Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 12:51 WIB | Selasa, 30 Januari 2024

Sidang MPL PGI: Gereja Diminta Dorong Generasi Muda Gunakan Hak Suara Pemilu

Sidang MPL PGI di Mentawai. (Foto: PGI)

TUAPEIJAT-MENTAWAI, SATUHARAPAN.COM-Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Togap Simangunsong, mengharapkan para pendeta maupun petugas gereja di seluruh Indonesia, untuk bersama-sama melibatkan para generasi milenial dan generasi z, guna menyampaikan hak suaranya pada Pemilu 2024.

“Karena bagaimanapun hasil Pemilu 2024 ini, juga menentukan masa depan mereka,” kata Togap, saat berbicara pada acara pembukaan Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Persekutuan Gereja-geraja Indonesia (PGI) di Tuapeijat, Ibukota Kabupaten Mentawai, Provinsi Sumater Barat (Sumbar), hari Jumat (26/1/2024).

Sidang yang diikuti 68 gereja anggota MPL serta 22 gereja dari Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) ini, akan berlangsung hingga 29 Januari.

Ada empat indikator Pemilu. Pertama berlangsung aman dan lancar. Kemudian partisipasi yang tinggi di atas 79,5%. Selanjutnya tidak terjadi konflik yang dapat merusak persatuan kesatuan, kata  Togap seperti dikutip laman PGI.

Yang terakhir, kata dia, pelayanan masyarakat pada fasilitas publik dan pemerintahan di seluruh Indonesia, tetap berjalan dengan lancar dan melayani, meskipun ada penyelenggaraan persiapan tahapan pemilu.

“Di Kepulauan Mentawai, pemilihnya lebih dari 66.000 orang. Yang menarik 64% adalah generasi milenial dan generasi Z yang bakal jadi pemilih,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Uskup Padang Mgr. Vitus Robianto Solichin, mengingatkan seperti disinyalir dalam Konferensi Wali Gereja Indonesia pada November lalu, bahwa tahun 2024 ini akan menjadi tahun yang suhu politiknya tinggi. Dan dari segi ekonomi akan menguras anggaran pusat dan daerah yang begitu banyak.

“Anggaran yang mungkin mencapai puluhan trilunan rupiah itu akan mubazir, jika pemilu tersebut tidak bisa memunculkan orang-orang yang akan bekerja untuk kesejahteraan rakyat banyak,” katanya.

Akan tetapi, situasi politik negara kita cenderung menunjukkan turunnya kualitas demokrasi. Karena kita masih bisa menyaksikan orang-orang yang berani menghalalkan segala cara jadi kepentingan pribadi dan golongan.

“Kita membutuhkan para pemimpin yang mempunyai integritas kejujuran. Karena kejujuran adalah dasar integritas, kepribadian moral yang kuat. Tanpa kejujuran kita tidak dapat maju selangkah pun dalam kedewasaan, karena belum berani menjadi diri kita sendiri,” katanya.

Dia katakan, kita dapat bersikap jujur terhadap orang lain, apabila kita jujur terhadap diri kita sendiri. “Tanpa kejujuran, segala perbuatan baik bisa menjadi satu kemunafikan,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home