Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 13:36 WIB | Minggu, 29 Oktober 2023

Ribuan Orang Unjuk Rasa Pro Palestina Protes ke Kedutaan AS di Jakarta

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan saat mereka mengibarkan bendera Palestina saat unjuk rasa mendukung rakyat Palestina, di luar Kedutaan Besar AS di Jakarta, Indonesia, hari Sabtu, 28 Oktober 2023. (Foto: AP)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Pengunjuk rasa pro Palestina berbaris ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta pada hari Sabtu (28/10) untuk menuntut diakhirinya perang Israel-Hamas.

Sambil mengibarkan bendera Indonesia dan Palestina serta tanda bertuliskan “Kami mendukung Gaza,” lebih dari 3.000 demonstran, banyak di antara mereka mengenakan jubah putih, memenuhi jalan raya utama di pusat kota Jakarta yang membentang di luar kedutaan.

Sekitar 1.000 petugas polisi dikerahkan di sekitar kompleks itu.

Spanduk dan plakat yang dibawa para pengunjuk rasa mengecam pemerintah Israel dan mengecam dukungan kuat AS terhadap Israel.

Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Israel dan tidak ada kedutaan besar Israel di negara tersebut.

Mereka telah lama menjadi pendukung kuat Palestina, dan Presiden Joko Widodo mengutuk serangan udara Israel.

Korban tewas warga Palestina di Gaza telah melonjak melewati 7.300 orang, lebih dari 60 persen di antara mereka adalah anak di bawah umur dan perempuan, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut.

Blokade di Gaza berarti berkurangnya pasokan, dan PBB memperingatkan bahwa operasi bantuan yang membantu ratusan ribu orang “hancur” di tengah hampir habisnya bahan bakar.

Lebih dari 1.400 orang terbunuh di Israel selama serangan Hamas pada 7 Oktober, menurut pemerintah Israel, dan setidaknya 229 sandera disandera ke Gaza.

Militan Palestina telah menembakkan ribuan roket ke Israel, termasuk satu roket yang menghantam sebuah bangunan perumahan di Tel Aviv pada hari Jumat, melukai empat orang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home