Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 15:01 WIB | Sabtu, 12 Agustus 2023

Tegakkan Aturan Mengenakan Jilbab, Iran Akan Menyasar Bisnis dan Perusahaan

Perempuan Iran di berjalan di kota Teheran, ibu kota Iran tanpa mengenakan jilbab pada 5 Agustus. (Foto: dok. AP)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Selama berbulan-bulan, otoritas Iran tidak berbuat banyak untuk menegakkan hukum bagi perempuan yang tidak menutupi rambut mereka dengan mengenakan jilbab, tetapi sekarang negara teokrasi itu mendorong untuk menjadikan bisnis sebagai medan pertempuran baru atas kewajiban mengenakan jilbab.

Upaya itu dilakukan menjelang peringatan satu tahun protes nasional yang meletus setelah kematian Mahsa Amini pada 16 September dalam tahanan polisi moral negara. Sebuah tindakan keras oleh pasukan keamanan yang diikuti melihat lebih dari 530 orang tewas dan lebih dari 22.000 ditangkap.

Hari-hari ini, dengan perempuan yang tidak mengenakan penutup kepala menjadi pemandangan umum di jalan-jalan Teheran, pihak berwenang telah mulai menggrebeg perusahaan di mana karyawan atau pelanggan perempuan terlihat tanpa jilbab. Parlemen Iran sedang membahas undang-undang yang akan meningkatkan hukuman bagi perempuan yang tidak mengenakan pakaian dan bisnis yang sering mereka kunjungi.

Perkembangan tersebut dapat menimbulkan keresahan baru karena pemilihan parlemen akan berlangsung tahun depan dan ekonomi negara itu berjuang di bawah beban sanksi internasional yang diberlakukan atas program nuklir Iran.

"Jika saya menghadapi hukuman, saya akan mengenakan jilbab karena saya berada di ... posisi terkemuka," kata Parvaneh, seorang dokter yang merawat pengunjuk rasa yang terluka selama demonstrasi tahun lalu. Seperti beberapa perempuan lain yang berbicara kepada The Associated Press, dia meminta agar hanya nama depannya yang digunakan karena takut akan pembalasan.

“Tapi anak muda yang saya rawat selama protes tidak akan mundur,” tambahnya.

Bagi perempuan muslimah yang taat, penutup kepala merupakan tanda takwa di hadapan Tuhan dan kesopanan di hadapan laki-laki di luar keluarganya. Di Iran, hijab atau jilbab, dan cadar hitam yang dikenakan oleh sebagian orang, telah lama menjadi simbol politik juga, terutama setelah menjadi wajib pada tahun-tahun setelah Revolusi Islam 1979.

Ada Perubahan ke Arah Lebih Keras

Setelah kematian Amini, yang ditangkap karena jilbabnya yang diduga longgar, polisi ragu-ragu untuk menegakkan aturan berpakaian Islami secara ketat, mungkin untuk menghindari demonstrasi yang lebih luas dan menampilkan pembangkangan. Namun dalam beberapa pekan terakhir, nadanya telah berubah.

“Saya beri tahu Anda bahwa ketiadaan jilbab ini pasti akan berakhir,” kata Presiden garis keras, Ebrahim Raisi, hari Rabu (9/8).

Pihak berwenang telah mulai mengirimkan pesan teks peringatan kepada perempuan yang terlihat tanpa cadar di dalam mobil: sekitar satu juta pesan terkirim. Belakangan, sekitar 2.000 mobil disita dan lebih dari 4.000 perempuan dirujuk ke kejaksaan.

Selanjutnya, aparat keamanan menjelajahi media sosial untuk mencari perusahaan dengan gambar perempuan yang tidak mengenakan jilbab di tempat kerja. Salah satu kantor Digikala, situs ritel digital yang sangat populer dengan lebih dari 40 juta pengguna aktif bulanan, ditutup. Juga ditutup sebentar adalah toko buku online, Taghcheh, dan pasar asuransi, Azki.

Tindakan keras itu melampaui ibu kota Teheran. Di kota utara Lahaijan, pejabat kesehatan setempat memerintahkan rumah sakit dan klinik untuk berhenti memberikan layanan kepada perempuan yang tidak mengenakan penutup wajah. Di Damavand, sebuah kota sekitar 60 kilometer (40 mil) timur Teheran, jaksa memerintahkan penangkapan seorang manajer bank dan seorang kasir karena melayani seorang perempuan yang tidak mengenakan jilbab.

Tempat duduk kafe di luar ruangan sekarang dilarang di timur laut kota Masyhad dan kelompok garis keras di Isfahan ingin melarang kerja campuran antara laki-laki dan perempuan di toko-toko.

Industri hiburan juga sedang diawasi. Polisi mengancam akan menutup produksi film yang menampilkan perempuan tanpa jilbab bekerja di belakang kamera.

Hakim juga dapat menghukum selebriti perempuan yang tidak mengenakan jilbab dengan hukuman bekerja di kamar mayat sebagai pelayanan publik, sebagai pengganti hukuman penjara. Mereka juga harus mendapatkan sertifikat kesehatan mental dari psikolog sebelum mereka dapat kembali ke pekerjaan rutin mereka.

"Alih-alih menangani keluhan orang-orang yang resah, rezim terus terobsesi dengan jilbab dan bertindak seolah-olah kelangsungan hidupnya bergantung pada apakah perempuan berpakaian sopan," kata Haleh Esfandiari, seorang rekan di Wilson Center yang berbasis di Washington dan seorang berkewarganegaraan ganda Iran-Amerika yang ditangkap oleh Teheran pada tahun 2007.

RUU baru di hadapan parlemen Iran dapat membuat hukuman bagi perempuan menjadi lebih serius. Ini menyerukan denda hingga 360 juta real Iran (sekitar Rp 10 juta) dan hukuman penjara bagi perempuan tanpa jilbab. Rancangan undang-undang juga menyerukan pemisahan jenis kelamin yang lebih ketat di sekolah, taman, rumah sakit, dan lokasi lainnya.

 RUU ini juga mempertimbangkan denda tiga bulan pendapatan pada bisnis dengan staf perempuan dan pelanggan yang tidak mengenakan jilbab, sementara selebriti yang menyinggung dapat dilarang meninggalkan negara dan tampil.

RUU itu juga akan memberdayakan badan-badan intelijen dan Basij, pasukan sukarelawan dari Pengawal Revolusi paramiliter Iran yang telah dengan keras menekan protes nasional di masa lalu, untuk menghadapi perempuan tanpa jilbab.

Kelompok garis keras telah lama menuntut agar Basij memasuki pertarungan atas jilbab, dengan beberapa meneriakkan pada salat Jumat di Teheran, “Penjaga, turun ke jalan, hentikan penghapusan jilbab!”

“Inilah yang diperintahkan Islam,” kata Rahele Kargarnejad, 29 tahun, seorang pendukung setia jilbab. Kedua putrinya, usia sembilan dan 11 tahun, mengenakan cadar, tambahnya.

Tapi kritik terhadap RUU yang diusulkan sudah membara. Ezzeatollah Zarghami, mantan komandan Garda garis keras dan menteri warisan budaya saat ini, memperingatkan bahwa hukuman keras seperti pekerjaan di kamar mayat wajib "akan menyebabkan masalah yang lebih signifikan daripada menyelesaikan masalah jilbab."

Mahkamah Agung Iran membatalkan perintah pengadilan yang menyita mobil perempuan yang tidak tertutup kepala selama satu tahun dan mencabut lisensinya, menjadi preseden.

Sekalipun disahkan, pengacara terkemuka Mahmoud Alizadeh Tabatabei menggambarkan rancangan undang-undang itu tidak berarti karena “mayoritas perempuan tidak mempercayainya.”

“Mereka akan mengetahui bahwa hukum tidak dapat ditegakkan,” kata Tabatabaei.

Sementara itu, politisi yang dikenal di Iran sebagai reformis telah memanfaatkan perselisihan hijab karena mereka berusaha mengubah teokrasi Iran dari dalam sistem. Mantan Presiden Mohammad Khatami, salah satu reformis paling terkemuka di negara itu, mempertanyakan apakah menegakkan jilbab itu “bijak dan produktif.”

Dengan kelompok garis keras yang mendominasi parlemen dan pemilu yang akan datang pada bulan Maret, jilbab bisa menjadi topik yang diperebutkan menjelang pemilihan.

Tetapi komentar anti hijab mungkin tidak cukup karena para reformis telah melihat popularitas mereka berkurang setelah runtuhnya kesepakatan nuklir 2015 di bawah Presiden Hassan Rouhani saat itu, yang juga dianggap moderat.

Di jalan-jalan, banyak perempuan dan gadis Iran masih melepaskan jilbab meskipun ada konsekuensi yang mungkin terjadi.

“Setelah mendengar tentang RUU itu saya membuat keputusan, saya akan pergi ke sekolah saya dengan jilbab penuh tetapi saya mendorong murid-murid saya untuk melepasnya kapan pun memungkinkan,” kata Mojgan, seorang guru sekolah menengah berusia 37 tahun. “Murid-murid saya sudah di depan saya dalam hal itu,” tambahnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home