Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:13 WIB | Kamis, 16 September 2021

Prancis: Pemimpin ISIS di Mali Terbunuh

Gambar tak bertanggal yang disediakan oleh Rewards For Justice ini menunjukkan postingan buronan Adnan Abu Walid Al-Sahrawi, pemimpin Negara Islam di Sahara Besar. Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengumumkan kematian Al-Sahrawi pada Rabu, 15 September 2021. (Foto: dok. AP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengumumkan bahwa pemimpin ISIS di Sahara Besar terbunuh hari Rabu (15/9) malam. Dia menyebut pembunuhan Adnan Abu Walid Al-Sahrawi sebagai "keberhasilan besar" bagi militer Prancis setelah lebih dari delapan tahun memerangi ekstremis di Sahel.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mencuit bahwa Al-Sahrawi “dinetralisir oleh pasukan Prancis” tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. Tidak diumumkan di mana Al-Sahrawi terbunuh, meskipun kelompok ISIS aktif di sepanjang perbatasan antara Mali dan Niger.

"Bangsa ini memikirkan malam ini semua pahlawannya yang tewas untuk Prancis di Sahel dalam operasi Serval dan Barkhane, dari keluarga yang ditinggalkan, dari semua yang terluka," cuit Macron. "Pengorbanan mereka tidak sia-sia."

Desas-desus tentang kematian pemimpin militan ISIS telah beredar selama berminggu-minggu di Mali, meskipun pihak berwenang di wilayah itu belum mengkonfirmasinya. Tidak mungkin untuk segera memverifikasi klaim secara independen atau untuk mengetahui bagaimana diidentifikasi.

"Ini adalah pukulan telak terhadap kelompok teroris ini," cuit Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly. "Pertarungan kita berlanjut."

Al-Sahrawi telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan tahun 2017 di Niger yang menewaskan empat personel militer Amerika Serikat dan empat orang dengan militer Niger. Kelompoknya juga telah menculik orang asing di Sahel dan diyakini masih menahan warga Amerika, Jeffrey Woodke, yang diculik dari rumahnya di Niger pada tahun 2016.

Pemimpin ekstremis itu lahir di wilayah Sahara Barat yang disengketakan dan kemudian bergabung dengan Front Polisario. Setelah menghabiskan waktu di Aljazair, ia pergi ke Mali utara di mana ia menjadi tokoh penting dalam kelompok yang dikenal sebagai MUJAO yang menguasai kota utama utara Gao pada tahun 2012.

Sebuah operasi militer yang dipimpin Prancis pada tahun berikutnya menggulingkan ekstremis Islam dari kekuasaan di Gao dan kota-kota utara lainnya, meskipun elemen-elemen itu kemudian berkumpul kembali dan kembali melakukan serangan.

Kelompok Mali MUJAO setia kepada afiliasi regional Al-Qaeda. Namun pada tahun 2015, Al-Sahrawi merilis pesan audio yang menyatakan kesetiaan kepada kelompok ISIS di Irak dan Suriah.

Militer Prancis telah memerangi ekstremis Islamis di wilayah Sahel di mana Prancis pernah menjadi kekuatan kolonial sejak intervensi 2013 di Mali utara. Namun baru-baru ini diumumkan bahwa mereka akan mengurangi kehadiran militernya di wilayah tersebut, dengan rencana untuk menarik 2.000 tentara pada awal tahun depan.

Berita kematian Al-Sahrawi muncul saat perjuangan global Prancis melawan organisasi ISIS menjadi berita utama di Paris. Terdakwa utama dalam persidangan tentang serangan di Paris 2015 mengatakan pada hari Rabu bahwa pembunuhan terkoordinasi itu sebagai pembalasan atas serangan udara Prancis terhadap kelompok ISIS, menyebut kematian 130 orang yang tidak bersalah "bukan masalah pribadi" saat dia mengakui perannya untuk pertama kalinya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home