Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:12 WIB | Minggu, 11 Februari 2024

Puluhan Juta Menderita Long COVID-19, Namun Ini Masih Sulit Dipahami

Model virus corona yang dicetak 3D terlihat di depan peta dunia dan tulisan CoronaVirus Disease (COVID-19) dipajang dalam ilustrasi yang diambil pada 25 Maret 2020. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Puluhan juta orang di seluruh dunia diperkirakan menderita COVID-19 yang berkepanjangan (long COVID-19), namun empat tahun setelah pandemi ini diumumkan, kondisi yang sulit dipahami ini masih belum dapat diuji, apalagi diobati.

Namun, penelitian pada akhirnya bisa mulai menemukan petunjuk awal mengenai jejak jangka panjang COVID-19, sehingga meningkatkan harapan akan adanya terobosan di masa depan yang mungkin juga menjelaskan sindrom-sindrom kronis lain yang masih ambigu.

Long COVID-19 adalah nama yang diberikan untuk berbagai gejala yang masih diderita oleh orang-orang berminggu-minggu dan berbulan-bulan setelah mereka pertama kali tertular virus SARS-CoV-2.

Yang paling umum adalah kelelahan, sesak napas, nyeri otot, dan kabut otak.

Sebuah penelitian penting yang dirilis bulan lalu menunjukkan ada perbedaan signifikan pada protein darah lebih dari 110 pasien jangka panjang COVID-19.

Onur Boyman, seorang peneliti Swiss dan penulis senior studi Sains, mengatakan kepada AFP bahwa dia yakin ini adalah “kepingan teka-teki utama” yang membuat COVID-19 berkobar begitu lama di tubuh beberapa orang.

Bagian dari sistem kekebalan tubuh yang disebut sistem komplemen, yang biasanya melawan infeksi dengan membunuh sel yang terinfeksi, tetap aktif pada orang yang menderita COVID-19 jangka panjang, terus menyerang target yang sehat dan menyebabkan kerusakan jaringan, kata para peneliti.

Boyman mengatakan bahwa ketika orang pulih dari COVID-19 yang berkepanjangan, sistem komplemen mereka juga meningkat, hal ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara keduanya.

“Ini menunjukkan bahwa COVID jangka panjang adalah sebuah penyakit dan Anda benar-benar dapat mengukurnya,” kata Boyman, seraya menambahkan tim berharap hal ini dapat mengarah pada pengujian di masa depan.

Para peneliti yang tidak terlibat dalam penelitian ini memperingatkan bahwa “disregulasi” sistem komplemen ini tidak dapat menjelaskan berbagai cara yang berbeda dalam jangka panjang COVID-19 menyerang pasien.

Namun, “sangat menyenangkan melihat makalah yang diterbitkan sekarang menunjukkan sinyal yang mungkin mulai menjelaskan COVID jangka panjang”, kata Claire Steves, profesor penuaan dan kesehatan di King’s College London.

Mempengaruhi Setiap Aspek Kehidupan

Lucia, seorang penderita jangka panjang COVID-19 yang tinggal di Amerika Serikat dan memilih untuk tidak menyebutkan nama belakangnya, mengatakan kepada AFP bahwa “penelitian seperti ini membawa kita lebih dekat untuk memahami” kondisi tersebut.

Dia menunjuk pada makalah lain baru-baru ini yang menemukan kerusakan dan berkurangnya mitokondria pada otot pasien COVID-19 yang lama, yang dapat menunjukkan mengapa banyak pasien menjadi kelelahan bahkan setelah sedikit berolah raga.

Bagi Lucia, COVID-19 yang berkepanjangan mengubah menaiki tangga menuju apartemennya menjadi perjuangan sehari-hari.

Ketika dia pertama kali tertular COVID-19 pada bulan Maret 2020, Lucia berkata bahwa dia tidak dapat membayangkan bagaimana kondisi ini akan “memengaruhi setiap aspek kehidupan saya, termasuk secara sosial dan finansial.”

Lucia, anggota dari Patient-Led Research Collaborative, menekankan bahwa orang yang mengidap COVID-19 jangka panjang tidak hanya harus menghadapi banyak masalah kesehatannya saja.

Mereka juga harus “berhadapan dengan ketidakpercayaan atau penolakan dari komunitas medis atau dari lingkaran sosial mereka,” katanya.

Pentingnya memberikan dukungan kepada pasien untuk menemukan bahwa rehabilitasi kelompok meningkatkan kualitas hidup pasien jangka panjang COVID-19.

Mengapa Begitu Sulit Dipahami?

Ziyad Al-Aly, ahli epidemiologi klinis di Universitas Washington di St Louis, mengatakan bahwa COVID-19 sudah lama sulit dipahami karena merupakan “penyakit multi-sistem.”

“Pikiran kita dilatih untuk memikirkan penyakit berdasarkan sistem organ” seperti penyakit jantung atau paru-paru, katanya kepada AFP.

Namun memahami mekanisme di balik COVID-19 Jangka Panjang dapat menjawab secara lebih luas “mengapa dan bagaimana infeksi akut menyebabkan penyakit kronis,” katanya.

Ini berarti memecahkan misteri jangka panjang COVID-19 dapat mendukung upaya melawan kondisi lain seperti sindrom kelelahan kronis atau gejala yang berkepanjangan setelah influenza, yang sering disebut sebagai “flu panjang”.

Meskipun jumlah sebenarnya penderita jangka panjang COVID-19 sulit ditentukan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan jumlahnya mungkin antara 10-20 persen dari seluruh orang yang tertular penyakit tersebut.

Penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menunjukkan bahwa persentase orang yang tertular COVID-19 jangka panjang telah menurun seiring dengan berkurangnya tingkat keparahan varian virus corona baru.

Vaksinasi terhadap COVID-19 telah terbukti secara signifikan mengurangi kemungkinan orang terkena COVID-19 jangka panjang, sehingga menekankan pentingnya suntikan booster, kata para peneliti. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home