Loading...
HAM
Penulis: Reporter Satuharapan 10:59 WIB | Rabu, 24 Juli 2019

Salpy Eskidjian Weiderud, Raih Penghargaan untuk Perdamaian

Salpy Eskidjian menerima Penghargaan Internasional tentang Kebebasan Beragama dari Departemen Luar Negeri AS pada 17 Juli lalu. (Foto: Twitter)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – Salpy Eskidjian Weiderud, Ketua Religious Track pada Proses Perdamaian Siprus, menerima Penghargaan Internasional tentang Kebebasan Beragama dari Departemen Luar Negeri AS pada 17 Juli lalu.

Susan Kim, jurnalis lepas yang tinggal di Amerika Serikat, berbincang dengan Weiderud dan menuliskan laporannya untuk Badan Komunikasi Dewan Gereja-gereja Dunia (World Council of Churches/WCC), tentang apa yang telah menginspirasi pekerjaan hidupnya untuk perdamaian.

Tanya (T): Anda baru menerima Penghargaan Internasional Kebebasan Beragama. Seperti apa penghargaan itu mempengaruhi Anda?

Weiderud (J): Sangat luar biasa dan itu suatu kehormatan besar. Penghargaan yang penting, karena akan membantu menuntun, mendorong, upaya bersama para pemimpin agama di Siprus untuk terus memajukan kebebasan beragama, dan juga menginspirasi orang lain yang bekerja dalam isu-isu kebebasan beragama di seluruh dunia.

T: Anda akan terus bersemangat untuk menjadi pembawa damai?

J: Ya! Saya sendiri tumbuh dengan kisah-kisah leluhur saya yang dianiaya, dideportasi, dan dibantai. Keluarga saya datang sebagai pengungsi dari Turki ke Siprus.

Nenek saya berusia lima tahun saat itu, dan kakek buyut saya membawanya dan saudara-saudaranya, ke Siprus. Saya tumbuh dengan mendengarkan kisah mereka tentang rasa sakit, ketakutan, dan kekerasan. Namun, pada saat yang sama, keluarga saya tidak memilih kebencian.

Ada begitu banyak rasa sakit; mereka masih memilih untuk berbicara tentang iman, harapan, dan cinta. Mereka mempraktikkan apa yang mereka khotbahkan.

Kisah koeksistensi dan persahabatan mereka menginspirasi saya. Saya tumbuh di sebuah pulau yang terbelah, di mana konflik dan transformasinya menjadi kenyataan eksistensial. Bagi saya, tidak ada pilihan lain: Anda bekerja untuk dunia yang merupakan tempat yang lebih baik. Dunia yang bebas dan aman untuk semua orang, di mana hak asasi manusia semua orang dihormati. Jadi tidak ada yang tidak masuk akal bagi saya.

Bertemu orang-orang yang berkomitmen dan luar biasa dalam gerakan ekumenis adalah inspirasi lain bagi saya untuk menjadi pembawa damai.

T: Pada tahun 2017, Religious Track - Proses Perdamaian Siprus merilis pernyataan bersama para pemimpin agama Siprus yang mengutuk semua bentuk kekerasan terhadap perempuan dan gadis. Menurut Anda apa cara terbaik untuk mengatasi kekerasan berbasis gender?

J: Di daerah saya, bekerja dengan para pemimpin agama, terutama di Siprus, langkah terbesar adalah mengambil tanggung jawab melalui aksi bersama, sehingga para pemimpin agama tidak merasa mereka mengambil langkah sendiri. Bersama-sama, mereka mengadvokasi hak satu sama lain dan kebebasan beragama. Untuk pertama kalinya, para pemimpin agama Kristen dan Muslim di Siprus membuat komitmen terhadap kekerasan itu.

T: Bagaimana Religious Track menindaklanjuti pernyataan itu dengan tindakan?

J: Kami terus memfasilitasi proses untuk memastikan bahwa pernyataan dan tindakan menjaga persatuan mereka, dan bahwa pernyataan dan tindakan berakar dan dimiliki oleh para pemimpin agama.

Kami telah membantu para pemimpin agama membuat aliansi baru dengan organisasi-organisasi wanita, baik di komunitas Siprus Yunani dan Turki Siprus, dan mengambil tanggung jawab penuh atas komitmen mereka sendiri. Kami berupaya memastikan ruang aman untuk berbagi informasi dan mengembangkan aksi bersama.

Sangat penting untuk memastikan bahwa semua orang merasa terhubung dan mereka bekerja bersama - korban dan pemimpin agama. Pekerjaan kami membutuhkan waktu, itu membutuhkan kesabaran, kepekaan dan layanan, tetapi itu sepadan, karena kami memastikan bahwa ada persatuan dan kepemilikan untuk memindahkan pernyataan ke dalam tindakan.

Sangat menyenangkan bagi kami untuk menyelenggarakan acara yang belum pernah terdengar sebelumnya, seperti kampanye media sosial 16 Hari Aktivisme untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Perempuan. (oikoumene.org)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home