karakter wayang Semar pada salah satu dari tiga dalang yang akan berperan dalam pergelaran wayang kulit. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Polri menggelar pagelaran wayang kulit dalam  HUT ke-76 Bhayangkara Tahun 2022 dengan lakon “Semar Mbangun Kayangan.” Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan penyelenggaraan itu merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya yang ada di Indonesia.

“Kita selenggarakan sebagai bagian dari upaya dari insitusi Polri untuk terus mendorong kebudayaan, khususnya wayang kulit,” kata Sigit di Jakarta, Sabtu (2/6).

 Sigit menjelaskan, kalon “Semar Mbangun Kayangan” dipilih karena saat ini berbagai negara khususnya Indonesia sedang menghadapi situasi global yang tidak menentu. Padahal dunia saat ini sedang berusaha bangkit dari efek buruk pandemi COVID-19.

Kondisi global yang dihadapi di antaranya perang Ukraina dengan Rusia. Perang itu diprediksi akan berdampak pada krisis pangan dan energi diberbagai negara termasuk Indonesia. Ditambah lagi adanya varian baru virus Corona dan penyakit-penyakit yang timbul pada saat sekarang ini.

Sigit juga menyebut adanya ancaman perpecahan yang harus dicegah akibat dari Pilres, Pileg dan Pilkada 2024 mendatang. “Itu semua bagian yang harus kita hadapi, lewati dan laksakan dengan baik,” katanya.

Sigit menyakini apabila semua eleman bangsa bersatu dengan kebhinekaan yang ada, maka situasi dan masalah apapun akan dapat dihadapi dengan baik. “Ini menjadi satu kekuatan dan itu modal kita untuk melompat maju menghadapi kompetisi dengan negara lain,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home