Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:11 WIB | Senin, 19 Februari 2024

Protes, Peracunan dan Penjara: Kehidupan dan Kematian Pemimpin Oposisi Rusia, Alexei Navalny

Polisi menahan Alexei Navalny, seorang pelapor dan blogger anti korupsi terkemuka selama protes di Moskow, Selasa malam, 8 Mei 2012, sehari setelah pelantikan Putin. (Foto: dok. AP/Sergey Ponomarev)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Alexei Navalny, pemimpin oposisi utama Rusia dan musuh paling sengit bagi Presiden Vladimir Putin, meninggal di penjara pada hari Jumat (16/2), kata sebuah pernyataan dari Lembaga Pemasyarakatan Federal.

Navalny, yang menjalani hukuman 19 tahun penjara atas tuduhan ekstremisme, merasa tidak enak badan setelah berjalan-jalan dan pingsan, katanya. Tim politisi tersebut belum mendapatkan konfirmasi langsung mengenai kematiannya.

Navalny dipindahkan pada bulan Desember dari bekas penjaranya di Rusia tengah ke koloni hukuman “rezim khusus” – penjara dengan tingkat keamanan tertinggi di Rusia – di atas Lingkaran Arktik.

Dalam kurun waktu satu dekade, ia berubah dari musuh terbesar Kremlin menjadi tahanan politik paling terkemuka di Rusia.

Berikut adalah peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan Navalny, aktivisme politik, dan tuduhan yang dia hadapi selama bertahun-tahun:

4 Juni 1976 — Navalny lahir di bagian barat wilayah Moskow.

1997 — Lulusan dari universitas RUDN Rusia, tempat ia mengambil jurusan hukum; memperoleh gelar di bidang ekonomi pada tahun 2001 sambil bekerja sebagai pengacara.

2004 — Membentuk gerakan melawan pembangunan berlebihan yang merajalela di Moskow, menurut situs kampanyenya.

2008 — Menjadi terkenal karena tuduhan korupsi di perusahaan milik negara, seperti raksasa gas Gazprom dan raksasa minyak Rosneft, melalui blog dan postingan lainnya.

2010 — Mendirikan RosPil, sebuah proyek anti korupsi yang dijalankan oleh tim pengacara yang menganalisis pengeluaran lembaga dan perusahaan negara, mengungkap pelanggaran dan menggugatnya di pengadilan.

2011 — Mendirikan Yayasan Pemberantasan Korupsi, yang akan menjadi platform utama timnya untuk mengungkap dugaan korupsi di kalangan petinggi politik Rusia.

Desember 2011 — Berpartisipasi dalam protes massal yang dipicu oleh laporan kecurangan yang meluas dalam pemilihan parlemen Rusia, dan ditangkap serta dipenjara selama 15 hari karena “menentang pejabat pemerintah.”

Maret 2012 — Setelah Presiden Vladimir Putin terpilih kembali dan dilantik, protes massal terjadi di Moskow dan tempat lain. Navalny menuduh tokoh-tokoh penting, termasuk Wakil Perdana Menteri Igor Shuvalov dan pemimpin kuat Chechnya, Ramzan Kadyrov, melakukan korupsi.

Juli 2012 — Komite Investigasi Rusia mendakwa Navalny atas tuduhan penggelapan yang melibatkan Kirovles, sebuah perusahaan kayu milik negara di wilayah Kirov, saat bertindak sebagai penasihat gubernur setempat. Navalny menolak tuduhan tersebut karena bermotif politik.

Desember 2012 — Komite Investigasi meluncurkan penyelidikan lain atas dugaan penggelapan di anak perusahaan Yves Rocher di Rusia yang terkait dengan Navalny, sebuah perusahaan kosmetik Prancis. Navalny kembali mengatakan tuduhan itu bermotif politik.

2013 - Navalny mencalonkan diri sebagai wali kota di Moskow - sebuah langkah yang tidak hanya diizinkan oleh pihak berwenang tetapi juga didorong dalam upaya untuk memberikan lapisan demokrasi pada persaingan yang dirancang untuk meningkatkan profil petahana, Sergei Sobyanin.

Juli 2013 — Pengadilan di Kirov memvonis Navalny atas penggelapan dalam kasus Kirovles, menjatuhkan hukuman lima tahun penjara. Penuntut mengajukan petisi untuk membebaskan Navalny dari tahanan sambil menunggu bandingnya, dan dia melanjutkan kampanyenya.

September 2013 — Hasil resmi menunjukkan Navalny menempati posisi kedua dalam pemilihan wali kota di belakang Sobyanin, dengan 27% suara, setelah kampanye pemilu dan penggalangan dana yang sukses mengumpulkan 97,3 juta rubel (US$ 2,9 juta) dari pendukung individu.

Oktober 2013 — Pengadilan menjatuhkan hukuman percobaan kepada Navalny dalam kasus Kirovles.

Februari 2014 — Navalny menjadi tahanan rumah sehubungan dengan kasus Yves Rocher dan dilarang menggunakan internet. Blognya terus diperbarui secara berkala, mungkin oleh timnya, merinci dugaan korupsi yang dilakukan oleh berbagai pejabat Rusia.

Desember 2014 — Navalny dan saudaranya, Oleg, dinyatakan bersalah melakukan penipuan dalam kasus Yves Rocher. Navalny menerima hukuman percobaan 3 ½ tahun, sementara saudaranya dijatuhi hukuman penjara. Keduanya mengajukan banding ke Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa.

Desember 2015 — Yayasan Pemberantasan Korupsi milik Navalny merilis video berdurasi panjang pertamanya — sebuah film dokumenter YouTube berjudul “Chaika,” yang berarti “burung camar” dalam bahasa Rusia, namun juga merupakan nama belakang Jaksa Agung saat itu, Yury Chaika. Video berdurasi 44 menit tersebut menuduhnya melakukan korupsi dan dugaan hubungan dengan kelompok kriminal terkenal dan telah ditonton 26 juta kali di YouTube. Chaika dan pejabat Rusia lainnya membantah tuduhan tersebut.

Februari 2016 — Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa memutuskan bahwa Rusia melanggar hak Navalny atas peradilan yang adil dalam kasus Kirovles, dan memerintahkan pemerintah untuk membayar biaya hukum dan ganti rugi.

November 2016 — Mahkamah Agung Rusia membatalkan hukuman Navalny dan mengembalikan kasus tersebut ke pengadilan asal di kota Kirov untuk ditinjau.

Desember 2016 — Navalny mengumumkan ia akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Rusia tahun 2018.

Februari 2017 — Pengadilan Kirov mengadili kembali Navalny dan mempertahankan hukuman percobaan lima tahun sejak tahun 2013.

Maret 2017 — Navalny merilis film dokumenter YouTube yang menuduh Perdana Menteri Dmitry Medvedev melakukan korupsi, dan ditonton lebih dari tujuh juta kali dalam pekan pertama. Serangkaian protes anti korupsi di seluruh Rusia menarik puluhan ribu orang dan terjadi penangkapan massal. Navalny melakukan tur keliling negara untuk membuka kantor kampanye, mengadakan demonstrasi besar-besaran, dan berulang kali dipenjara karena demonstrasi yang tidak sah.

27 April 2017 — Penyerang tak dikenal melemparkan disinfektan hijau ke wajahnya, merusak mata kanannya. Dia menyalahkan serangan itu pada Kremlin.

Oktober 2017 — Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa menganggap tuduhan penipuan yang dilakukan Navalny dalam kasus Yves Rocher adalah “sewenang-wenang dan jelas-jelas tidak masuk akal.”

Desember 2017 — Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia melarang dia mencalonkan diri sebagai presiden karena tuduhan yang dia terima dalam kasus Kirovles, sebuah tindakan yang dikutuk oleh UE karena menimbulkan “keraguan serius” terhadap pemilu tersebut.

Juli 2019 — Anggota tim Navalny, bersama dengan aktivis oposisi lainnya, dilarang mencalonkan diri sebagai dewan kota Moskow, sehingga memicu protes yang dibubarkan dengan kekerasan, dan ribuan orang ditangkap. Tim Navalny menanggapinya dengan mempromosikan strategi “Pemungutan Suara Cerdas”, yang mendorong terpilihnya kandidat mana pun kecuali kandidat dari partai Rusia Bersatu di Kremlin. Strateginya berhasil, dengan partai tersebut kehilangan mayoritasnya.

2020 — Navalny berupaya menerapkan strategi Smart Voting selama pemilu regional pada bulan September dan melakukan tur ke Siberia sebagai bagian dari upaya tersebut.

20 Agustus 2020 — Dalam penerbangan dari kota Tomsk, tempat dia bekerja dengan aktivis lokal, Navalny jatuh sakit dan pesawat melakukan pendaratan darurat di dekat Omsk. Dirawat di rumah sakit dalam keadaan koma, tim Navalny mencurigai dia diracun.

22 Agustus 2020 — Navalny yang koma diterbangkan ke rumah sakit di Berlin.

24 Agustus 2020 — Pihak berwenang Jerman mengonfirmasi bahwa Navalny diracuni dengan agen saraf era Uni Soviet. Setelah pulih, ia menyalahkan Kremlin, tuduhan yang dibantah oleh pejabat Rusia.

17 Januari 2021 — Setelah lima bulan di Jerman, Navalny ditangkap sekembalinya ke Rusia, dan pihak berwenang menuduh pemulihannya di luar negeri melanggar ketentuan hukuman percobaan dalam kasus Yves Rocher. Penangkapannya memicu protes terbesar di Rusia selama bertahun-tahun. Ribuan orang ditangkap.

2 Februari 2021 — Pengadilan Moskow memerintahkan Navalny menjalani hukuman 2 ½ tahun penjara karena pelanggaran pembebasan bersyaratnya. Saat di penjara, Navalny melakukan mogok makan selama tiga minggu untuk memprotes kurangnya perawatan medis dan kurang tidur.

Juni 2021 — Pengadilan Moskow melarang Yayasan Pemberantasan Korupsi milik Navalny dan sekitar 40 kantor regionalnya karena dianggap ekstremis, sehingga menutup jaringan politiknya. Rekan dekat dan anggota tim menghadapi tuntutan dan membuat Rusia berada di bawah tekanan. Navalny tetap berhubungan dengan pengacara dan timnya dari penjara, dan mereka memperbarui akun media sosialnya.

24 Februari 2022 — Rusia menginvasi Ukraina. Navalny mengutuk perang dalam postingan media sosial dari penjara dan selama kehadirannya di pengadilan.

22 Maret 2022 — Navalny dijatuhi hukuman tambahan sembilan tahun penjara karena penggelapan dan penghinaan terhadap pengadilan dalam kasus yang ditolak oleh pendukungnya karena dianggap dibuat-buat. Dia dipindahkan ke penjara dengan keamanan maksimum di wilayah Vladimir barat Rusia.

Juli 2022 — Tim Navalny mengumumkan peluncuran kembali Yayasan Anti-Korupsi sebagai organisasi internasional dengan dewan penasihat termasuk Francis Fukuyama, Anne Applebaum, dan anggota Parlemen Eropa serta mantan Perdana Menteri Belgia, Guy Verhofstadt. Navalny terus mengajukan tuntutan hukum di penjara dan mencoba membentuk serikat pekerja di fasilitas tersebut. Para pejabat merespons dengan secara teratur menempatkan dia di sel isolasi karena dugaan pelanggaran disiplin seperti tidak mengancingkan pakaiannya dengan benar atau mencuci muka pada waktu yang ditentukan.

2023 — Lebih dari 400 dokter Rusia menandatangani surat terbuka kepada Putin, mendesak diakhirinya apa yang mereka sebut sebagai pelecehan terhadap Navalny, menyusul laporan bahwa ia tidak menerima pengobatan dasar setelah terkena flu. Timnya mengungkapkan kekhawatirannya mengenai kesehatannya, dengan mengatakan pada bulan April dia menderita sakit perut akut dan diduga dia diracuni secara perlahan.

12 Maret 2023“Navalny”, sebuah film tentang upaya pembunuhan terhadap pemimpin oposisi, memenangkan Oscar untuk fitur dokumenter terbaik.

26 April 2023 — Muncul di tautan video dari penjara selama sidang, Navalny mengatakan dia menghadapi tuduhan ekstremisme dan terorisme baru yang dapat membuatnya tetap berada di balik jeruji besi selama sisa hidupnya. Dia menambahkan dengan sinis bahwa tuduhan tersebut menyiratkan bahwa “Saya melakukan serangan teror sambil duduk di penjara.”

19 Juni 2023 — Sidang dimulai di ruang sidang darurat di Penal Colony No. 6 tempat Navalny ditahan. Segera setelah persidangan dimulai, hakim menutup persidangan untuk publik dan media meskipun ada keberatan dari Navalny.

20 Juli 2023 — Sebagai argumen penutup, jaksa meminta pengadilan untuk menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara kepada Navalny, lapor timnya. Navalny mengatakan dalam pernyataan berikutnya bahwa dia memperkirakan hukumannya akan menjadi “sangat berat… istilah Stalinis,” mengacu pada diktator Uni Soviet Josef Stalin.

4 Agustus 2023 — Navalny dinyatakan bersalah karena ekstremisme dan dijatuhi hukuman 19 tahun penjara, dan dia mengatakan dia memahami bahwa dia “menjalani hukuman seumur hidup, yang diukur dengan lamanya saya hidup atau lamanya rezim ini.”

13 Oktober 2023 — Pihak berwenang menahan tiga pengacara yang mewakili Navalny setelah menggeledah rumah mereka, dan sekutunya Ivan Zhdanov mengatakan di media sosial bahwa tindakan tersebut adalah upaya untuk “mengisolasi Navalny sepenuhnya.” Penggrebegan yang menargetkan Vadim Kobzev, Igor Sergunin dan Alexei Liptser adalah bagian dari kasus pidana atas tuduhan berpartisipasi dalam kelompok ekstremis, kata Zhdanov. Juru bicara Navalny mengatakan jika pemimpin oposisi tidak memiliki akses terhadap pengacara, “dia akan berada dalam isolasi total, suatu kondisi yang bahkan tidak dapat dibayangkan oleh siapa pun.”

2 Desember 2023 — Tuntutan baru diajukan terhadap Navalny. Dalam komentar yang disampaikan kepada rekannya, Navalny mengatakan dia telah didakwa berdasarkan Pasal 214 KUHP, yang mencakup vandalisme. “Saya bahkan tidak tahu apakah harus menggambarkan berita terbaru saya sebagai berita sedih, lucu, atau absurd,” tulisnya di media sosial melalui timnya. “Saya tidak tahu apa itu Pasal 214, dan tidak ada tempat untuk mencarinya. Anda akan tahu sebelum saya mengetahuinya.”

7 Desember 2023 — Tim Navalny memasang papan reklame di seluruh Rusia yang menampilkan kode QR yang mengarahkan ponsel cerdas ke situs web tersembunyi yang mendesak warga Rusia untuk mengambil bagian dalam kampanye melawan Putin, yang diperkirakan akan mencalonkan diri kembali pada pemilu Maret 2024. Tim Navalny mengatakan pemungutan suara tersebut adalah pilihan yang tepat, penting bagi Putin sebagai referendum mengenai perangnya di Ukraina, dan bukan pertarungan nyata untuk menjadi presiden.

11 Desember 2023 — Navalny dijadwalkan hadir di pengadilan melalui tautan video tetapi tidak hadir, dan juru bicaranya mengatakan petugas penjara menyebutkan masalah listrik. Para sekutu Navalny mengungkapkan keprihatinannya, dengan mengatakan baik mereka maupun pengacaranya belum mendengar kabar darinya dalam beberapa minggu.

25 Desember 2023 — Sekutu Navalny mengatakan dia ditempatkan di koloni penjara di kota Kharp, di utara Lingkaran Arktik, yang terkenal dengan musim dingin yang panjang dan parah. Jaraknya sekitar 100 kilometer (60 mil) dari Vorkuta, yang tambang batu baranya merupakan salah satu sistem kamp penjara Gulag yang paling kejam di era Uni Soviet.

10 Januari — Navalny muncul melalui tautan video dari Kharp untuk pertama kalinya. Outlet berita Rusia merilis gambar dia dalam pakaian penjara hitam dan dengan potongan rambut pendek, di siaran langsung TV dari koloni hukuman “rezim khusus” di Kharp, sekitar 1.900 kilometer (1.200 mil) timur laut Moskow. Pada sidang tersebut, Navalny melontarkan lelucon tentang cuaca Arktik dan bertanya apakah petugas di bekas penjaranya mengadakan pesta ketika dia dipindahkan.

16 Februari — Lembaga Pemasyarakatan Federal Rusia mengatakan Navalny meninggal di penjara pada usia 47 tahun. Dikatakan bahwa dia merasa tidak enak badan setelah berjalan-jalan dan pingsan. Ambulans tiba tetapi tidak dapat menyadarkannya. Tim Navalny mengatakan belum ada konfirmasi mengenai kematiannya dan pengacaranya sedang dalam perjalanan ke penjara Kharp. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home