Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 04:06 WIB | Minggu, 09 April 2023

Serangan Rusia Terbaru Difokuskan ke Empat Provinsi Ukraina

Mayat yang ditutupi plastik tergeletak di tanah di pasar jalanan setelah penembakan yang menurut pejabat Rusia di Donetsk dilakukan oleh pasukan Ukraina, di Donetsk, di wilayah Donetsk yang dikuasai Rusia, Ukraina timur, Jumat, 7 April 2023. (Foto: AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Rusia menggunakan rudal darat dan udara, peluncur roket, dan drone bersenjata untuk membombardir provinsi Ukraina yang telah dianeksasi secara ilegal tetapi tidak sepenuhnya dikendalikan, menyebabkan korban jiwa, kerusakan bangunan, dan pemadaman listrik pada hari Jumat (7/4).

Militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia melancarkan 18 serangan udara, lima serangan rudal dan 53 serangan dari beberapa peluncur roket antara Kamis dan Jumat pagi.

Menurut pernyataan Staf Umum, Rusia memusatkan sebagian besar operasi ofensifnya di timur industri Ukraina, dengan fokus pada kota-kota Lyman, Bakhmut, Avdiivka dan Marinka di Provinsi Donetsk.

Sebagian besar laporan medan perang hari Jumat menyangkut empat provinsi Ukraina yang dianeksasi Rusia pada bulan September: Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson. Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah memerintahkan militernya untuk menguasai sepenuhnya provinsi-provinsi tersebut, sementara Ukraina mengindikasikan akan segera meluncurkan serangan balasan untuk merebut kembali lebih banyak wilayah.

Rusia juga mencaplok Semenanjung Krimea dari Ukraina pada tahun 2014, sebuah langkah yang juga dianggap ilegal oleh sebagian besar dunia. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, telah berjanji untuk merebut kembali semua wilayah yang diduduki Rusia.

Melihat ke depan bagaimana perang akan berakhir, menteri pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov, mengatakan kepada penyiar negara Siprus CyBC menjelang pembicaraan dengan mitranya dari Siprus pada hari Jumat bahwa negaranya akan merundingkan perdamaian dengan Rusia hanya setelah wilayah pendudukannya dibebaskan. Dia mengatakan Zelenskyy telah menjelaskan bahwa dia hanya akan bernegosiasi dengan penerus Putin untuk memastikan hidup berdampingan secara damai.

Mengenai pengadaan persenjataan, Reznikov mengatakan prioritas utama Ukraina adalah untuk sistem anti pesawat, diikuti oleh amunisi artileri, kendaraan infanteri, tank, dan peralatan perang elektronik, termasuk drone dan teknologi anti drone.

Dalam pertempuran terbaru, militer Ukraina mengatakan telah menjatuhkan jet serang darat Su-25 Rusia di dekat Marinka. Sebuah video menunjukkan ledakan besar saat pesawat menghantam tanah, dengan pilotnya turun menggunakan parasut. Militer Rusia, untuk menjaga kebisuannya atas kerugian, tidak mengonfirmasi jatuhnya pesawat perang itu.

Pejabat militer Inggris mengatakan dalam analisis harian terbaru mereka bahwa pasukan Rusia kemungkinan telah maju ke pusat Bakhmut dan merebut tepi barat Sungai Bakhmutka. Kampanye delapan bulan Rusia untuk mengambil Bakhmut dan tekad Ukraina untuk mempertahankan kota telah menghasilkan pertempuran perang terpanjang dan berpotensi paling berdarah yang dimulai Putin pada 24 Februari 2022.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan kemajuan Rusia, yang sebagian besar terhenti sejak akhir Maret, telah mendapatkan kembali momentumnya. Menurut intelijen Inggris, rute pasokan utama Ukraina ke barat Bakhmut berada di bawah ancaman, dengan Rusia menggunakan artileri secara lebih efektif dan mendapat manfaat dari bala bantuan pasukan reguler yang kemungkinan besar mencakup pasukan lintas udara.

Pejabat militer Inggris juga mencatat bahwa komandan militer reguler dan mereka yang berasal dari Grup Wagner, sebuah perusahaan tentara bayaran swasta Rusia yang telah mengirim tentaranya untuk bertempur di berbagai negara Afrika, mungkin telah meningkatkan kerja sama dan menahan "permusuhan" mereka.

Grup Wagner, yang tampaknya memimpin pertempuran Bakhmut, sering mengeluh tentang strategi militer reguler Rusia serta kegagalannya menyediakan amunisi yang cukup dan dukungan lainnya. Pemilik Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, mengatakan warga Ukraina terus melakukan perlawanan sengit di Bakhmut.

“Musuh tidak ke mana-mana,” tulis Prigozhin dalam postingan aplikasi perpesanan Telegram, Kamis. “Mereka mengatur pertahanan di dalam kota, pertama dengan kereta api, kemudian di area gedung bertingkat di bagian barat kota.”

Juga di Provinsi Donetsk, Rusia melancarkan serangan rudal ke kota Sloviansk, menghancurkan bangunan tempat tinggal, sementara seorang warga sipil terluka selama pertempuran di Bakhmut. Gubernur daerah Donetsk, Pavlo Kyrylenko, mengatakan hari Jumat (7/4) pagi bahwa 15 kota dan desa di garis depan ditembaki di wilayah tersebut. Walikota Donetsk yang dilantik Moskow, Aleksei Kulemzin, mengatakan penembakan di Ukraina menewaskan satu orang dan melukai enam lainnya.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan menimbulkan puluhan korban pada pasukan Ukraina dan menghancurkan drone serta senjata dan kendaraan tempur Ukraina lainnya di beberapa titik panas medan pertempuran di provinsi yang dianeksasi.

Masing-masing pihak cenderung hanya melaporkan kerugian yang diderita musuhnya, dan klaim mereka umumnya tidak mungkin diverifikasi secara independen.

Di provinsi Kherson yang sebagian diduduki Ukraina selatan, tujuh orang terluka dalam 24 jam, kata Gubernur daerah Oleksandr Prokudin, hari Jumat. Menulis di Telegram, Prokudin mengatakan bahwa Rusia telah melakukan 46 serangan ke provinsi tersebut, termasuk tujuh serangan ke ibu kota regional, juga disebut Kherson, dengan artileri berat dan tembakan pesawat.

Seorang gadis berusia 10 tahun, seorang anak laki-laki berusia tiga tahun dan seorang perempuan berusia 30 tahun terluka pada hari Jumat dalam penembakan Rusia di desa Stanislav di provinsi tersebut, kepala kantor kepresidenan Ukraina, Andriy Yermak, melaporkan.

Di sebuah masjid di pinggiran Kiev, Zelenskyy bertemu dengan tentara Muslim Ukraina pada hari Jumat untuk merayakan buka puasa, makan malam yang menandai akhir puasa Ramadhan, dan untuk menggarisbawahi bahwa Kiev tidak akan menyerahkan Krimea, tanah air bersejarah Tatar Krimea, etnis minoritas Muslim.

Dia mencatat bahwa Rusia memulai kampanyenya melawan Ukraina dengan aneksasi Krimea tahun 2014, dan bersumpah: “Di mana jalan kejahatan dimulai, kemenangan menanti kita di sana, saya yakin. Kemenangan atas kejahatan ini. Pembebasan Krimea tidak memiliki alternatif lain.”

Tatar Krimea dideportasi secara massal dari tanah air bersejarah Krimea mereka ke Asia Tengah oleh Uni Soviet 70 tahun lalu. Mereka mulai kembali ke Krimea pada 1980-an.  (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home