Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:54 WIB | Selasa, 15 November 2022

Rusia Tarik Semua Pasukan dari Kherson, Ukraina Selatan

Relawan dan paramedis membawa seorang pengungsi lanjut usia dari Kherson ke sebuah aula saat para pengungsi tiba di Dzhankoi, Krimea, hari Kamis, 10 November 2022. Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, memerintahkan penarikan pasukan dari Kherson dan daerah sekitarnya pada hari Rabu setelah jenderal utamanya di Ukraina melaporkan bahwa hilangnya rute pasokan selama serangan balik selatan Ukraina membuat pertahanan "sia-sia." (Foto: AP)

MYKOLAIV, SATUHARAPAN.COM-Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Jumat (11/11) bahwa pihaknya telah selesai menarik pasukannya dari tepi barat Sungai Dnieper di wilayah Kherson selatan di Ukraina. Ini sebuah penarikan pasukan yang menandai kemunduran memalukan lainnya bagi Moskow dalam perangnya di Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh kantor berita negara Rusia, kementerian mengatakan penarikan selesai pada pukul 05:00 pagi pada hari Jumat, dan tidak ada satu pun unit peralatan militer yang tertinggal.

Daerah yang ditinggalkan militer Rusia termasuk kota Kherson, satu-satunya ibu kota regional yang direbut Moskow selama invasi 8 1/2 bulan lalu ke Ukraina.

Kremlin tetap menentang pada hari Jumat, bersikeras mundur sama sekali tidak mewakili rasa malu bagi Presiden Rusia, Vladimir Putin. Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan kepada wartawan bahwa Moskow terus memandang wilayah Kherson sebagai bagian dari Rusia.

Dia menambahkan bahwa Kremlin tidak menyesal mengadakan perayaan lebih dari sebulan yang lalu untuk merayakan pencaplokan ilegal Kherson dan tiga wilayah Ukraina lainnya.

Sesaat sebelum pengumuman Rusia, kantor Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menggambarkan situasi di wilayah Kherson sebagai "sulit." Laporan itu meyebutkan penembakan Rusia terhadap beberapa desa dan kota yang direbut pasukan Ukraina dalam beberapa pekan terakhir selama serangan balasan mereka di wilayah Kherson.

Rusia Menyebarkan Ranjau di Kherson

Para pejabat Ukraina mewaspadai mundurnya Rusia yang diumumkan pekan ini, karena khawatir tentara mereka bisa terseret ke dalam penyergapan di kota Kherson, yang berpenduduk 280.000 jiwa sebelum perang.

Analis militer juga telah memperkirakan bahwa militer Rusia akan membutuhkan setidaknya satu pekan untuk menyelesaikan penarikan pasukan.

Penasihat presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, mengatakan pada hari Kamis (10/11) bahwa pasukan Rusia yang mundur meletakkan ranjau di seluruh Kherson untuk mengubahnya menjadi "kota kematian." Dia juga memperkirakan mereka akan membombardir kota setelah pindah ke seberang Sungai Dnieper.

Keadaan kunci Jembatan Antonivskiy yang menghubungkan tepi barat dan timur Dnieper di wilayah Kherson tetap tidak jelas pada hari Jumat, dan dapat menjadi kunci dalam menentukan apakah Rusia benar-benar telah meninggalkan kota Kherson.

Laporan media Rusia menyatakan jembatan itu diledakkan setelah penarikan Rusia. Wartawan pro Kremlin memposting cuplikan jembatan yang kehilangan sebagian besar bagiannya. Tetapi Sergei Yeliseyev, seorang pejabat Rusia di wilayah Kherson, mengatakan kepada kantor berita Interfax bahwa “Jembatan Antonivskiy belum diledakkan, kondisinya sama.”

Merebut kembali kota itu dapat memberi Ukraina landasan peluncuran pasokan dan pasukan untuk mencoba memenangkan kembali wilayah lain yang hilang di selatan, termasuk Krimea, yang direbut Moskow pada tahun 2014.

Namun, dari posisi baru pasukannya di tepi timur, Kremlin dapat mencoba untuk meningkatkan perang, yang menurut penilaian Amerika Serikat mungkin telah membunuh atau melukai puluhan ribu warga sipil dan ratusan ribu tentara. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home