Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:22 WIB | Rabu, 19 Juli 2023

Suhu Udara Panas Ekstrem Melanda Berbagai Wilayah Dunia

Pejalan kaki menyeberang jalan pada hari yang panas di tengah peringatan oranye untuk gelombang panas, di Beijing, China pada hari Minggu, 16 Juni 2023. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Turis berbondong-bondong ke termometer raksasa di China yang menunjukkan suhu permukaan 80C (176 Fahrenheit) sementara jumlah korban tewas akibat hujan lebat di Korea Selatan mencapai 44 orang pada hari Rabu (19/7), cuaca ekstrem terbaru memicu malapetaka dan keingintahuan di seluruh dunia.

Kebakaran hutan terjadi pada hari ketiga di sebelah barat ibu kota Yunani, Athena, dengan pembom air udara melanjutkan operasi pada cahaya pertama dan petugas pemadam kebakaran bekerja sepanjang malam untuk menjauhkan api dari kompleks kilang pesisir.

Di Beijing yang menyesakkan, utusan iklim Amerika Serikat, John Kerry, memulai pembicaraan hari ketiga dengan pejabat China, mengungkapkan harapan bahwa kerja sama untuk memerangi pemanasan global dapat mendefinisikan kembali hubungan bermasalah antara kedua negara adidaya.

Pola gelombang panas global yang telah menghanguskan sebagian Eropa, Asia, dan Amerika Serikat pekan ini telah membuat tantangan itu menjadi sangat lega. Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) memperingatkan pada hari Selasa (18/7) tentang peningkatan risiko kematian terkait dengan suhu yang terlalu tinggi.

Sementara Pulau Besar Hawaii bersiap menghadapi dampak Badai Tropis Calvin, yang diperkirakan akan membawa hujan setinggi 8 inci (20,3 Cm) dan hembusan angin kencang, kata Layanan Cuaca Nasional (NWS).

Tanah Longsor di Korea Selatan

Di Korea Selatan, hujan deras mengguyur wilayah tengah dan selatan sejak pekan lalu. Empat belas kematian terjadi di underpass di pusat kota Cheongju, di mana lebih dari selusin kendaraan terendam pada hari Sabtu ketika tanggul sungai runtuh. Di provinsi tenggara Gyeongsang Utara, 22 orang tewas, banyak akibat tanah longsor dan aliran air yang deras.

Korban tahun ini menimbulkan kembali pertanyaan atas upaya Korea Selatan untuk mencegah dan menanggapi kerusakan akibat banjir, kurang dari satu tahun setelah hujan lebat dalam 115 tahun melanda Seoul.

Presiden Yoon Suk Yeol mengatakan situasinya menjadi lebih buruk karena lemahnya pengelolaan daerah rawan dan kegagalan untuk mengikuti aturan, dan menetapkan 13 daerah yang dilanda banjir sebagai zona bencana khusus pada hari Rabu (19/7).

Perdana Menteri Han Duck-soo menyerukan upaya perbaikan yang lebih cepat untuk mencegah kerusakan tambahan, memperingatkan curah hujan yang lebih deras diprediksi pada akhir pekan.

“Mengambil peristiwa cuaca ekstrem yang disebabkan oleh perubahan iklim sebagai bagian dari kehidupan kita sehari-hari, kita akan menciptakan langkah-langkah dan sistem kelembagaan yang sesuai,” kata Han dalam pertemuan intra-lembaga tentang tanggap banjir.

Turis Yang Penasaran

Di Provinsi Xinjiang China barat, turis yang bersenjatakan topi dan payung bertepi lebar menantang suhu yang sangat panas untuk berswafoto dengan termometer raksasa yang menampilkan suhu permukaan real-time 80C (176 Fahrenheit), televisi pemerintah menunjukkan.

Setiap musim panas, turis yang ingin tahu berduyun-duyun ke Flaming Mountains di tepi utara Depresi Turpan Xinjiang untuk mengagumi tidak hanya lereng bergelombang dari batu pasir cokelat-merah, tetapi juga untuk menikmati panas super yang memancar dari tanah.

Dalam beberapa hari terakhir, suhu di Xinjiang dan bagian lain Asia, serta Eropa dan Amerika Serikat telah memecahkan rekor tertinggi.

Pada hari Minggu, sebuah kota terpencil di Depresi Turpan mencatat suhu udara maksimum 52,2C, memecahkan rekor nasional China sebesar 50,3C yang ditetapkan pada tahun 2015, juga di cekungan tersebut.

Pada hari itu, kota oasis Turpan di sebelah barat Pegunungan Flaming menyaksikan suhu udara tertinggi di 31 stasiun cuaca lokal melebihi 45C, dengan maksimum lima di antaranya menembus di atas 50C, menurut media pemerintah pada hari Rabu (19/7).

Pada hari Selasa, Beijing mencatat suhu hari ke-27 lebih dari 35C, menetapkan rekor lokal baru untuk jumlah hari dengan suhu tinggi terbanyak dalam setahun. Rekor ibu kota Tiongkok sebelumnya adalah 26 hari, ditetapkan pada tahun 2000.

Suhu yang belum pernah terjadi sebelumnya ini menambah urgensi baru bagi negara-negara di seluruh dunia untuk mengatasi perubahan iklim yang menurut para ilmuwan akan membuat gelombang panas lebih sering, parah, dan mematikan.

Berbeda dengan panas ekstrem, hujan lebat, badai petir, angin kencang, dan hujan es diperkirakan akan melanda bagian lain China selama 18 jam ke depan, menurut Pusat Meteorologi Nasional negara itu.

Ditangani Bersama untuk Umat Manusia

Dengan dua ekonomi terbesar dunia berselisih mengenai masalah mulai dari perdagangan hingga Taiwan, Kerry mengatakan kepada Wakil Presiden China, Han Zheng, pada hari Rabu (19/7) bahwa perubahan iklim harus ditangani secara terpisah hingga masalah diplomatik yang lebih luas.

“Ini adalah ancaman universal bagi semua orang di planet ini dan membutuhkan negara terbesar di dunia, ekonomi terbesar di dunia, penghasil emisi terbesar di dunia, untuk bekerja sama tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi untuk semua umat manusia,” kata Kerry kepada Han.

Kerry juga mengadakan pertemuan dengan diplomat top China, Wang Yi, dan Perdana Menteri Li Qiang serta utusan iklim veteran Xie Zhenhua dalam upaya untuk membangun kembali kepercayaan antara kedua belah pihak menjelang pembicaraan iklim COP28 di Dubai pada akhir tahun. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home