Loading...
SAINS
Penulis: Eti Artayatini 16:17 WIB | Sabtu, 13 Mei 2023

Tantangan Baru Bagi Pelajar di Era Revolusi Industri 4.0: Pelajar Menjadi Inventor Teknologi

Tantangan Baru Bagi Pelajar di Era Revolusi Industri 4.0: Pelajar Menjadi Inventor Teknologi
Talk show PENABUR Kids Fest (Foto : BPKPENABURJakarta)
Tantangan Baru Bagi Pelajar di Era Revolusi Industri 4.0: Pelajar Menjadi Inventor Teknologi
PENABUR Kids Fest (Foto : BPKPENABURJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Para pelajar di era revolusi industri 4.0 kini dihadapkan pada tantangan baru akibat perkembangan teknologi yang begitu pesat. Bidang pekerjaan yang dulu menjanjikan kini meredup, digantikan oleh jenis pekerjaan baru yang berkaitan erat dengan teknologi. Oleh karena itu, menjadi pengguna teknologi saja tidak cukup, para pelajar masa kini diharapkan mampu menjadi inventor teknologi guna menjawab tantangan ini.

Sejalan dengan peta jalan Indonesia Emas 2045, yang bertujuan untuk menciptakan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni sesuai kebutuhan zaman, penguasaan keterampilan abad ke-21 menjadi hal mutlak. Untuk mencapai hal ini, BPK PENABUR Jakarta telah menerapkan berbagai cara inovatif.

Penerapan Project Based Learning (PjBL) dan Science, Technology, Engineering and Math (STEM) menjadi salah satu metode yang telah diterapkan oleh 79 sekolah BPK PENABUR Jakarta, mulai dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SLTA. Metode pembelajaran ini mendorong siswa untuk belajar melalui proyek nyata yang berhubungan dengan teknologi, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah.

Selain itu, sekolah-sekolah BPK PENABUR Jakarta juga menyediakan berbagai ekstrakurikuler yang berkaitan dengan teknologi, seperti koding, robotik, scratch robo, dan programming. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada peserta didik, sehingga mereka dapat menjadi inventor dalam bidang teknologi.

"Teknologi diimplementasikan secara terintegrasi untuk mendukung proses dan pengelolaan pembelajaran, asesmen, serta peningkatan kompetensi siswa dan guru," ujar Kenny Lim, Ketua BPK PENABUR Jakarta. Ia juga menyebutkan bahwa teknologi memainkan peran yang semakin penting pasca Covid-19, seperti meningkatkan efektivitas pembelajaran, kurikulum yang personal, dan memberikan akses yang lebih luas ke sumber daya pendidikan.

Salah satu platform yang digunakan oleh BPK PENABUR Jakarta adalah PENABUR Digital Learning, yang memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran yang terpersonalisasi. Melalui platform ini, siswa dapat belajar secara mandiri dan mengembangkan kemampuan mereka sesuai dengan minat dan potensi masing-masing.

Selain itu, BPK PENABUR Jakarta juga memperkenalkan proses pembuatan gamifikasi sederhana dengan menggunakan software interaktif, seperti Word Wall, 4D Octagon, ABC Ya, Assemblr Edu, Codenesia, dan Scratch Jr. Hal-hal ini memiliki potensi untuk membuka pandangan peserta didik agar lebih bersemangat dalam menjadi inventor di dunia teknologi melalui cara yang menyenangkan.
PENABUR Kids Festival 2023
Dalam rangka  merangsang pertumbuhan pengetahuan teknologi peserta didik di Indonesia. BPK PENABUR Jakarta kembali menggelar PENABUR Kids Festival 2023, festival ini mengusung tema "Arming Today Children for Tomorrow's Workforce" dan menawarkan berbagai perlombaan yang mempertontonkan penguasaan koding dan keterampilan abad ke-21. Acara ini juga menjadi platform bagi pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan untuk berbagi ide dan melakukan kolaborasi dalam pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti Critical Thinking, Creative Thinking, Communication, Collaboration, dan Computational Thinking (5C).

PENABUR Kids Festival 2023 dimulai dengan talk show yang membahas perkembangan teknologi terkini dan prospeknya di masa depan. Keynote speaker pada acara tersebut adalah Yohanes Kurnia, CEO PT. Sari Teknologi dan pendiri Sekolah Robot Indonesia. Secara bersamaan, lomba proyek pembelajaran abad ke-21 berbasis STEM dan koding digelar untuk siswa dari tingkat TK hingga SLTA. Antusiasme peserta terlihat dari ratusan pendaftar yang telah mendaftar sejak 24 Februari 2023. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jakarta, Serang, Bandung, Cimahi, Klaten, Pati, Temanggung, Lampung, dan Makassar.

Pembukaan kegiatan, talk show, dan perlombaan untuk tingkat SD, SMP, dan SLTA berlangsung pada Jumat, 12 Mei 2023, sementara lomba untuk tingkat TK akan diadakan pada Jumat, 26 Mei 2023. Pengumuman pemenang lomba dan penutupan acara akan dilaksanakan pada Sabtu, 27 Mei 2023.

PENABUR Kids Festival 2023 mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. "Saya sangat bangga dan mendukung ajang ini sebagai wadah bagi peserta didik untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran abad ke-21," ujar beliau. Ia berharap festival ini akan menghasilkan banyak inovasi dan keterampilan yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Selamat berjuang dan bertanding bagi para peserta lomba. Teruslah berkarya, tunjukkan potensi dan bakat kalian," pesan Sandiaga kepada peserta PENABUR Kids Festival 2023.

"Kami berharap festival ini, yang kali ketiga diselenggarakan, dapat menjadi ajang yang tepat untuk mendorong semangat sekolah dalam mempersiapkan generasi muda abad ini. Kami ingin mereka berkompetisi secara sportif, mampu menciptakan inovasi dan memecahkan permasalahan yang ada, serta menumbuhkan semangat saling berbagi," tutur Kumalasari Onggobawono, Kepala Divisi Pendidikan BPK PENABUR Jakarta.

Seluruh rangkaian kegiatan PENABUR Kids Festival 2023 dapat disaksikan secara online di YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta https://www.youtube.com/@BPKPENABURJkt

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home