Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 12:18 WIB | Kamis, 11 April 2024

Pria Tertua di Dunia: Rahasia Umur Panjangnya adalah Keberuntungan dan Kesederhanaan

Ini adalah foto yang dikeluarkan oleh Guinness World Records pada Sabtu, 6 April 2024 milik John Alfred Tinniswood. Pria tertua di dunia mengatakan rahasia umur panjang adalah keberuntungan, kesederhanaan, olah raga teratur, dan makan ikan dan keripik setiap hari Jumat. Orang Inggris John Alfred Tinniswood, 111 tahun, telah dikonfirmasi sebagai pemegang baru gelar tersebut oleh Guinness World Records. Ini menyusul kematian pemegang rekor Venezuela, Juan Vicente Perez, bulan ini pada usia 114 tahun. (Foto: Guinness World Records via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Pria tertua di dunia mengatakan tentang rahasia umur panjangnya adalah keberuntungan, kesederhanaan — dan ikan dan keripik setiap hari Jumat.

Orang Inggris John Alfred Tinniswood, usia 111 tahun, telah dikonfirmasi sebagai pemegang baru gelar tersebut oleh Guinness World Records. Kematian ini menyusul kematian pemegang rekor Venezuela, Juan Vicente Pérez, pada bulan ini pada usia 114 tahun. Gisaburo Sonobe dari Jepang, yang memiliki umur terpanjang berikutnya, meninggal pada tanggal 31 Maret pada usia 112 tahun.

Tinniswood diberikan sertifikat oleh Guinness World Records pada hari Kamis (4/4) di panti jompo tempat dia tinggal di Southport, barat laut Inggris.

Lahir di Liverpool pada 26 Agustus 1912, beberapa bulan setelah tenggelamnya Titanic, Tinniswood menjalani dua perang dunia, bertugas di British Army Pay Corps dalam Perang Dunia II.

Pensiunan akuntan dan kakek buyut ini mengatakan moderasi adalah kunci hidup sehat. Ia tidak pernah merokok, jarang minum minuman beralkohol, dan tidak mengikuti diet khusus, selain makan malam ikan dan keripik sepekan sekali.

“Jika Anda minum terlalu banyak atau makan terlalu banyak atau terlalu banyak berjalan – jika Anda melakukan terlalu banyak hal – pada akhirnya Anda akan menderita,” kata Tinniswood kepada Guinness World Records.

Namun pada akhirnya, katanya, “ini murni keberuntungan. Anda bisa berumur panjang atau pendek, dan Anda tidak bisa berbuat banyak.”

Perempuan tertua di dunia, dan orang tertua yang masih hidup, adalah Maria Branyas Morera dari Spanyol yang berusia 117 tahun. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home