Loading...
PARENTING
Penulis: Melki 12:26 WIB | Senin, 22 Agustus 2022

Remaja Garda Terdepan Bentuk Generasi Tangguh Berkualitas

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo saat memberikan arahan di Hotel The Rich Yogyakarta, Minggu (21/8/2022). (ANTARA)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Badan Kependudukan dan Keluarga Nasional (BKKBN) menegaskan bahwa remaja merupakan garda terdepan dalam membentuk generasi bangsa yang tangguh dan berkualitas.

“Adik-adik (remaja) kita ini adalah generasi-generasi muda yang menjadi penentu masa depan bangsa. Mereka inilah yang akan melahirkan generasi berikutnya,” kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo di Hotel The Rich Yogyakarta, Minggu (21/8).

Dalam Ajang Kreativitas Remaja Tingkat Nasional (Adujaknas) Tahun 2022, Hasto menekankan bahwa kualitas generasi bangsa di masa depan ditentukan oleh hidup dan hal-hal positif yang dilakukan oleh semua remaja pada masa kini.

"Para remaja kini menjadi penerus masa depan yang memiliki tantangan berkompetisi secara global. Sehingga tak hanya akal, hidup berencana terutama dalam membangun sebuah keluarga di masa depan guna membentuk anak-anak yang bebas stunting, sehat, dan berdaya saing," katanya.

Hasto mengatakan di balik tantangan itu, Indonesia masih berjuang melawan tiga masalah utama pada remaja, yakni tingginya perkawinan anak, maraknya seks bebas, dan penggunaan napza.

Menurut dia, bila ketiga hal tersebut dapat dicegah melalui pemberian pemahaman yang disesuaikan dengan kondisi dan pendekatan yang tepat, maka generasi unggul bagi Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke secara pasti dapat diwujudkan.

"Sebagai upaya nyata membangun remaja tangguh dan berkualitas, BKKBN melalui forum GenRe (Generasi Berencana), memilih figur pemuda berusia 16-22 tahun yang akan menjadi role model dan spoke personBKKBN," katanya.

Para Duta GenRe akan membantu BKKBN dalam meningkatkan pemahaman remaja mengenai program generasi berencana, triad kesehatan reproduksi remaja mencakup seksualitas, HIV/AIDS, dan napza serta memotivasi remaja untuk melewati lima transisi kehidupan remaja, mulai dari melanjutkan pendidikan, membangun karir, membina keluarga kecil bahagia sejahtera, menerapkan pola hidup sehat, dan bersosialisasi kepada masyarakat.

“Mereka sudah juga mengikrarkan tekadnya untuk membangun generasi yang hebat dan kuat,” ucap Hasto.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home