Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 00:01 WIB | Senin, 19 Desember 2022

Satelit AS-Prancis Diluncurkan, Pantau Semua Air di Bumi

Dalam gambar yang diambil dari video yang disediakan oleh NASA ini, sebuah roket SpaceX yang membawa satelit Air Permukaan dan Topografi Laut lepas landas dari Vandenberg Space Force Base di California, Jumat, 16 Desember 2022. (NASA via AP)

CALIFORNIA, SATUHARAPAN.COM-Satelit Amerika Serikat dan Prancis yang akan memetakan hampir semua samudra, danau, dan sungai di dunia meluncur ke orbit pada hari Jumat (16/12).

Peluncuran dini hari di atas roket SpaceX dari Vandenberg Space Force Base di California mengakhiri tahun yang sangat sukses bagi NASA.

Dijuluki SWOT - kependekan dari Surface Water and Ocean Topography - satelit ini dibutuhkan lebih dari sebelumnya karena perubahan iklim memperburuk kekeringan, banjir dan erosi pantai, menurut para ilmuwan.

"Kita akan dapat melihat hal-hal yang tidak dapat kita lihat sebelumnya... dan benar-benar memahami di mana air berada pada waktu tertentu," kata Benjamin Hamlington dari Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.

Satelit itu seukuran kendaraan SUV, dan akan mengukur ketinggian air di lebih dari 90% permukaan bumi, memungkinkan para ilmuwan untuk melacak aliran dan mengidentifikasi potensi area berisiko tinggi. Itu juga akan mensurvei jutaan danau serta 1,3 juta mil (2,1 juta kilometer) sungai, dari hulu ke muara.

Satelit akan menembakkan pulsa radar ke Bumi, dengan sinyal yang dipantulkan kembali untuk diterima oleh sepasang antena, satu di setiap ujung boom setinggi 33 kaki (10 meter).

Itu harus dapat melihat arus dan pusaran kurang dari 13 mil (21 kilometer), serta area lautan tempat massa air dari berbagai suhu bergabung.

Armada NASA saat ini yang terdiri dari hampir 30 satelit pengamat Bumi tidak dapat melihat fitur sekecil itu. Dan sementara satelit yang lebih tua ini dapat memetakan luas danau dan sungai, pengukuran mereka tidak begitu rinci, kata Tamlin Pavelsky dari University of North Carolina, yang merupakan bagian dari misi tersebut.

Mungkin yang paling penting, satelit akan mengungkap lokasi dan kecepatan naiknya permukaan laut serta pergeseran garis pantai, kunci untuk menyelamatkan nyawa dan harta benda. Ini akan menutupi dunia antara Kutub Utara dan Antartika setidaknya sekali setiap tiga pekan, karena mengorbit lebih dari 550 mil (890 kilometer) tingginya. Misi ini diperkirakan akan berlangsung selama tiga tahun.

NASA dan Badan Antariksa Prancis bekerja sama dalam proyek senilai US$1,2 miliar, dengan Inggris dan Kanada turut serta.

“Peluncuran yang spektakuler, benar-benar spektakuler,” kata manajer program NASA Nadya Vinogradova-Shiffer. “Ini adalah momen yang sangat penting, dan saya sangat bersemangat karenanya.”

Sudah didaur ulang, pendorong tahap pertama kembali ke Vandenberg delapan menit setelah lepas landas untuk terbang lagi suatu hari nanti.

Ini tonggak sejarah terbaru tahun ini untuk NASA. Di antara sorotan lainnya: bidikan glamor alam semesta dari Teleskop Luar Angkasa Webb yang baru; pesawat ruang angkasa Dart menabrak asteroid dalam uji pertahanan planet pertama; dan kembalinya kapsul Orion baru-baru ini dari bulan setelah uji terbang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home