Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 13:04 WIB | Jumat, 21 Juli 2023

Terkait Aksi Pembakaran Al Quran, Warga Irak Protes di Kedubes Swedia Baghdad

Irak memutuskan hubungan diplomatik dengan Swedia.
Para pengunjuk rasa memanjat tembok di Kedutaan Besar Swedia di Baghdad pada hari Kamis (20/7). (Foto: AP/Ali Jabar)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM-Para pengunjuk rasa yang marah terhadap seorang pria Irak di Swedia yang mengancam akan membakar salinan Al Quran menyerbu Kedutaan Besar Swedia di Baghdad hari Kamis (20/7) pagi, menguasai kompleks diplomatik dan menyalakan api.

Beberapa jam kemudian, perdana menteri Irak memutuskan hubungan diplomatik dengan Swedia sebagai protes atas penodaan kitab suci Islam.

Para pengunjuk rasa menduduki pos diplomatik selama beberapa jam, mengibarkan bendera dan tanda yang menunjukkan ulama Syiah Irak yang berpengaruh dan pemimpin politik, Muqtada al-Sadr, dan menyalakan api kecil. Staf kedutaan telah dievakuasi sehari sebelumnya.

Serangan itu terjadi menjelang protes oleh seorang pencari suaka Irak yang membakar salinan Al Quran selama demonstrasi bulan lalu di Stockholm. Dia mengancam akan melakukan hal yang sama lagi tetapi akhirnya berhenti membakar buku itu.

Setelah pengunjuk rasa meninggalkan Kedutaan Besar Swedia, para diplomat menutupnya untuk pengunjung tanpa menentukan kapan akan dibuka kembali.

Menyusul pertemuan dengan pejabat keamanan, Perdana Menteri Irak, Mohammed Shia al-Sudani, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihak berwenang Irak akan mengadili mereka yang bertanggung jawab untuk menyalakan api dan merujuk pada penyelidikan terhadap "pejabat keamanan yang lalai".

Namun, pernyataan itu juga mengatakan bahwa pemerintah Irak telah memberitahu Swedia pada hari Rabu bahwa Irak akan memutuskan hubungan diplomatik jika pembakaran Al Qur'an terus dilakukan. Sudani segera mengumumkan pengusiran duta besar Swedia dari Irak dan penarikan kuasa usaha Irak dari Swedia.

Pengumuman tersebut menyusul protes anti-= Islam oleh dua pria di lapangan rumput sekitar 100 meter (300 kaki) dari Kedutaan Besar Irak di Stockholm. Salah satunya diidentifikasi oleh media Swedia sebagai Salwan Momika, seorang Irak yang tinggal di Swedia dan mengidentifikasi diri sebagai seorang ateis. Dia menginjak dan menendang Al Quran tetapi tidak membakarnya.

Momika juga menginjak dan menendang bendera Irak, serta foto al-Sadr dan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

Sekitar 50 orang, termasuk jurnalis dan beberapa pengunjuk rasa yang meneriakkan slogan-slogan agama, menyaksikan demonstrasi dari balik barikade polisi.

Setelah protes dan pengumuman Sudani, kepala Komisi Media dan Komunikasi Irak mengatakan badan itu telah menangguhkan lisensi perusahaan komunikasi Swedia, Ericsson, untuk beroperasi di Irak. Kementerian Komunikasi mengatakan akan memutuskan hubungan dengan perusahaan Swedia.

Sebelum aksi protes di Stockholm, puluhan pria memanjat pagar di kompleks Kedutaan Besar Swedia di Baghdad. Rekaman video menunjukkan orang-orang mencoba mendobrak pintu, menyalakan api dan berdiri, beberapa bertelanjang dada di musim panas, di dalam ruangan yang tampak seperti di kedutaan, dengan alarm berbunyi di latar belakang. Yang lain kemudian melakukan sholat subuh di luar kedutaan.

Saat fajar menyingsing, polisi dan petugas keamanan lainnya berkumpul di kedutaan saat petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api. Beberapa pengunjuk rasa tetap berada di lokasi, tampaknya ditinggal sendirian oleh polisi.

Seorang fotografer Associated Press dan dua anggota staf Reuters ditangkap saat meliput dia memprotes dan dibebaskan beberapa jam kemudian tanpa tuduhan.

Kementerian Luar Negeri Swedia mengatakan stafnya aman dan serangan terhadap kedutaan dan diplomat melanggar Konvensi Wina. "Otoritas Irak memiliki tanggung jawab untuk melindungi misi diplomatik dan staf diplomatik," kata sebuah pernyataan.

Menteri Luar Negeri Swedia, Tobias Billström, mengatakan kementerian akan memanggil kuasa usaha Irak di Stockholm.

Kedutaan Besar Finlandia di Bagdad bersebelahan dengan Kedutaan Besar Swedia di area yang dikelilingi oleh tembok tahan ledakan. Duta Besar Finlandia untuk Irak, Matti Lassila, mengatakan kepada lembaga penyiaran umum Finlandia YLE bahwa staf kedua kedutaan telah dievakuasi pada hari Rabu.

Kementerian Luar Negeri Irak juga mengeluarkan pernyataan mengutuk serangan itu dan berjanji akan meminta pertanggungjawaban pelaku, tanpa menjelaskan bagaimana pelanggaran itu terjadi atau mengidentifikasi siapa yang melakukan serangan itu.

Juru bicara polisi Stockholm, Mats Eriksson, membenarkan bahwa polisi telah memberikan izin untuk demonstrasi yang melibatkan dua orang di luar Kedutaan Besar Irak di Stockholm pada hari Kamis. Dia tidak bisa mengatakan apakah pengunjuk rasa berencana untuk membakar Al Quran, meskipun Momika telah mengumumkannya dalam video yang diposting di media sosial.

Hak untuk mengadakan demonstrasi publik dilindungi oleh konstitusi di Swedia. Undang-undang penistaan agama ditinggalkan pada tahun 1970-an. Polisi umumnya memberikan izin berdasarkan keyakinan mereka bahwa pertemuan publik dapat diadakan tanpa gangguan besar atau risiko keselamatan.

Bagi umat Islam, pembakaran Al Quran merupakan penodaan teks suci agama mereka. Pembakaran Al Quran di masa lalu telah memicu protes di seluruh dunia Muslim, beberapa di antaranya berubah menjadi kekerasan. Di Afghanistan, Taliban menangguhkan semua aktivitas organisasi Swedia di negara itu sebagai tanggapan atas pembakaran Al Quran baru-baru ini.

Bulan lalu, seorang pria yang diidentifikasi oleh media lokal dan di media sosialnya sebagai Momika membakar Al Quran di luar masjid Stockholm selama hari raya Idul Adha, yang memicu kecaman luas di dunia Islam.

Protes serupa oleh seorang aktivis sayap kanan diadakan di luar Kedutaan Besar Turki awal tahun ini, memperumit upaya Swedia untuk meyakinkan Turki agar mengizinkannya bergabung dengan NATO.

Pada bulan Juni, pengunjuk rasa yang mendukung al-Sadr menyerbu kedutaan di Bagdad atas pembakaran Al Quran itu. Hari lain protes melihat ribuan demonstran di jalan-jalan di negara itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home