Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:07 WIB | Minggu, 06 November 2022

Putin Perintahkan Warga Sipil Dievakuasi dari Kherson Ukraina

Warga sipil yang dievakuasi dari kota Kherson yang dikuasai Rusia menunggu untuk naik bus menuju Krimea, di kota Oleshky, wilayah Kherson, Ukraina yang dikuasai Rusia, pada 22 Oktober 2022. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan pada hari Jumat (4/11) bahwa warga sipil harus dibawa keluar dari Kherson yang diduduki Moskow di Ukraina selatan, dari mana pasukan Rusia memimpin evakuasi sejak pertengahan Oktober saat pasukan Kiev maju.

“Mereka yang tinggal di Kherson harus dipindahkan dari zona pertempuran berbahaya,” kata Putin kepada sukarelawan muda dari wilayah Ukraina yang diduduki di Lapangan Merah saat Moskow merayakan Hari Persatuan.

“Penduduk sipil tidak boleh menderita karena penembakan, serangan, serangan balasan, atau hal-hal semacam itu,” kata pemimpin Rusia itu.

Otoritas pendudukan Moskow di Kherson mengatakan mereka telah membantu puluhan ribu orang meninggalkan wilayah itu dan berjanji untuk mengubah kota Kherson menjadi “benteng.”

Kiev menyamakan upaya Moskow untuk memindahkan penduduk sipil di Kherson sebagai "deportasi" rakyatnya yang mirip dengan tindakan Uni Soviet.

Putin berbicara dengan kelompok sukarelawan Kherson, yang mengatakan mereka membantu orang-orang meninggalkan daerah itu, setelah meletakkan bunga di sebuah monumen untuk menghormati mereka yang menangkis invasi Polandia pada tahun 1612. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home