Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:06 WIB | Kamis, 06 Januari 2022

Presiden Kazakhstan Gagal Padamkan Protes, Delapan Tewas

Presiden Kazakhstan Gagal Padamkan Protes, Delapan Tewas
Polisi anti huru-hara memblokir jalan untuk mencegah demonstran selama protes di Almaty, Kazakhstan, Rabu, 5 Januari 2022. Demonstran mencela penggandaan harga gas cair bentrok dengan polisi di kota terbesar Kazakhstan dan mengadakan protes di sekitar selusin kota lain di negara. (Foto: AP/Vladimir Tretyakov)
Presiden Kazakhstan Gagal Padamkan Protes, Delapan Tewas
Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev, berbicara kepada media selama konferensi pers di Istana Kepresidenan Ak Orda di Nur-Sultan. (Foto: dok.AFP)
Presiden Kazakhstan Gagal Padamkan Protes, Delapan Tewas
Demonstran mengendarai truk selama protes di Almaty, Kazakhstan, Rabu, 5 Januari 2022. (Foto: AP/Vladimir Tretyakov)

NUR SULTAN, SATUHARAPAN.COM-Protes warga di Kazakhstan telah menewaskan delapan personel keamanan dan melukai 317, menurut sebuah kantor berita pada hari Rabu (5/1), ketika Presiden Kassym-Jomart Tokayev gagal memadamkan kemarahan publik atas pengaruh pendahulunya yang kuat.

Awalnya warga marah dengan kenaikan harga bahan bakar pada Hari Tahun Baru, pengunjuk rasa telah menyerbu dan membakar gedung-gedung negara dan mengecam Nursultan Nazarbayev, yang mempertahankan otoritasnya meskipun mengundurkan diri sebagai presiden pada tahun 2019 setelah hampir tiga dekade.

Tokayev memecatnya sebagai kepala Dewan Keamanan Nasional pada hari Rabu sementara kabinetnya juga mengundurkan diri.

Kantor berita milik negara Rusia, Sputnik, mengutip kementerian dalam negeri Kazakh yang mengatakan polisi dan pasukan penjaga nasional tewas dan terluka di beberapa daerah pada hari Selasa dan Rabu selama kerusuhan terburuk di Kazakhstan dalam lebih dari satu dekade.

Reputasi Kazakhstan untuk stabilitas di bawah Nazarbayev membantu menarik ratusan miliar dolar investasi asing di industri minyak dan logamnya. Tetapi analis politik mengatakan generasi muda menuntut liberalisasi seperti yang terlihat di negara-negara bekas Soviet lainnya.

Para pengunjuk rasa menguasai bandara di Almaty, kota terbesar di Kazakhstan, kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters. Semua penerbangan ke dan dari Almaty dibatalkan.

Seorang saksi mata mengatakan kepada Reuters bahwa dia bisa melihat pengunjuk rasa memindahkan bangku di sepanjang alun-alun wilayah Astana utama, Almaty, untuk membangun barikade. Sebelumnya, polisi anti huru hara menggunakan gas air mata dan granat flash terhadap para pengunjuk rasa tetapi kemudian tampak meninggalkan beberapa jalan di Almaty.

Baik Amerika Serikat maupun Rusia Kazakhstan untuk lebih ketenangan.

Pengganti Nazarbayev yang dipilih sendiri sebagai presiden, Tokayev, mengatakan dalam pidato nasional bahwa dia telah mengambil alih sebagai kepala Komite Keamanan Negara, sebuah jabatan yang sebelumnya dipegang oleh Nazarbayev.

Mantan presiden berusia 81 tahun itu masih dipandang secara luas sebagai kekuatan politik utama di Nur-Sultan, ibu kota yang dibangun khusus yang menyandang namanya. Keluarganya diyakini mengendalikan sebagian besar ekonomi Kazakh, yang terbesar di Asia Tengah.

Dalam pidato TV-nya, Tokayev tidak menyebut nama pendahulunya. Nazarbayev belum terlihat atau terdengar sejak protes dimulai. Tokayev juga mencopot keponakan Nazarbayev sebagai orang nomor dua di Komite Keamanan Negara, penerus KGB era Soviet.

Seorang penduduk Almaty yang berbaur dengan para pengunjuk rasa pada hari Rabu mengatakan sebagian besar dari mereka yang ditemuinya tampaknya berasal dari pinggiran kota yang miskin atau desa-desa dan kota-kota terdekat.

Di alun-alun utama, vodka sedang didistribusikan dan beberapa orang sedang mendiskusikan apakah akan menuju bazaar kota atau daerah perumahan yang kaya untuk kemungkinan penjarahan, kata penduduk tersebut.

“Ada anarki total di jalan. Polisi tidak terlihat di mana-mana,” katanya.

Rekaman yang diposting di internet menunjukkan pengunjuk rasa meneriakkan di bawah patung perunggu raksasa Nazarbayev, digantung dengan tali dalam upaya nyata untuk menariknya ke bawah. Seorang perempuan yang mempostingnya ke Twitter mengatakan itu difilmkan di kota timur Taldykorgan.

Sebelumnya, streaming langsung Instagram oleh seorang blogger Kazakh menunjukkan api yang berkobar di kantor walikota Almaty, dengan suara tembakan yang jelas terdengar. Video yang diposting online juga menunjukkan kantor kejaksaan terdekat terbakar.

Rabu pagi, wartawan Reuters telah melihat ribuan pengunjuk rasa mendesak menuju pusat kota Almaty, beberapa di antaranya dengan truk besar. Kepala polisi kota mengatakan Almaty diserang oleh "ekstremis dan radikal".

Keadaan darurat diumumkan di Nur-Sultan, Almaty, dan wilayah barat di Provinsi Mangistau. Internet dimatikan di situs pemantau yang disebut Netblocks sebagai "pemadaman internet skala nasional". (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home