Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 14:15 WIB | Senin, 26 Februari 2024

Pemimpin Oposisi Rusia, Alexei Navalny, Meninggal di Koloni Penjara

Pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny. (Foto: dok. AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Kritikus paling terkemuka terhadap Kremlin, Alexei Navalny, meninggal pada hari Jumat (16/2) di sebuah penjara di Arktik, kata pihak berwenang Rusia, dan mengumumkan kematiannya sebulan sebelum pemilu yang akan memperpanjang kekuasaan Vladimir Putin.

Kematian Navalny setelah tiga tahun ditahan dan keracunan yang menurutnya dilakukan oleh Kremlin membuat oposisi Rusia kehilangan peran mereka pada saat terjadi penindasan yang intens dan invasi Moskow di Ukraina.

Para pembangkang dan pejabat Barat menyalahkan Putin dan pemerintahannya atas kematian pria berusia 47 tahun tersebut, yang terjadi setelah berbulan-bulan kesehatannya memburuk dalam kondisi penahanan yang keras.

“Alexei Navalny disiksa dan disiksa selama tiga tahun... Pembunuhan ditambahkan ke dalam hukuman Alexei Navalny,” kata pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Rusia, Dmitry Muratov, seperti dikutip surat kabar Novaya Gazeta.

Kantor berita Rusia melaporkan bahwa petugas medis dari sebuah rumah sakit di ujung utara Rusia menghabiskan lebih dari “setengah jam” untuk mencoba menyadarkan Navalny, yang dilaporkan kehilangan kesadaran setelah berjalan-jalan.

Tim Navalny yang diasingkan mengatakan mereka belum diberitahu tentang kematiannya dan bahwa seorang pengacara sedang menuju ke koloni penjara Arktik tempat dia menjalani hukuman 19 tahun atas tuduhan ekstremisme.

Navalny adalah pemimpin oposisi paling terkemuka di Rusia dan mendapatkan banyak pengikut berkat kampanyenya melawan korupsi di Rusia pada masa pemerintahan Putin.

Komite Investigasi Rusia mengatakan telah membuka penyelidikan atas kematian tersebut. Mengutip juru bicaranya, kantor berita Rusia melaporkan bahwa Putin telah diberitahu tentang kematian Navalny.

Putin - yang terkenal tidak pernah menyebut nama Navalny - sedang berkunjung ke Chelyabinsk pada hari Jumat.

Dalam rekaman pertemuan dengan para pekerja di kota Ural yang dipublikasikan setelah pengumuman kematiannya, dia tidak menyebut nama Navalny.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak mengetahui rincian lebih lanjut tentang penyebab kematiannya.

Dibunuh Secara Brutal

Salah satu pengacara Navalny, Leonid Solovyov, mengatakan kepada surat kabar independen Novaya Gazeta bahwa kritikus Kremlin itu “normal” ketika seorang pengacara menemuinya pada hari Rabu (14/2).

“Atas keputusan keluarga Alexei Navalny, saya tidak akan berkomentar sama sekali. Kami sekarang sedang membereskan semuanya. Pengacara Alexei bersamanya pada hari Rabu. Saat itu semuanya normal,” katanya.

Dalam rekaman video sidang pengadilan dari koloni penjaranya pada hari Kamis (15/2), Navalny terlihat tersenyum dan bercanda saat berbicara kepada hakim melalui tautan video.

Pemerintah negara-negara Barat dan tokoh oposisi Rusia segera mengatakan Kremlin bertanggung jawab atas kematiannya.

Kanselir Jerman, Olaf Scholz, mengatakan dia “membayar keberaniannya dengan nyawanya,” sementara Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, mengatakan kematiannya adalah “tragedi besar” bagi rakyat Rusia.

Presiden Latvia, yang merupakan penentang keras Rusia, mengatakan bahwa dia telah “dibunuh secara brutal oleh Kremlin.”

“Pemerintah Rusia memikul tanggung jawab yang berat,” tulis Menteri Luar Negeri Norwegia, Espen Barth Eide, di X, sebelumnya Twitter.

“Alexei Navalny membayar nyawanya untuk perlawanan terhadap sistem penindasan. Kematiannya di penjara mengingatkan kita pada realitas rezim Putin,” kata Menteri Luar Negeri Prancis, Stephane Sejourne, pada X.

Ukraina, yang sedang berperang melawan pasukan Rusia, mengatakan Putin – yang berkuasa sejak tahun 2000 – “takut terhadap persaingan apa pun.”

Pemimpin Oposisi

Navalny, yang memimpin protes jalanan selama lebih dari satu dekade, menjadi terkenal karena kampanye anti vkorupsinya.

Pembeberannya mengenai korupsi yang dilakukan Putin di Rusia, yang diunggah di saluran YouTube-nya, telah ditonton jutaan kali dan mendorong puluhan ribu warga Rusia turun ke jalan, meskipun ada undang-undang anti protes yang keras di Rusia.

Dia dipenjara pada awal tahun 2021 setelah kembali ke Rusia dari Jerman, tempat dia memulihkan diri dari serangan keracunan yang hampir fatal dengan Novichok, agen saraf era Uni Soviet.

Dalam serangkaian kasus, ia dijatuhi hukuman 19 tahun penjara atas tuduhan yang dikutuk secara luas oleh kelompok hak asasi manusia independen dan di Barat sebagai pembalasan atas penentangannya terhadap Kremlin.

Kembalinya dia ke Rusia meski tahu dia akan menghadapi hukuman penjara membuatnya banyak orang kagum.

“Saya tidak takut dan saya meminta Anda untuk tidak takut,” katanya dalam seruan kepada para pendukungnya saat ia mendarat di Moskow, beberapa saat sebelum ditahan atas tuduhan terkait dengan tuduhan penipuan lama.

Penangkapannya pada tahun 2021 memicu beberapa demonstrasi terbesar yang pernah terjadi di Rusia dalam beberapa dekade, dan ribuan orang ditahan pada demonstrasi nasional yang menyerukan pembebasannya.

Dari balik jeruji besi, dia adalah penentang keras serangan militer besar-besaran Moskow terhadap Ukraina, dan terus menyaksikan, membantu diam-diam, saat Kremlin membongkar organisasinya dan mengurung sekutunya.

Lusinan sekutu utamanya melarikan diri ke pengasingan dan terus berkampanye melawan serangan terhadap Ukraina dan meningkatnya penindasan di Rusia.

Akhir tahun lalu Navalny dipindahkan ke koloni penjara terpencil di Arktik di wilayah Yamalo-Nenets Rusia di Siberia utara.

Postingan terakhir di saluran Telegram Navalny, yang dikelolanya melalui pengacara dan timnya di pengasingan, merupakan penghormatan kepada istrinya, Yulia Navalnaya, yang diposting pada Hari Valentine. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home